PEMBUKAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA SATU “KEARIFAN LOKAL” DAN PERSIAPAN KEGIATAN PROJEK
PEMBUKAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
TEMA SATU “KEARIFAN LOKAL”
DAN
PERSIAPAN KEGIATAN
PROJEK
Alokasi
Waktu |
: |
10 jam pelajaran |
Sambutan Pembukaan |
: |
Kepala
Sekolah |
Peran
Guru |
: |
Fasilitator dan narasumber |
Hari
/ Tanggal |
: |
Rabu,
17 April 2024 |
Pelaksanaan Jam Pertama s.d. Ketiga |
: |
|
1.
Kegiatan Upacara
bendera dilanjutkan pembukaan kegiatan P5 tema tiga “Kearifan Lokal”. (Fasilitator
mengingatkan kawan murid untuk menuju lapangan basket dengan membawa ID Card
untuk acara pembukaan P5)
2. Istirahat dan kembali ke kelas masing-masing,
3. Setelah selesai acara pembukaan,Fasilitator mendampingi kawan murid di kelas dengan
meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang
tidak hadir pagi ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan dan kabar kawan
murid.
4. Fasilitator menyampaian Tema P5 yaitu Kearifan
Lokal kepada peserta didik dengan judul “Tresna Rasa Piara Budaya”.
Dan dijelaskan pada tema kali ini berfokus pada kearifan lokal berupa kesenian
dan gastronomi.
Jam Keempat s.d. Keenam
5. Penyampaian Jadwal Rencana Kegiatan P5(Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila) tema Kearifan lokal beserta dimensi
penilaiannya oleh Fasilitator kepada kawan murid disertai dengan penjelasan singkat
tentang tema kearifan lokal. Kawan murid mencatat jadwal dan penjelasan di buku
catatan serta dipersilahkan untuk bertanya.
6. Kawan murid diminta untuk mengidentifikasi contoh
kearifan lokal yang berhubungan dengan kesenian dan gastronomi di sekitar
tempat tinggal mereka dan menuliskannya pada buku catatan untuk kemudian
didiskusikan
7. Pembuatan Kesepakatan Pelaksanaan P5(kesepakatan
berupa aturan dan konsekuensi, kesepakatan tata cara penilaian diserahkan
kepada fasilitator yang bertugas bersama kawan murid untuk membuat indikator
penilaian pada rubrik penilaian bagaimana kawan murid bisa mendapat nilai
kurang berkembang, mulai berkembang, berkembang sesuai harapan, dan sangat
berkembang) antara kawan murid dengan fasilitator. (Contoh kolom rubrik penilaian ada pada lampiran)
8. Pembagian lembar pernyataan persetujuan orang
tua/wali murid dan dikumpulkan pada hari berikutnya.
Jam Ketujuh s.d.
Kesepuluh
9. Pembuatan jurnal kegiatan harian P5 kawan murid
dengan format dari fasilitator(Format jurnal kegiatan bisa ambil ke bu Desi)
untuk bisa di fotocopy oleh masing-masing kelas.
10.
Pembuatan yel-yel penyemangat kelas untuk ditampilkan setiap paginya.
11. Kawan Murid mempresentasikan yel-yel kelas kepada
Fasilitator.
12. Kawan murid mengisi jurnal kegiatan yang telah
difotocopy.
13. Kawan murid dan fasilitator bersama-sama
melaksanakan refleksi dan evaluasi pelaksanaan P5 hari ini.
Catatan : Fasilitator bersama
kawan murid membuat dan menyepakati rubrik penilaiannya.
Setiap hari fasilitator
memberikan penilaian.
PENILAIAN
SELAMA PROSES PENDAMPINGAN
Elemen |
: kolaboratif |
||||||||||
Sub
Elemen |
:
Komunikasi untuk mencapai tujuan |
||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
||||
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
||||||||
|
|
|
|
Gotong
Royong |
Komunikasi untuk mencapai
tujuan (Berpendapat, Berkomunikasi dengan baik, Mendengarkan pendapat orang lain, Menghargai pendapat orang lain) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
LAMPIRAN
DIMENSI, ELEMEN, SUB ELEMEN DAN KOLOM PEMBUATAN RUBRIK UTAMA
PROJEK PROFIL
Dimensi
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
Elemen
akhlak kepada manusia
Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
Mengutamakan
persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan. |
|
|
|
|
Berempati
kepada orang lain. |
|
|
|
|
Untuk
dibuat lebih detail untuk rubric masing masing dari rubric utama projek profil.
Dimensi
Kebhinekaan Global
Elemen
mengenal dan menghargai budaya
Sub-Elemen
Profil Pelajar Pancasila |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang
Sesuai Harapan |
Sangat
Berkembang |
Mendalami
budaya dan identitas budaya. |
|
|
|
|
Mengeksplorasi
dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya. |
|
|
|
|
Menumbuhkan
rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya. |
|
|
|
|
Dimensi
Bergotong Royong
Elemen
kolaboratif
Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
Kerja
sama |
|
|
|
|
Komunikasi
untuk mencapai tujuan bersama |
|
|
|
|
Saling
ketergantungan positif |
|
|
|
|
Dimensi
Kreatif
Elemen
Menghasilkan gagasan yang orisinil, dan
Elemen Memiliki
keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
Menghasilkan
gagasan yang orisinil |
|
|
|
|
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif
solusi permasalahan |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar