PEMBUKAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA SATU “KEARIFAN LOKAL” DAN PERSIAPAN KEGIATAN PROJEK

 

PEMBUKAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Rounded Rectangle: HARI
1
TEMA SATU “KEARIFAN LOKAL

DAN

PERSIAPAN KEGIATAN PROJEK

 

Alokasi Waktu

:

10 jam pelajaran

Sambutan Pembukaan

:

Kepala Sekolah

Peran Guru

:

Fasilitator dan narasumber

Hari / Tanggal

:

Rabu, 17 April 2024

Pelaksanaan

 

 

 

Jam Pertama s.d. Ketiga

:

 

 

1.   Kegiatan Upacara bendera dilanjutkan pembukaan kegiatan P5 tema tiga “Kearifan Lokal”. (Fasilitator mengingatkan kawan murid untuk menuju lapangan basket dengan membawa ID Card untuk acara pembukaan P5)

2.   Istirahat dan kembali ke kelas masing-masing,

3.   Setelah selesai acara pembukaan,Fasilitator mendampingi kawan murid di kelas dengan meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan dan kabar kawan murid.

4.   Fasilitator menyampaian Tema P5 yaitu Kearifan Lokal kepada peserta didik dengan judul “Tresna Rasa Piara Budaya”. Dan dijelaskan pada tema kali ini berfokus pada kearifan lokal berupa kesenian dan gastronomi.

Jam Keempat s.d. Keenam

5.   Penyampaian Jadwal Rencana Kegiatan P5(Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) tema Kearifan lokal beserta dimensi penilaiannya oleh Fasilitator kepada kawan murid disertai dengan penjelasan singkat tentang tema kearifan lokal. Kawan murid mencatat jadwal dan penjelasan di buku catatan serta dipersilahkan untuk bertanya.

6.   Kawan murid diminta untuk mengidentifikasi contoh kearifan lokal yang berhubungan dengan kesenian dan gastronomi di sekitar tempat tinggal mereka dan menuliskannya pada buku catatan untuk kemudian didiskusikan

7.   Pembuatan Kesepakatan Pelaksanaan P5(kesepakatan berupa aturan dan konsekuensi, kesepakatan tata cara penilaian diserahkan kepada fasilitator yang bertugas bersama kawan murid untuk membuat indikator penilaian pada rubrik penilaian bagaimana kawan murid bisa mendapat nilai kurang berkembang, mulai berkembang, berkembang sesuai harapan, dan sangat berkembang) antara kawan murid dengan fasilitator. (Contoh kolom rubrik penilaian ada pada lampiran)

8.   Pembagian lembar pernyataan persetujuan orang tua/wali murid dan dikumpulkan pada hari berikutnya.

Jam Ketujuh s.d. Kesepuluh

9.   Pembuatan jurnal kegiatan harian P5 kawan murid dengan format dari fasilitator(Format jurnal kegiatan bisa ambil ke bu Desi) untuk bisa di fotocopy oleh masing-masing kelas.

10.                      Pembuatan yel-yel penyemangat kelas untuk ditampilkan setiap paginya.

11.    Kawan Murid mempresentasikan yel-yel kelas kepada Fasilitator.

12.    Kawan murid mengisi jurnal kegiatan yang telah difotocopy.

13.    Kawan murid dan fasilitator bersama-sama melaksanakan refleksi dan evaluasi pelaksanaan P5 hari ini.

 

Catatan : Fasilitator bersama kawan murid membuat dan menyepakati rubrik penilaiannya.

Setiap hari fasilitator memberikan penilaian.

 

 

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

 

Elemen

: kolaboratif

Sub Elemen

: Komunikasi untuk mencapai tujuan

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

 

 

 

 

Gotong Royong

Komunikasi untuk mencapai tujuan (Berpendapat,

Berkomunikasi dengan baik,

Mendengarkan pendapat orang lain,

Menghargai pendapat orang lain)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rounded Rectangle: Catatan Anekdot :

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

 

DIMENSI, ELEMEN, SUB ELEMEN DAN KOLOM PEMBUATAN RUBRIK UTAMA PROJEK PROFIL

 

Dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Elemen akhlak kepada manusia

Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan.

 

 

 

 

Berempati kepada orang lain.

 

 

 

 

 

Untuk dibuat lebih detail untuk rubric masing masing dari rubric utama projek profil.

 

Dimensi Kebhinekaan Global

Elemen mengenal dan menghargai budaya

Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Mendalami budaya dan identitas budaya.

 

 

 

 

Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya.

 

 

 

 

Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya.

 

 

 

 

 

Dimensi Bergotong Royong

Elemen kolaboratif

Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Kerja sama

 

 

 

 

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

 

 

 

 

Saling ketergantungan positif

 

 

 

 

 

Dimensi Kreatif

Elemen Menghasilkan gagasan yang orisinil, dan

Elemen Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Menghasilkan gagasan yang orisinil

 

 

 

 

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

 

 

 

 

 

Komentar