CAPAIAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA/PROGRAM PAKET C
A. Rasional Mata Pelajaran Fisika SMA/MA/Program Paket C
Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan
alam yang mengkaji sifat-sifat materi dalam ruang dan waktu beserta konsep-
konsep gaya dan energi terkait.
Fisika mengkaji fenomena
alam mulai dari skala atomik
hingga jagat raya dengan menggunakan nalar ilmiah secara objektif dan
kuantitatif yang terwujud dalam proses pengamatan, pengukuran, perancangan
model hubungan antar variabel yang terlibat yang mencerminkan keteraturan alam,
serta penarikan kesimpulan yang terwujud dalam suatu teori yang valid dan dapat
diaplikasikan. Fisika mendasari perkembangan khasanah bidang ilmu pengetahuan alam lainnya serta
perkembangan teknologi modern
yang memudahkan kehidupan manusia diawali dari perkembangan mekanik dan
permesinan, otomotif, komputer dan otomasi, serta teknologi informasi dan
komunikasi.
Sebagai ilmu yang mempelajari fenomena alam, fisika
juga memberikan pelajaran yang baik kepada manusia untuk hidup selaras
berdasarkan hukum alam serta mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan
bijak. Pemahaman yang baik tentang fisika mendukung upaya mitigasi dan
pengurangan dampak bencana alam secara optimal.
Pada proses pembelajaran fisika, peserta didik dilatih
untuk melakukan penelitian sederhana mengenai fenomena alam. Peserta didik
belajar menemukan permasalahan, membuat hipotesis, merancang percobaan
sederhana, melakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan dan
mengkomunikasikan hasil percobaan baik secara tertulis maupun secara lisan.
Dari proses pembelajaran fisika peserta dilatih untuk memiliki penalaran
ilmiah, kemampuan berfikir kritis serta keterampilan memecahkan masalah yang
semuanya sejalan dengan upaya pengembangan profil pelajar Pancasila yakni
beriman, bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan
global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Pada tingkat SMA/MA/Program Paket C, fisika
diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri dengan beberapa pertimbangan. Pertama,
pemahaman fisika yang benar dan mendalam berguna
untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, pemahaman
fisika yang kuat menjadi jembatan keberhasilan peserta didik dalam menempuh
studi lanjut di perguruan tinggi baik pada ilmu-ilmu dasar/sains maupun
ilmu-ilmu keteknikan/rekayasa dan teknologi.
B. Tujuan Mata
Pelajaran Fisika SMA/MA/Program Paket C Dengan mempelajari ilmu fisika, peserta
didik dapat:
1.
membentuk sikap
religius melalui fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta
mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa;
2.
memupuk
integritas dan sikap, jujur, adil, bertanggung jawab, menghormati martabat
individu, kelompok, dan komunitas, serta berkebhinekaan global;
3.
memperdalam
pemahaman tentang prinsip-prinsip fisis alam semesta yang konsisten sehingga
memiliki kemampuan berfikir kritis dilengkapi dengan keterampilan penalaran
kuantitatif;
4.
memiliki sikap
ilmiah, mengembangkan rasa ingin tahu, pengalaman untuk dapat merumuskan masalah
secara kreatif, mengajukan dan menguji
hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan,
mengolah, dan menafsirkan data, serta mengomunikasikan hasil percobaan baik
lisan maupun tulisan secara mandiri; dan
5.
memahami
kekuatan dan keterbatasan diri untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan
diri, memiliki keinginan dalam mengembangkan pengalaman belajar, dan menjadi
pemelajar sepanjang hayat.
C. Karakteristik Mata Pelajaran Fisika
SMA/MA/Program Paket C
Mata pelajaran fisika diorganisasikan dalam 2 (dua)
kategori, pemahaman fisika dan keterampilan proses.
Elemen |
Deskripsi |
Pemahaman Fisika |
Merupakan materi-materi yang perlu
dikuasai peserta didik untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar
untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman fisika yang dikuasai adalah pengukuan, mekanika, fluida, getaran dan gelombang, termodinamika, listrik magnet, fisika modern dan radioaktifitas, teknologi |
|
digital,dan keberlangsungan energi dan lingkungan alam sekitar. |
Keterampilan Proses |
Merupakan keterampilan saintifik dan
rekayasa yang meliputi (1)
mengamati, (2) mempertanyakan dan memprediksi, (3) merencanakan dan melakukan penyelidikan, (4) memproses dan
menganalisis data dan informasi, (5) mencipta (6) mengevaluasi dan merefleksi dan (7) mengomunikasikan
hasil |
D.
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika SMA/MA/Program
Paket C Setiap Fase
1.
Fase E (Umumnya
untuk kelas X SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan
untuk responsif terhadap isu-isu
global dan berperan
aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan
tersebut antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan
penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan refleksi, mengkomunikasikan hasil dalam bentuk projek sederhana
atau simulasi visual menggunakan apilkasi teknologi yang tersedia terkait
dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, nano teknologi,
bioteknologi, kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan limbah dan bahan
alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya
tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak mulia
dan sikap ilmiah seperti jujur, obyektif, bernalar
kritis, kreatif, mandiri,
inovatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global.
Fase E Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Pemahaman Fisika |
Peserta
didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam
cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan
global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya. |
Keterampilan Proses |
1.
Mengamati Peserta
didik mampu mengoptimalkan potensi menggunakan ragam alat bantu untuk melakukan
pengukuran dan pengamatan. 2. Mempertanyakan dan memprediksi |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
Peserta didik mampu mempertanyakan dan
memprediksi berdasarkan hasil observasi, mampu merumuskan permasalahan yang
ada dan mampu mengajukan pertanyaan kunci untuk menyelesaikan masalah. 3.
Merencanakan
dan melakukan penyelidikan Peserta didik mengidentifikasi latar belakang masalah, merumuskan tujuan, dan menggunakan referensi dalam perencanaan penyelidikan/penelitian. Peserta didik membedakan variabel,
termasuk yang dikendalikan dan variabel bebas, menggunakan instrumen yang
sesuai dengan tujuan penyelidikan. Peserta didik menentukan langkah langkah
kerja dan cara pengumpulan data. 4.
Memproses,
menganalisis data dan informasi Peserta didik menyiapkan peralatan/ instrumen yang sesuai untuk penelitian ilmiah, menggunakan alat ukur secara
teliti dan benar, mengenal keterbatasan dan kelebihan alat ukur yang dipakai. Peserta didik menerapkan teknis/ proses
pengumpulan data, mengolah data sesuai jenisnya/sesuai keperluan,
menganalisis data dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan rekomendasi tindak lanjut/saran
dari hasil penelitian. 5.
Mencipta Peserta didik mampu menggunakan hasil
analisis data dan informasi untuk menciptakan
ide solusi ataupun rancang bangun untuk menyelesaikan suatu permasalahan. 6.
Mengevaluasi dan refleksi Peserta didik berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, mengembangkan keingintahuan, dan memiliki
kepedulian terhadap lingkungan. Peserta didik mengajukan argumentasi
ilmiah dan kritis berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggungjawab terhadap usulannya. Peserta didik bersikap jujur terhadap
temuan data/fakta. 7. Mengomunikasikan hasil Peserta didik menyusun laporan tertulis
hasil penelitian serta mengomunikasikan hasil penelitian, prosedur perolehan
data, cara mengolah dan cara menganalisis data serta mengomunikasikan
kesimpulan yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian /penyelidikan secara lisan atau tulisan |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
Peserta didik menyajikan hasil pengolahan
data dalam bentuk tabel, grafik, diagram alur/ flowchart dan/atau peta
konsep, menyajikan data dengan simbol dan standar internasional dengan benar,
dan menggunakan media yang sesuai dalam
penyajian hasil pengolahan data. Peserta didik
mendeskripsikan kecenderungan hubungan, pola, dan keterkaitan variabel dan menggunakan bahasa, simbol dan peristilahan yang sesuai
untuk bidang fisika. |
2.
Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C)
Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan
konsep dan prinsip vektor kedalam kinematika dan dinamika gerak partikel, usaha
dan energi, fluida dinamis, getaran harmonis, gelombang bunyi dan gelombang
cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan konsep energi
kalor dan termodinamika dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Peserta
didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun
dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk
teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam
menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara
berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus,
gejala kuantum dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan
radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi. Peserta didik mampu
memberi penguatan pada aspek fisika sesuai dengan minat untuk ke perguruan
tinggi yang berhubungan dengan bidang fisika. Melalui kerja ilmiah juga dibangun sikap
ilmiah dan profil pelajar pancasila
khususnya mandiri, inovatif,
bernalar kritis, kreatif dan bergotong royong.
Fase F Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Pemahaman Fisika |
Peserta didik mampu menerapkan konsep dan
prinsip vektor, kinematika dan dinamika gerak, fluida, gejala gelombang bunyi
dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan konsep kalor dan termodinamika, dengan
berbagai perubahannya |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
dalam mesin kalor. Peserta didik mampu
menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan
kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan
prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah.
Peserta didik mampu memahami prinsip-prinsip gerbang logika dan
pemanafaatannya dalam sistem komputer dan perhitungan digital lainnya.
Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai besaran fisis
pada teori relativitas khusus, gejala kuantum dan menunjukkan penerapan
konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan
teknologi. |
Keterampilan Proses |
1. Mengamati Peserta
didik mampu mengoptimalkan potensi menggunakan ragam alat bantu untuk melakukan
pengamatan. |
|
2.
Mempertanyakan dan memprediksi Peserta didik mampu mempertanyakan dan
memprediksi berdasarkan hasil observasi, mampu merumuskan permasalahan yang
ada dan mampu mengajukan pertanyaan kunci untuk menyelesaikan masalah. |
|
3. Merencanakan dan melakukan
penyelidikan Peserta didik mengidentifikasi latar belakang masalah, merumuskan tujuan, dan menggunakan referensi dalam
perencanaan penelitian. |
|
Peserta
didik membedakan variabel, termasuk yang dikendalikan dan variabel bebas, menggunakan
instrumen yang sesuai dengan tujuan penelitian. |
|
Peserta didik menentukan langkah langkah
kerja dan cara pengumpulan data. |
|
4. Memproses, menganalisis data dan informasi Peserta didik menyiapkan peralatan/ instrumen yang sesuai untuk penelitian ilmiah, menggunakan alat ukur secara
teliti dan benar, mengenal keterbatasan dan kelebihan alat ukur yang dipakai. |
|
Peserta didik menerapkan teknis/ proses
pengumpulan data, mengolah data sesuai jenisnya/sesuai keperluan,
menganalisis data dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan rekomendasi tindak lanjut/saran
dari hasil penelitian. |
|
5.
Mencipta |
|
Peserta didik mampu menggunakan hasil analisis data dan informasi untuk menciptakan ide solusi ataupun rancang |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
bangun untuk menyelesaikan suatu permasalahan. 6. Mengevaluasi dan refleksi Peserta didik berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, mengembangkan keingintahuan, dan memiliki
kepedulian terhadap lingkungan. Peserta didik mengajukan argumentasi
ilmiah dan kritis berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi
dan bertanggungjawab terhadap usulannya. Peserta didik bersikap jujur terhadap
temuan data/fakta. 7. Mengomunikasikan hasil Peserta didik menyusun laporan tertulis
hasil penelitian serta mengomunikasikan hasil penelitian, prosedur perolehan data,
cara mengolah dan cara menganalisis data serta mengomunikasikan kesimpulan
yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian /penyelidikan secara lisan atau tulisan Peserta didik menyajikan hasil pengolahan
data dalam bentuk tabel, grafik, diagram alur/ flowchart dan/atau peta
konsep, menyajikan data dengan simbol dan standar internasional dengan benar,
dan menggunakan media yang sesuai dalam
penyajian hasil pengolahan data. Peserta didik mendeskripsikan
kecenderungan hubungan,
pola, dan keterkaitan variabel dan menggunakan bahasa, simbol dan
peristilahan yang sesuai untuk bidang fisika. |
Komentar
Posting Komentar