TUJUAN KURIKULUM MERDEKA
Kemendikbudristek ini melakukan
penyederhanaan kurikulum dalam kondisi khusus (kurikulum darurat) untuk
memitigasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) pada masa pandemi.
Hasilnya, dari 31,5 persen sekolah yang menggunakan kurikulum darurat
menunjukkan, penggunaan kurikulum darurat dapat mengurangi dampak pandemi
sebesar 73 persen (literasi) dan 86 persen (numerasi).
Kurikulum ini juga merupakan
langkah terobosan untuk membantu guru dan kepala sekolah mengubah proses
belajar menjadi jauh lebih relevan, mendalam dan menyenangkan. Sehingga,
peserta didik pun dapat lebih mudah memahami pembelajaran yang dilakukan.
Untuk mendukung visi pendidikan
Indonesia, dan sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum
Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan
sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi
esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.[7]
Daftar Pustaka:
- Direktorat
PAUD, Dikdas dan Dikmen (2021). "Buku saku tanya
jawab kurikulum merdeka". repositori.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari
versi asli tanggal 2022-04-12. Diakses tanggal 2022-04-05.
- ^ Caesaria, Sandra Desi (2022-02-12).
Adit, Albertus, ed. "Apa
Itu Kurikulum Merdeka? Begini Penjelasan Lengkap Kemendikbud". Kompas.com. Diarsipkan dari
versi asli tanggal 2022-04-09. Diakses tanggal 2022-04-05.
- ^ Lompat
ke:a b Kemendikbudristek,
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (2022). "Kurikulum
Merdeka". Kemendikbudristek. Diarsipkan dari
versi asli tanggal 2022-04-09. Diakses tanggal 2022-04-05.
- ^ Kemendikburistek, Pusat Penelitian
Kebijakan (2021-11-21). "Dampak
Penyederhanaan Kurikulum terhadap Pembelajaran" (PDF). Kemendikburistek. Diarsipkan (PDF) dari
versi asli tanggal 2022-12-07. Diakses tanggal 2022-12-28.
- ^ Kemendikbudristek (2022). "Implementasi Kurikulum
Merdeka". Kemendikbudristek. Diarsipkan dari
versi asli tanggal 2022-07-07. Diakses tanggal 2022-07-14.
- ^ "Unduhan".
Diakses tanggal 2022-07-14.[pranala nonaktif permanen]
- ^ Sitoningrum, Niken Dwi. "Kurikulum
Merdeka Belajar: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, hingga
Keunggulannya". detiksulsel. Diakses tanggal 2023-10-02.
- ^ "Kerangka
Kurikulum Merdeka". Diarsipkan dari
versi asli tanggal 2022-08-03. Diakses tanggal 2022-07-14.
- ^ Kemendikbudristek (2022). "Kurikulum
Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran
tahun. 2022 s.d. 2024". Kemendikbudristek. Diarsipkan dari
versi asli tanggal 2022-04-29. Diakses tanggal 2022-04-05.
- ^ Lompat
ke:a b c d e Kemendikbudristek,
BSKAP (2022). "Tahapan
Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan" (PDF). Kemendikbud. Diarsipkan (PDF) dari
versi asli tanggal 2022-12-07. Diakses tanggal 2022-12-28.
Komentar
Posting Komentar