Teks eksposisi

Teks eksposisi

Teks eksposisi adalah jenis teks yang berisi argumen atau pendapat penulis mengenai suatu topik¹². Teks ini biasanya berisi penilaian, dorongan, atau ajakan-ajakan tertentu kepada pembaca¹. Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk meyakinkan orang lain atau pembaca terkait argumen-argumen yang disampaikan oleh penulis mengenai suatu hal¹. Argumen penulis ini tidak boleh sembarangan, melainkan harus disertai dengan fakta yang jelas¹.

 

Struktur teks eksposisi terdiri dari tiga bagian, yaitu tesis, argumen, dan penegasan ulang¹. Berikut penjelasan masing-masing bagian:

 

1. **Tesis atau Pernyataan Pendapat**: Bagian ini merupakan pembuka dalam teks eksposisi. Bagian ini berisi pengenalan isu, masalah, ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahasnya¹.

2. **Rangkaian Argumen**: Di sini, kamu akan menemukan sejumlah pendapat atau argumen penulis sebagai penjelasan atas tesis yang dikemukakan sebelumnya¹.

3. **Penegasan Ulang**: Bagian ini berisi penegasan atau penguatan dari argumen yang telah disampaikan sebelumnya¹.

 

Contoh teks eksposisi dapat ditemukan dalam berbagai media seperti digital, surat kabar, majalah, dan lainnya².

 

Sumber: 

(1) 20 Contoh Teks Eksposisi Singkat Berbagai Tema & Strukturnya - Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/contoh-teks-eksposisi-beserta-struktur-dan-kaidah-kebahasaannya.

(2) Pengertian Teks Eksposisi: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya .... https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-teks-eksposisi/.

(3) Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Struktur, Pola ... - Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/struktur-teks-eksposisi-beserta-contohnya.

Komentar