PEMBUATAN KARYA 4 TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”

PEMBUATAN KARYA TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”

 


Alokasi Waktu

:

10 jam pelajaran

Pembicara

:

Fasilitator

Bahan Materi

:

Melanjutkan Pembuatan Proyek Kelompok dan pembuatan panitia gelar karya P5 Tema 4 “Bhinneka Tunggal Ika”

Peran Guru

:

Fasilitator

Hari / Tanggal

:

Senin, 23 Oktober 2023

Pelaksanaan

:

Ruang Kelas Masing – Masing

 

Jam Pelajaran pertama

1.   Fasilitator mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan, perasaan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi, beri kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.

2.   Fasilitator memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian minimal “Berkembang Sesuai Harapan” (3).  Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab akan tugas yang harus diselesaikan.

3.   Kawan murid menyampaikan progres karya wajib dan pilihan yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya.

 

Jam Pelajaran kedua s.d ketujuh

4.   Fasilitator menjelaskan kepada kawan murid bahwa untuk karya wajib dan pilihan harus sudah diselesaikan pada pertemuan pekan lalu, karena Senin pekan ini fokus persiapan gelar karya. Namun, jika masih ada yang belum selesai harap segera diselesaikan saat itu juga.

5.   Kawan murid mengumpulkan foto kegiatan outing class di tempat akulturasi budaya yang sudah dicetak dalam bentuk polaroid.

6.   Kawan murid menyampaikan dan menampilkan pentas seni kelas kepada fasilitator sebagai bagian dari kegiatan “Gladi Bersih” sebelum tampil pada kegiatan gelar karya pekan depan.

7.   Seluruh karya kelompok baik karya wajib (pakaian adat nusantara) dan karya pilihan (Vlog/film pendek, lukisan, poster, kriya, permainan tradisional, tari, pentas seni, dan lain-lain) yang sudah selesai dikerjakan oleh kawan murid untuk ditampilkan di depan kelas agar bisa dilihat oleh seluruh kawan murid di kelas.

8.   Selama proses ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian terhadap kawan murid

 

Jam pelajaran kedelapan dan kesepuluh

9.    Kawan murid menampilkan gambaran design dekorasi stand dan denah penempatan karya yang nantinya akan di pajang pada stand gelar karya P5 pekan depan.

10.         Kawan murid bekerjasama mempersiapkan tenda untuk stand kelas masing-masing sesuai dengan kreatifitasnya.

11.         Fasilitator dan kawan murid bersama-sama melakukan refleksi dan evaluasi.

12.         Selama kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.

 

 

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

Dimensi

: Kreatif

 

 

Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

 

 

 

 

 

 

 

Sub Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

 

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

 

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

 

 

 

 

 

 

 

Kreatif

Hasil proyek kreatif,  inovatif  dan orisinil.

Tidak membuat proyek

Menyelesaikan proyek wajib dan pilihan

Hasil proyek wajib dan pilihan menunjukkan kreatifitas.

Menghasilkan proyek wajib dan pilihan kreatif , orisinil, inovatif dan menyajikan secara jelas .

 

 

 

 

Dimensi

: Bergotong Royong

Elemen

: Kolaborasi

 

 

 

 

Sub Elemen

: Kerjasama

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai

Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

 

 

 

 

Bergotong Royong

Kerjasama

Belum dapat berkomunikasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan proyek

Sudah dapat berkomunikasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan proyek

Mampu memberikan kontribusi kepada kelompok dengan cara berkomunikasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan poyek.

Mampu memimpin kelompoknya secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyek.

 

 

 

Rounded Rectangle: Catatan Anekdot :
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar