PEMBUATAN KARYA TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”
| Alokasi
  Waktu | : | 10 jam pelajaran | 
| Pembicara | : | Fasilitator | 
| Bahan Materi | : | Melanjutkan
  Pembuatan Proyek Kelompok dan pembuatan panitia gelar karya P5 Tema 4
  “Bhinneka Tunggal Ika” | 
| Peran Guru | : | Fasilitator | 
| Hari / Tanggal | : | Senin, 23
  Oktober 2023 | 
| Pelaksanaan | : | Ruang Kelas
  Masing – Masing | 
Jam Pelajaran
pertama
1.   Fasilitator
mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah
satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi
ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan, perasaan kawan murid dan juga menanyakan
apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi, beri kesempatan waktu
sejenak mereka untuk makan pagi. 
2.   Fasilitator
memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di
dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih
di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan
secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian
minimal “Berkembang Sesuai Harapan” (3). 
Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih
meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab akan tugas yang harus
diselesaikan.
3.   Kawan murid
menyampaikan progres karya wajib dan pilihan yang sudah dibuat pada pertemuan
sebelumnya. 
Jam Pelajaran
kedua s.d ketujuh
4.   Fasilitator
menjelaskan kepada kawan murid bahwa untuk karya wajib dan pilihan harus sudah
diselesaikan pada pertemuan pekan lalu, karena Senin pekan ini fokus persiapan
gelar karya. Namun, jika masih ada yang belum selesai harap segera diselesaikan
saat itu juga.
5.   Kawan murid mengumpulkan
foto kegiatan outing class di tempat akulturasi budaya yang sudah dicetak dalam
bentuk polaroid. 
6.   Kawan murid
menyampaikan dan menampilkan pentas seni kelas kepada fasilitator sebagai
bagian dari kegiatan “Gladi Bersih” sebelum tampil pada kegiatan gelar karya
pekan depan.
7.   Seluruh karya
kelompok baik karya wajib (pakaian adat nusantara) dan karya pilihan (Vlog/film
pendek, lukisan, poster, kriya, permainan tradisional, tari, pentas seni, dan
lain-lain) yang sudah selesai dikerjakan oleh kawan murid untuk ditampilkan di
depan kelas agar bisa dilihat oleh seluruh kawan murid di kelas. 
8.   Selama proses ini
fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian terhadap kawan murid
Jam pelajaran
kedelapan dan kesepuluh
9.    Kawan murid menampilkan gambaran design dekorasi
stand dan denah penempatan karya yang nantinya akan di pajang pada stand gelar
karya P5 pekan depan.
10.        
Kawan
murid bekerjasama mempersiapkan tenda untuk stand kelas masing-masing sesuai
dengan kreatifitasnya.
11.        
Fasilitator
dan kawan murid bersama-sama melakukan refleksi dan evaluasi.
12.        
Selama
kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.
PENILAIAN
SELAMA PROSES PENDAMPINGAN
| Dimensi | : Kreatif | 
 | |||||||||||||||||
| 
 | Elemen | : Menghasilkan
  Karya dan Tindakan Orisinal |  |  |  |  |  |  | |||||||||||
| 
 | Sub Elemen | : Menghasilkan
  Karya dan Tindakan Orisinal | |||||||||||||||||
| 
 | No. | NIS | Nama Siswa | L/P | Profil Pelajar Pancasila | Aspek Yang Dinilai | Penilaian | Skor | |||||||||||
| 
 | Belum Berkembang (1) | Mulai Berkembang (2) | Berkembang Sesuai Harapan (3) | Sangat Berkembang (4) | |||||||||||||||
| 
 | |||||||||||||||||||
| 
 | |||||||||||||||||||
| 
 |  |  |  |  | Kreatif | Hasil
  proyek kreatif,  inovatif  dan orisinil.  | Tidak
  membuat
  proyek  | Menyelesaikan
  proyek wajib dan pilihan | Hasil
  proyek wajib dan pilihan menunjukkan
  kreatifitas.  | Menghasilkan
  proyek wajib dan pilihan kreatif ,
  orisinil, inovatif dan menyajikan secara jelas .  |  | ||||||||
| 
 | |||||||||||||||||||
| Dimensi | : Bergotong Royong | |||||||||||||
| Elemen | : Kolaborasi |  |  |  |  | |||||||||
| Sub Elemen | : Kerjasama | |||||||||||||
| No. | NIS | Nama Siswa | L/P | Profil Pelajar Pancasila | Aspek Yang Dinilai | Penilaian | Skor | |||||||
| Belum Berkembang (1) | Mulai Berkembang (2) | Berkembang Sesuai  Harapan (3) | Sangat Berkembang (4) | |||||||||||
|  |  |  |  | Bergotong Royong | Kerjasama | Belum dapat berkomunikasi dan
  bekerjasama dalam menyelesaikan proyek  | Sudah dapat berkomunikasi dan
  bekerjasama dalam menyelesaikan proyek | Mampu memberikan kontribusi kepada kelompok dengan
  cara berkomunikasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan poyek. | Mampu memimpin kelompoknya secara
  bijaksana dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyek. |  | ||||
| 
 | ||||||||||||||
 
   
 
  
   
   
Komentar
Posting Komentar