PEMBUATAN
KARYA
TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”
TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”
Alokasi
Waktu |
: |
10 jam pelajaran |
Pembicara |
: |
Fasilitator |
Bahan Materi |
: |
Melanjutkan Pembuatan
Proyek Kelompok dan pembuatan panitia gelar karya P5 Tema 4 “Bhinneka Tunggal
Ika” |
Peran Guru |
: |
Fasilitator |
Hari / Tanggal |
: |
Senin, 16
Oktober 2023 |
Pelaksanaan |
: |
Ruang Kelas
Masing – Masing |
Jam Pelajaran
pertama
1. Fasilitator
mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah
satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi
ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan, perasaan kawan murid dan juga menanyakan
apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi, beri kesempatan waktu
sejenak mereka untuk makan pagi.
2. Fasilitator
memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di
dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih
di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan
secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian
minimal “Berkembang Sesuai Harapan” (3).
Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih
meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab akan tugas yang harus
diselesaikan.
3. Kawan murid
menampilkan yel-yel kelas. Fasilitator melakukan pendampingan.
Jam Pelajaran
kedua s.d ketujuh
4. Fasilitator
menjelaskan kepada kawan murid bahwa untuk karya wajib dan pilihan untuk
diselesaikan pada pertemuan hari senin pekan ini karena senin pekan depan akan
difokuskan untuk persiapan gelar karya.
5. Kawan murid
berkumpul bersama dengan kelompoknya, menyiapkan alat dan bahan yang sudah
dibawa untuk menyelesaikan pembuatan karya yang sudah dikerjakan pada senin
pekan sebelumnya.
6. Kawan murid secara
berkelompok mulai membagi tugas masing-masing anggotanya.
7. Seluruh karya
kelompok baik karya wajib (pakaian adat nusantara) dan karya pilihan (Vlog/film
pendek, lukisan, poster, kriya, permainan tradisional, tari, pentas seni, dan
lain-lain) yang sudah selesai dikerjakan oleh kawan murid untuk ditampilkan di
depan kelas agar bisa dilihat oleh seluruh kawan murid di kelas.
8. Selama proses ini
fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian terhadap kawan murid
Jam pelajaran kedelapan
dan kesepuluh
9. Untuk persiapan
perayaan P5 setiap kelas perlu menyiapkan tenda untuk stand kelas masing-masing
sesuai dengan kreatifitasnya.
10.
Foto
kegiatan saat outing class ditempat akulturasi budaya pada pekan ke dua untuk
dapat dicetak ukuran polaroid dan dibawa pada hari senin pekan selanjutnya.
11.
Setiap
kelas mengirimkan 7 (tujuh) kawan murid yang terdiri dari laki-laki dan
perempuan untuk menjadi panitia gelar karya (ketua, sie acara, sie tempat, sie
pameran lukisan/poster/kriya, sie bedah buku, sie parade busana nusantara, sie
fotografi, sie dokumentasi)
12.
Fasilitator
dan kawan murid bersama-sama melakukan refleksi dan evaluasi.
13.
Selama
kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.
PENILAIAN
SELAMA PROSES PENDAMPINGAN
Dimensi |
: Kreatif |
|
|||||||||||||||||
|
Elemen |
: Menghasilkan
Karya dan Tindakan Orisinal |
|||||||||||||||||
|
Sub Elemen |
: Menghasilkan
Karya dan Tindakan Orisinal |
|||||||||||||||||
|
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||||||
|
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
|
Kreatif |
Hasil
proyek kreatif, inovatif dan orisinil. |
Tidak
membuat
proyek |
Menyelesaikan
proyek wajib dan pilihan |
Hasil
proyek wajib dan pilihan menunjukkan
kreatifitas. |
Menghasilkan
proyek wajib dan pilihan kreatif , orisinil, inovatif dan
menyajikan secara jelas . |
|||||||||||||
|
Dimensi |
: Bergotong Royong |
|||||||||||||
Elemen |
: Kolaborasi |
|||||||||||||
Sub Elemen |
: Kerjasama |
|||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||
Bergotong Royong |
Kerjasama |
Belum dapat berkomunikasi dan
bekerjasama dalam menyelesaikan proyek |
Sudah dapat berkomunikasi dan
bekerjasama dalam menyelesaikan proyek |
Mampu memberikan kontribusi kepada kelompok dengan
cara berkomunikasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan poyek. |
Mampu memimpin kelompoknya secara
bijaksana dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyek. |
|||||||||
|
Catatan
Anekdot :
Komentar
Posting Komentar