PEMBUATAN KARYA 3 TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”

PEMBUATAN KARYA
TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”

 


Alokasi Waktu

:

10 jam pelajaran

Pembicara

:

Fasilitator

Bahan Materi

:

Melanjutkan Pembuatan Proyek Kelompok dan pembuatan panitia gelar karya P5 Tema 4 “Bhinneka Tunggal Ika”

Peran Guru

:

Fasilitator

Hari / Tanggal

:

Senin, 16 Oktober 2023

Pelaksanaan

:

Ruang Kelas Masing – Masing

 

Jam Pelajaran pertama

1.   Fasilitator mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan, perasaan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi, beri kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.

2.   Fasilitator memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian minimal “Berkembang Sesuai Harapan” (3).  Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab akan tugas yang harus diselesaikan.

3.   Kawan murid menampilkan yel-yel kelas. Fasilitator melakukan pendampingan.

 

Jam Pelajaran kedua s.d ketujuh

4.   Fasilitator menjelaskan kepada kawan murid bahwa untuk karya wajib dan pilihan untuk diselesaikan pada pertemuan hari senin pekan ini karena senin pekan depan akan difokuskan untuk persiapan gelar karya.

5.   Kawan murid berkumpul bersama dengan kelompoknya, menyiapkan alat dan bahan yang sudah dibawa untuk menyelesaikan pembuatan karya yang sudah dikerjakan pada senin pekan sebelumnya.

6.   Kawan murid secara berkelompok mulai membagi tugas masing-masing anggotanya.

7.   Seluruh karya kelompok baik karya wajib (pakaian adat nusantara) dan karya pilihan (Vlog/film pendek, lukisan, poster, kriya, permainan tradisional, tari, pentas seni, dan lain-lain) yang sudah selesai dikerjakan oleh kawan murid untuk ditampilkan di depan kelas agar bisa dilihat oleh seluruh kawan murid di kelas.

8.   Selama proses ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian terhadap kawan murid

 

Jam pelajaran kedelapan dan kesepuluh

9.   Untuk persiapan perayaan P5 setiap kelas perlu menyiapkan tenda untuk stand kelas masing-masing sesuai dengan kreatifitasnya.

10.         Foto kegiatan saat outing class ditempat akulturasi budaya pada pekan ke dua untuk dapat dicetak ukuran polaroid dan dibawa pada hari senin pekan selanjutnya.

11.         Setiap kelas mengirimkan 7 (tujuh) kawan murid yang terdiri dari laki-laki dan perempuan untuk menjadi panitia gelar karya (ketua, sie acara, sie tempat, sie pameran lukisan/poster/kriya, sie bedah buku, sie parade busana nusantara, sie fotografi, sie dokumentasi)

12.         Fasilitator dan kawan murid bersama-sama melakukan refleksi dan evaluasi.

13.         Selama kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.

 

 

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

Dimensi

: Kreatif

 

 

Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

 

Sub Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

 

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

 

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

 

 

 

Kreatif

Hasil proyek kreatif,  inovatif  dan orisinil.

Tidak membuat proyek

Menyelesaikan proyek wajib dan pilihan

Hasil proyek wajib dan pilihan menunjukkan kreatifitas.

Menghasilkan proyek wajib dan pilihan kreatif , orisinil, inovatif dan menyajikan secara jelas .

 

 

 

Dimensi

: Bergotong Royong

Elemen

: Kolaborasi

Sub Elemen

: Kerjasama

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai

Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Bergotong Royong

Kerjasama

Belum dapat berkomunikasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan proyek

Sudah dapat berkomunikasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan proyek

Mampu memberikan kontribusi kepada kelompok dengan cara berkomunikasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan poyek.

Mampu memimpin kelompoknya secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyek.

 

 

 

Catatan Anekdot :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar