Nilai yang terkandung dalam kutipan hikayat

Hikayat adalah karya sastra yang mengandung banyak nilai kehidupan, termasuk nilai religius (agama), moral, budaya, sosial, edukasi (pendidikan), dan estetika (keindahan)¹. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang nilai-nilai tersebut:

 

1. **Nilai Moral**: Nilai moral pada suatu hikayat berkaitan erat dengan masalah moral. Untuk memberikan nilai moral, pada hikayat dicantumkan nasihat-nasihat terkait budi pekerti atau perilaku yang bisa memberikan sudut pandang baru bagi pembaca³.

2. **Nilai Religi**: Nilai religi atau nilai agama pada hikayat berkaitan erat dengan masalah keagamaan. Untuk menemukan nilai religi pada suatu hikayat, terdapat penggunaan kosakata yang berkaitan dengan istilah-istilah religi, seperti dosa dan pahala, surga dan neraka, ketuhanan, makhluk gaib, dan sebagainya³.

3. **Nilai Budaya**: Hikayat juga bisa memuat nilai budaya yang bermanfaat bagi para pembacanya. Nilai tersebut didapatkan dari perkembangan budaya secara turun-temurun di lingkungan masyarakat setempat dan masih berkaitan dengan kebudayaan melayu³.

4. **Nilai Pendidikan**: Nilai edukasi atau nilai pendidikan pada hikayat berkaitan dengan proses perubahan sikap serta perilaku seseorang yang diceritakan. Dengan adanya nilai pendidikan, pembaca diharapkan bisa lebih dewasa³.

5. **Nilai Estetika**: Nilai estetika dalam hikayat berkaitan dengan keindahan sastra itu sendiri, baik dari segi bahasa, alur cerita, maupun penggambaran karakter dan latar¹.

 

Nilai-nilai ini masih relevan dengan nilai kehidupan masa kini dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi pembaca¹.

 

Sumber: (1) Hikayat: Pengertian, Karakteristik, Nilai, Ciri Kebahasaan dan Contoh. https://www.kompas.com/skola/read/2020/09/16/181500869/hikayat-pengertian-karakteristik-nilai-ciri-kebahasaan-dan-contoh.

(2) 6 Nilai Nilai yang Terkandung dalam Hikayat dan Karakteristiknya. https://mamikos.com/info/nilai-yang-terkandung-dalam-hikayat-dan-karakteristiknya-pljr/.

(3) . https://bing.com/search?q=nilai+yang+terkandung+dalam+hikayat.

(4) Nilai-nilai yang Terkandung dalam Hikayat dan Penjelasannya - Tirto.ID. https://tirto.id/nilai-nilai-yang-terkandung-dalam-hikayat-dan-penjelasannya-gyJD.

(5) Hikayat: Pengertian, Karakteristik, Jenis, & Contohnya - Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-hikayat-dan-karakteristiknya.

(6) undefined. https://www.materibindo.com/2019/04/nilai-nilai-hikayat-dan-pengertiannya.html.

(7) undefined. https://adjar.grid.id/read/543899010/4-nilai-yang-terkandung-dalam-hikayat-materi-bahasa-indonesia-kelas-x-kurikulum-merdeka.

(8) undefined. https://www.inirumahpintar.com/2017/11/macam-macam-contoh-nilai-nilai-dalam-hikayat.html.


Komentar