Nilai religi dalam hikayat

 

Nilai religi dalam hikayat berkaitan erat dengan masalah keagamaan³. Untuk menemukan nilai religi pada suatu hikayat, biasanya terdapat penggunaan kosakata yang berkaitan dengan istilah-istilah religi, seperti dosa dan pahala, surga dan neraka, ketuhanan, makhluk gaib, dan sebagainya³. Nilai religi adalah nilai yang berasal dari ajaran agama dan memiliki kebenaran yang mutlak¹.

 

Sebagai contoh, dalam Hikayat Bayan Budiman, seorang istri dianggap tak boleh menerima tamu lantaran suaminya sedang pergi jauh mencari nafkah. Tokoh burung mengingatkan istri pemiliknya agar tak menerima tamu yang bukan muhrimnya⁴. Dengan demikian, hikayat dapat menjadi media untuk menyampaikan ajaran-ajaran agama kepada pembacanya⁴.

 

Sumber:

(1) 6 Nilai Nilai yang Terkandung dalam Hikayat dan Karakteristiknya. https://mamikos.com/info/nilai-yang-terkandung-dalam-hikayat-dan-karakteristiknya-pljr/.

(2) Nilai religi pada cuplikan hikayat tersebut adalah... - Roboguru. https://roboguru.ruangguru.com/question/nilai-religi-pada-cuplikan-hikayat-tersebut-adalah-_QU-MAI2ZNAM.

(3) Nilai-nilai yang Terkandung dalam Hikayat dan Penjelasannya - Tirto.ID. https://tirto.id/nilai-nilai-yang-terkandung-dalam-hikayat-dan-penjelasannya-gyJD.

(4) . https://bing.com/search?q=nilai+religi+dalam+hikayat.

(5) undefined. https://www.inirumahpintar.com/2017/11/macam-macam-contoh-nilai-nilai-dalam-hikayat.html.

(6) undefined. https://www.brainacademy.id/blog/teks-hikayat.

Komentar