MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KEGIATAN PELATIHAN PEMBUATAN VLOG TEMA EMPAT “BHINNEKA TUNGGAL IKA”
KEGIATAN PELATIHAN PEMBUATAN VLOG TEMA EMPAT “BHINNEKA TUNGGAL IKA"
Alokasi
Waktu |
: |
10 Jam
Pelajaran |
Pembicara |
: |
Mida (Food Bloger Purbalingga) |
Bahan Materi |
: |
Pelatihan Pembuatan Vlog |
Peran Guru |
: |
Fasilitator |
Hari / Tanggal |
: |
|
Pelaksanaan |
: |
|
Jam Pelajaran Pertama
dan Kedua
1.
Kawan
murid berkumpul di area parkir Sanggaluri Park. Dengan didampingi fasilitator
kawan murid masuk kedalam sanggaluri park munuju gazebo dekat lapangan.
Fasilitator mengecek kehadiran kawan murid.
2.
Fasilitator mendampingi
kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan
murid memimpin berdoa. Tidak lupa menanyakan kesehatan kawan murid dan juga
menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri
kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.
3.
Fasilitator
memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di
dalamnya. Kemudian
menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih di bawah
“Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara
tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian
“Berkembang Sesuai Harapan” (3). Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih
meningkatkan sikap toleransi antar sesama, semangat dalam berkarya dan kreativitas.
4.
Kawan
murid mengikuti kegiatan ice breaking untuk meningkatkan kekompakan dan
kerjasama tim.
5.
Fasilitator
mendampingi kawan
murid dalam mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan vlog.
Jam Pelajaran Ketiga
s.d. Kelima
6.
Kawan murid mengikuti
kegiatan
pelatihan pembuatan vlog dengan narasumber dan didampingi oleh fasilitator.
Jam Pelajaran Keenam s.d. Kedelapan
7.
Kawan murid berlatih
langsung untuk membuat karya vlog dengan mengikuti
arahan dari narasumber, dan dengan didampingi oleh fasilitator
Jam Pelajaran Kesembilan s.d. Kesepuluh
8. Setelah kegiatan pelatihan dan membuat karya vlog selesai, kawan murid
diperkenankan melakukan kegiatan presenstasi awal untuk mempresentasikan hasil
karya yang telah dibuat kepada kawan satu kelas dengan dilanjutkan disuksi
kelas
9. Selama kegiatan ini fasilitator melakukan
pendampingan dan penilaian.
PENILAIAN
SELAMA PROSES PENDAMPINGAN
Dimensi |
: Kreatif |
|||||||||||||||
Elemen |
: Menghasilkan
Karya dan Tindakan Orisinal |
|||||||||||||||
Sub Elemen |
: Menghasilkan
Karya dan Tindakan Orisinal |
|||||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||||
Kreatif |
Hasil
karya berupa vlog |
Tidak
membuat vlog |
Menyelesaikan
pembuatan vlog |
Karya
vlog pendek masih terdapat unsur yang mencontoh dari internet |
Menghasilkan
dan menyajikan vlog secara orisinil |
|||||||||||
|
Dimensi |
: Bernalar Kritis |
|||||||||||||
Elemen |
: Memperoleh
dan Memproses Informasi dan Gagasan |
|||||||||||||
Sub Elemen |
: Mengidentifikasi, Mengklarifikasi, dan Mengolah
Informasi dan Gagasan |
|||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||
Bernalar
Kritis |
Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah
informasi dan gagasan |
Tidak memperhatikan penjelasan
narasumber. |
Memperhatikan penjelasan dari
narasumber. |
Memperhatikan penjelasan dan mencatat
informasi yang didapat dari narasumber. |
Memperhatikan, mencatat informasi
serta mengajukan pertanyaan. |
|||||||||
|
Komentar
Posting Komentar