MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KEGIATAN PELATIHAN PEMBUATAN VLOG TEMA EMPAT “BHINNEKA TUNGGAL IKA”

KEGIATAN PELATIHAN PEMBUATAN VLOG TEMA EMPAT “BHINNEKA TUNGGAL IKA"



Alokasi Waktu

:

10 Jam Pelajaran

Pembicara

:

Mida (Food Bloger Purbalingga)

Bahan Materi

:

Pelatihan Pembuatan Vlog

Peran Guru

:

Fasilitator

Hari / Tanggal

:


Pelaksanaan

:

 

Jam Pelajaran Pertama dan Kedua

1.   Kawan murid berkumpul di area parkir Sanggaluri Park. Dengan didampingi fasilitator kawan murid masuk kedalam sanggaluri park munuju gazebo dekat lapangan. Fasilitator mengecek kehadiran kawan murid.

2.   Fasilitator mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Tidak lupa menanyakan kesehatan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.

3.   Fasilitator memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian “Berkembang Sesuai Harapan” (3). Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih meningkatkan sikap toleransi antar sesama, semangat dalam berkarya dan kreativitas.

4.   Kawan murid mengikuti kegiatan ice breaking untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama tim.

5.   Fasilitator mendampingi kawan murid dalam mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan vlog.

 

Jam Pelajaran Ketiga s.d. Kelima

6.   Kawan murid mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan vlog dengan narasumber dan didampingi oleh fasilitator.  

 

Jam Pelajaran Keenam s.d. Kedelapan

7.   Kawan murid berlatih langsung untuk membuat karya vlog dengan mengikuti arahan dari narasumber, dan dengan didampingi oleh fasilitator

 

Jam Pelajaran Kesembilan s.d. Kesepuluh

8.   Setelah kegiatan pelatihan dan membuat karya vlog selesai, kawan murid diperkenankan melakukan kegiatan presenstasi awal untuk mempresentasikan hasil karya yang telah dibuat kepada kawan satu kelas dengan dilanjutkan disuksi kelas

9.   Selama kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

Dimensi

: Kreatif

Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

Sub Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Kreatif

Hasil karya berupa vlog

Tidak membuat vlog

Menyelesaikan pembuatan vlog

Karya vlog pendek masih terdapat unsur yang mencontoh dari internet

Menghasilkan dan menyajikan vlog secara orisinil

 

 

Dimensi

: Bernalar Kritis

Elemen

: Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan

Sub Elemen

: Mengidentifikasi, Mengklarifikasi, dan Mengolah Informasi dan Gagasan

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai

Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Bernalar Kritis

Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Tidak memperhatikan penjelasan narasumber.

Memperhatikan penjelasan dari narasumber.

Memperhatikan penjelasan dan mencatat informasi yang didapat dari narasumber.

Memperhatikan, mencatat informasi serta mengajukan pertanyaan.

 

 

 

 

Rounded Rectangle: Catatan Anekdot :
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar