MEMAHAMI TENTANG PERUNDUNGAN DAN UPAYA MENCEGAHNYA
Alokasi Waktu |
: |
10 jam pelajaran |
Bahan Materi |
: |
Akulturasi
Budaya |
Peran Guru |
: |
Fasilitator |
Hari / Tanggal |
: |
|
Pelaksanaan |
: |
|
Jam Pelajaran pertama
sampai jam ke dua
1.
Fasilitator
mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah
satu kawan murid memimpin berdoa. Mengecek kehadiran kawan murid. Tidak lupa
menanyakan kesehatan, perasaan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah
makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak
mereka untuk makan pagi.
2.
Fasilitator
memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di
dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian pekan kemarin, apabila ada yang masih
di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan
secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian
“Berkembang Sesuai Harapan” (3).
3.
Kawan
murid diminta berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat pada hari
senin 21 Agustus 2023. Dengan didampingi oleh fasilitator kawan murid secara
berkelompok menyusun pedoman wawancara yang akan digunakan saat kunjungan
lapangan sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan. Kawan murid membawa alat
tulis, buku gambar dan alat gambar, bekal makanan, dan alat ibadah.
4.
Kemudian
pada jam pelajaran ke tiga, semua kelompok melakukan perjalanan menuju lokasi
yang akan dilakukan untuk kunjungan lapangan.
Jam Pelajaran keempat
sampai jam pelajaran kedelapan
5.
Kawan
murid melakukan riset dilokasi yang menjadi tujuan dengan mencari informasi ke
narasumber yang ada di lokasi dengan menggunakan pedoman wawancara. Kawan murid
mencari data sebanyak mungkin untuk modal membuat karya berupa tulisan (fiksi
atau non fiksi), gambar, dan foto kegiatan.
6.
Selama
proses kunjungan lapangan, fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian. Kemudian
pada jam kesembilan kawan murid melakukan perjalanan pulang ke sekolah.
Jam Pelajaran
kesepuluh
7.
Pada
jam pelajaran kesepuluh, kawan murid melakukan refleksi dan evaluasi tentang
kegiatan yang sudah dilakukan.
8.
Selama
kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.
PENILAIAN
SELAMA PROSES PENDAMPINGAN
Dimensi |
: Berkebinnekaan Global |
|||||||||||||||
Elemen |
: Refleksi terhadap pengalaman kebinnekaan |
|||||||||||||||
Sub Elemen |
: Refleksi terhadap pengalaman kebinnekaan |
|||||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||||
Berkebinnekaan Global |
Refleksi terhadap pengalaman
kebinnekaan |
Menjelaskan apa yang telah dipelajari
dari interaksi dan pengalaman dirinya dalam lingkungan yang beragam |
Merefleksikan secara kritis gambaran
berbagai kelompok budaya yang ditemui dan cara meresponnya |
Merefleksikan secara kritis dampak
dari pengalaman dari pengalaman hidup di lingkungan yang beragam terkait
dengan perilaku, kepercayaan serta tindakan terhadap orang lain |
Merefleksikan secara kritis dampak
dari pengalam hidup dilingkungan yang beragam terkait dengan perilaku,
kepercayaan serta tindakannya terhadap orang lain, masyarakat, bangsa, dan
negara RI |
|||||||||||
|
Dimensi |
: Bernalar Kritis |
|||||||||||||||
Elemen |
: Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran dan Prosedurnya |
|||||||||||||||
Sub Elemen |
: Refleksi terhadap pengalaman kebinnekaan |
|||||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||||
Bernalar Kritis |
Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran dan Prosedurnya |
Menjelaskan alasan yang relevan dan
akurat dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan |
Menalar dengan berbagai argumen dalam
mengambil suatu simpulan atau keputusan |
Menganalisis dan mengevaluasi
penalaran yang digunakannya dalam menemukan dan mencari solusi serta
mengambil keputusan |
Menganalisis serta mengevaluasi
penalaran yang digunakannya dalam mengambil kesimpulan dan mencari solusi
serta mengambil keputusan |
|||||||||||
|
Dimensi |
: Kreatif |
|||||||||||||||
Elemen |
: Menghasilkan
karya dan tindakan orisinal |
|||||||||||||||
Sub Elemen |
: Menghasilkan
karya dan tindakan orisinal |
|||||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (3) |
|||||||||||||
Kreatif |
Hasil Karya seni pertunjukan drama
Anti Perundungan |
Tidak menyelesaikan pembuatan drama
anti perundungan. |
Menyelesaikan naskah drama anti
perundungan. |
Karya drama anti perundungan masih terdapat unsur yang
mencontoh dari internet. |
Menyaji drama anti perundungan secara
orisinil |
|||||||||||
|
Catatan
Anekdot : |
Komentar
Posting Komentar