MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MEMAHAMI TENTANG PERUNDUNGAN DAN UPAYA MENCEGAHNYA

 

MEMAHAMI TENTANG PERUNDUNGAN DAN UPAYA MENCEGAHNYA



Alokasi Waktu

:

10 jam pelajaran

Bahan Materi

:

Akulturasi Budaya

Peran Guru

:

Fasilitator

Hari / Tanggal

:


Pelaksanaan

:

 


Jam Pelajaran pertama sampai jam ke dua

1.   Fasilitator mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Mengecek kehadiran kawan murid. Tidak lupa menanyakan kesehatan, perasaan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.

2.   Fasilitator memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian pekan kemarin, apabila ada yang masih di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian “Berkembang Sesuai Harapan” (3). 

3.   Kawan murid diminta berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat pada hari senin 21 Agustus 2023. Dengan didampingi oleh fasilitator kawan murid secara berkelompok menyusun pedoman wawancara yang akan digunakan saat kunjungan lapangan sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan. Kawan murid membawa alat tulis, buku gambar dan alat gambar, bekal makanan, dan alat ibadah.

4.   Kemudian pada jam pelajaran ke tiga, semua kelompok melakukan perjalanan menuju lokasi yang akan dilakukan untuk kunjungan lapangan.

Jam Pelajaran keempat sampai jam pelajaran kedelapan

5.   Kawan murid melakukan riset dilokasi yang menjadi tujuan dengan mencari informasi ke narasumber yang ada di lokasi dengan menggunakan pedoman wawancara. Kawan murid mencari data sebanyak mungkin untuk modal membuat karya berupa tulisan (fiksi atau non fiksi), gambar, dan foto kegiatan.

6.   Selama proses kunjungan lapangan, fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian. Kemudian pada jam kesembilan kawan murid melakukan perjalanan pulang ke sekolah.

Jam Pelajaran kesepuluh

7.   Pada jam pelajaran kesepuluh, kawan murid melakukan refleksi dan evaluasi tentang kegiatan yang sudah dilakukan.

8.   Selama kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.

 

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

Dimensi

: Berkebinnekaan Global

Elemen

: Refleksi terhadap pengalaman kebinnekaan

Sub Elemen

: Refleksi terhadap pengalaman kebinnekaan

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Berkebinnekaan Global

Refleksi terhadap pengalaman kebinnekaan

Menjelaskan apa yang telah dipelajari dari interaksi dan pengalaman dirinya dalam lingkungan yang beragam

Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang ditemui dan cara meresponnya

Merefleksikan secara kritis dampak dari pengalaman dari pengalaman hidup di lingkungan yang beragam terkait dengan perilaku, kepercayaan serta tindakan terhadap orang lain

Merefleksikan secara kritis dampak dari pengalam hidup dilingkungan yang beragam terkait dengan perilaku, kepercayaan serta tindakannya terhadap orang lain, masyarakat, bangsa, dan negara RI

 

 

 

 

 

 

Dimensi

: Bernalar Kritis

Elemen

: Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran dan Prosedurnya

Sub Elemen

: Refleksi terhadap pengalaman kebinnekaan

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Bernalar Kritis

Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran dan Prosedurnya

Menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan

Menalar dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan atau keputusan

Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan

Menganalisis serta mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam mengambil kesimpulan dan mencari solusi serta mengambil keputusan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dimensi

: Kreatif

Elemen

: Menghasilkan karya dan tindakan orisinal

Sub Elemen

: Menghasilkan karya dan tindakan orisinal

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(3)

Kreatif

Hasil Karya seni pertunjukan drama Anti Perundungan

Tidak menyelesaikan pembuatan drama anti perundungan.

Menyelesaikan naskah drama anti perundungan.

Karya drama  anti perundungan masih terdapat unsur yang mencontoh dari internet.

Menyaji drama anti perundungan secara orisinil

 

Catatan Anekdot :


 


Penulis: Arisatun

Komentar