MODUL P5 KEGIATAN WORKSHOP PENULISAN PUISI TEMA EMPAT “BHINNEKA TUNGGAL IKA” DALAM KURIKULUM MERDEKA

 PENULISAN PUISI TEMA EMPAT  “BHINNEKA TUNGGAL IKA”



KEGIATAN WORKSHOP PENULISAN PUISI

Rounded Rectangle: HARI
3
TEMA EMPAT

“BHINNEKA TUNGGAL IKA”

 

Alokasi Waktu

:

10 Jam Pelajaran

Pembicara

:

 

Bahan Materi

:

Menulis Puisi

Peran Guru

:

Fasilitator

Hari / Tanggal

:

 

Pelaksanaan

:

 

Jam Pelajaran Pertama

1.   Fasilitator mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.

2.   Fasilitator memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian senin pekan kemarin, apabila ada yang masih di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara tersendiri supaya pada pekan ini kawan murid dapat mencapai penilaian “Berkembang Sesuai Harapan” (3). Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih meningkatkan sikap toleransi antar sesama.

3.   Fasilitator mendampingi kawan murid menuju ke aula untuk mengikuti kegiatan workshop pelatihan menulis puisi. Fasilitator mendampingi selama kegiatan berlangsung.

 

Jam Pelajaran Kedua s.d. Keenam

4.   Kawan murid mengikuti kegiatan workshop pelatihan menulis puisi dengan narasumber.

 

Jam Pelajaran Ketujuh s.d. Kedelapan

5.   Kawan murid menyelesaikan karya puisi dan membacakan karya yang sudah dibuat di depan kawan murid lainnya.

6.   Karya puisi dari kawan murid dikumpulkan kepada koordinator melalui link google form yang disediakan.

 

Jam Pelajaran Kesembilan s.d. Kesepuluh

7.   Kawan murid menyelesaikan karya dalam bentuk tulisan dan sketsa yang akan ditampilkan dalam gelar karya.

8.   Selama kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.

 

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

Dimensi

: Kreatif

Elemen

: Menghasilkan karya dan tindakan orisinal

Sub Elemen

: Menghasilkan karya dan tindakan orisinal

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Kreatif

Hasil Karya Puisi

Tidak menyelesaikan pembuatan puisi

Menyelesaikan karya puisi

Karya puisi masih terdapat unsur yang mencontoh dari internet.

Menyaji karya puisi secara orisinil

 

 

Dimensi

: Bernalar Kritis

Elemen

: Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan

Sub Elemen

: Mengidentifikasi, Mengklarifikasi, dan Mengolah Informasi dan Gagasan

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai

Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Bernalar Kritis

Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Tidak memperhatikan penjelasan narasumber.

Memperhatikan penjelasan dari narasumber.

Memperhatikan penjelasan dan mencatat informasi yang didapat dari narasumber.

Memperhatikan, mencatat informasi serta mengajukan pertanyaan.

 

 

 

 

Rounded Rectangle: Catatan Anekdot :
 

 

 PENULIS : ARISATUN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar