MODUL P5 KEGIATAN WORKSHOP PENULISAN PUISI TEMA EMPAT “BHINNEKA TUNGGAL IKA” DALAM KURIKULUM MERDEKA
PENULISAN PUISI TEMA EMPAT “BHINNEKA TUNGGAL IKA”
KEGIATAN WORKSHOP PENULISAN
PUISI
 TEMA EMPAT
TEMA EMPAT 
“BHINNEKA TUNGGAL IKA”
| Alokasi
  Waktu | : | 10 Jam
  Pelajaran | 
| Pembicara | : |   | 
| Bahan Materi | : | Menulis Puisi | 
| Peran Guru | : | Fasilitator | 
| Hari / Tanggal | : |  | 
| Pelaksanaan | : |  | 
Jam Pelajaran Pertama
1.  
Fasilitator mendampingi
kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan
murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak
lupa menanyakan kesehatan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan
pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak mereka
untuk makan pagi. 
2.  
Fasilitator
memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di
dalamnya. Kemudian
menyampaikan penilaian senin pekan kemarin, apabila ada yang masih di bawah
“Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara
tersendiri supaya pada pekan ini kawan murid dapat mencapai penilaian
“Berkembang Sesuai Harapan” (3). Fasilitator
memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih meningkatkan sikap
toleransi antar sesama.
3.  
Fasilitator
mendampingi kawan murid menuju ke aula untuk mengikuti kegiatan workshop pelatihan menulis
puisi. Fasilitator mendampingi selama kegiatan berlangsung.
Jam Pelajaran Kedua
s.d. Keenam
4.  
Kawan murid mengikuti kegiatan workshop
pelatihan menulis puisi dengan narasumber. 
Jam Pelajaran
Ketujuh s.d. Kedelapan
5.  
Kawan murid menyelesaikan karya puisi dan membacakan
karya yang sudah dibuat di depan kawan murid lainnya.
6.  
Karya puisi dari kawan murid dikumpulkan kepada
koordinator melalui link google form yang disediakan.
Jam Pelajaran Kesembilan s.d. Kesepuluh
7.  
Kawan murid menyelesaikan karya dalam bentuk tulisan dan sketsa
yang akan ditampilkan dalam gelar karya. 
8.  
Selama kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.
PENILAIAN
SELAMA PROSES PENDAMPINGAN
| Dimensi | : Kreatif | |||||||||||||||
| Elemen | : Menghasilkan
  karya dan tindakan orisinal | |||||||||||||||
| Sub Elemen | : Menghasilkan
  karya dan tindakan orisinal | |||||||||||||||
| No. | NIS | Nama Siswa | L/P | Profil Pelajar Pancasila | Aspek Yang Dinilai | Penilaian | Skor | |||||||||
| Belum Berkembang (1) | Mulai Berkembang (2) | Berkembang Sesuai Harapan (3) | Sangat Berkembang (4) | |||||||||||||
| Kreatif | Hasil Karya Puisi  | Tidak menyelesaikan pembuatan puisi | Menyelesaikan karya puisi | Karya puisi masih terdapat unsur yang
  mencontoh dari internet. | Menyaji karya puisi secara orisinil | |||||||||||
| 
 | ||||||||||||||||
| Dimensi | : Bernalar Kritis | |||||||||||||
| Elemen | : Memperoleh
  dan Memproses Informasi dan Gagasan | |||||||||||||
| Sub Elemen | : Mengidentifikasi, Mengklarifikasi, dan Mengolah
  Informasi dan Gagasan | |||||||||||||
| No. | NIS | Nama Siswa | L/P | Profil Pelajar Pancasila | Aspek Yang Dinilai | Penilaian | Skor | |||||||
| Belum Berkembang (1) | Mulai Berkembang (2) | Berkembang Sesuai  Harapan (3) | Sangat Berkembang (4) | |||||||||||
| Bernalar
  Kritis | Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah
  informasi dan gagasan | Tidak memperhatikan penjelasan
  narasumber. | Memperhatikan penjelasan dari
  narasumber. | Memperhatikan penjelasan dan mencatat
  informasi yang didapat dari narasumber. | Memperhatikan, mencatat informasi
  serta mengajukan pertanyaan. | |||||||||
| 
 | ||||||||||||||
 
   
 
  
   
   
.png)
Komentar
Posting Komentar