Majas sarkasme


Majas sarkasme

Majas sarkasme adalah gaya bahasa yang mengandung sindiran atau olok-olok yang pedas atau kasar dengan pembawaan yang getir dan menyakiti⁴. Majas ini termasuk bagian dari majas sindiran, di mana bahasa yang digunakan pada majas sarkasme bermakna olok-olok, ejekan, sindiran, kepahitan dan celaan getir⁴. Majas sarkasme sendiri ditujukan untuk menyindir atau menyinggung seseorang secara terang-terangan, dan umumnya dapat menyakiti perasaan orang yang mendengarnya⁴.

 

Berikut adalah beberapa contoh majas sarkasme:

1. "Kalau bertemu denganmu rasanya aku ingin muntah!"⁵

2. "Melihat muka kau saja aku sudah jijik!"⁵

3. "Anak itu benar-benar otak udang!"⁵

4. "Dasar babu gak berguna sama sekali!"⁵

5. "Pergi sana jadi gembel jalanan!"⁵

6. "Jangan bertingkah seperti orang kere!"⁵

7. "Mampus kau, dasar manusia tak tahu diri!"⁵

8. "Dasar bodoh, menghitung uang saja tak becus!"⁵

 

Harap dicatat bahwa majas sarkasme sering digunakan dalam karya sastra maupun percakapan sehari-hari untuk memberikan efek dramatis atau humor⁴.

 

Sumber: (1) 50 Contoh Majas Sarkasme dan Ciri-cirinya - Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2023/09/17/090000469/50-contoh-majas-sarkasme-dan-ciri-cirinya.

(2) 50 Contoh Majas Sarkasme beserta Pengertian dan Ciri-cirinya - detikNews. https://news.detik.com/berita/d-6417264/50-contoh-majas-sarkasme-beserta-pengertian-dan-ciri-cirinya.

(3) Apa Itu Majas Sarkasme? Ini Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimatnya. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7054109/apa-itu-majas-sarkasme-ini-pengertian-ciri-ciri-dan-contoh-kalimatnya.

(4) Sarkas Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, dan Perbedaannya dengan Satir. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7049730/sarkas-adalah-pengertian-ciri-ciri-dan-perbedaannya-dengan-satir.

(5) Macam-Macam Majas dalam Karya Sastra, Lengkap Beserta Contohnya. https://www.fimela.com/lifestyle/read/5442542/macam-macam-majas-dalam-karya-sastra-lengkap-beserta-contohnya.

Komentar