Konjungsi atau kata penghubung

 

Konjungsi atau kata penghubung adalah kata-kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, atau kalimat dengan kalimat¹. Konjungsi sangatlah diperlukan untuk memperjelas kalimat, karena kata penghubung merupakan rambu-rambu bahasa tulis yang berpengaruh dalam pembuatan kalimat atau karangan¹.

 

Konjungsi (kata penghubung) adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf¹. Kata penghubung antarklausa biasanya terletak di tengah-tengah kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat di awal kalimat (setelah tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru), adapun kata penghubung antar paragraf letaknya di awal paragraf¹.

 

Konjungsi dalam bahasa Indonesia dapat dikelompokkan ke dalam konjungsi intra kalimat dan konjungsi antar kalimat¹. Kata penghubung intrakalimat (antar klausa) adalah kata yang menghubungkan klausa induk dan klausa anak. Dalam konjungsi intrakalimat (antar klausa) juga ada 2 jenis kata penghubung atau konjungsi, yaitu konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif¹. Sedangkan konjungsi antar kalimat adalah kata yang menghubungkan kata yang satu dengan lainnya¹.

 

Berikut beberapa contoh penggunaan konjungsi dalam kalimat:

1. Farida sedang membaca **dan** adiknya sedang bermain catur.

2. Saya mau pergi **kalau** pekerjaan rumah saya selesai.

3. Engkau berangkat sekarang **atau** engkau ketinggalan kereta¹.

 

Konjungsi juga dapat menghubungkan 2 kata atau frasa. Konjungsi seperti **dan** serta **atau**, misalnya, bisa digunakan untuk membentuk frasa seperti : Toni **dan** Ali hidup **atau** mati¹.

 

Sumber:

(1) Konjungsi Adalah : 20 Contoh, Pengertian, Jenis Lengkap. https://www.gurupendidikan.co.id/konjungsi/.

(2) Macam-macam Konjungsi, Ciri, dan Contoh Kalimatnya. https://www.brainacademy.id/blog/jenis-dan-contoh-konjungsi.

(3) Konjungsi (linguistik) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Konjungsi_%28linguistik%29.

(4) Pengertian Konjungsi Lengkap dan Macam-macamnya - detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5602148/pengertian-konjungsi-lengkap-dan-macam-macamnya.

(5) Arti kata konjungsi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/konjungsi.

Komentar