KISI-KISI PSAS BAHASA INDONESIA KELAS X FASE E
NOMOR 1-10
1. Struktur teks Laporan hasil observasi
Struktur laporan hasil observasi ada tiga, yakni
(a) pernyataan umum/ definisi umum,
(b) deskripsi bagian, dan
(c) deskripsi manfaat.
Contoh soal
Cermatilah paragraf berikut!
Kini, tantangan para guru bertambah lagi dengan wabah COVID-19 (Corona
Virus Disease 20.9) yang tak kunjung usai. COVID-19 merupakan bencana nasional
yang telah ditetapkan oleh pemerintah karena penyebaran virusnya sangat cepat
dan menyebabkan kematian. Pemerintah berusaha menghambat penyebaran COVID-19
ini dengan mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing serta bekerja/
belajar
Dalam laporan hasil observasi, paragraf tersebut termasuk struktur....
a.
Deskripsi
bagian
b.
Deskripsi
manfaat
c.
Deskripsi
laporan
d.
Pernyataan
umum
e.
Bagian
simpulan
Jawabanya: D
Menjelaskan/ mendeskripsikan
secara umum tentang definisi Covid .9 dan dampak dari covid .9. Bersifat
objektif. Mengandung fakta. Menambah pengetahuan
Contoh Soal :
Paragraf berikut yang termasuk deskripsi bagian
dalam laporan hasil observasi adalah....
A.
Situasi
ini merupakan hal baru bagi masyarakat, terutama para guru, orang tua, dan
peserta didik. Di sini para guru dituntut untuk tetap dapat memberikan
pembelajaran kepada peserta didik dengan melalui online. Padahal, para guru
tersebut terbagi atas tiga golongan, yaitu golongan guru literat IT, golongan
guru aliterat IT, dan golongan guru Iliterat IT.
B.
Kini,
tantangan para guru bertambah lagi dengan wabah COVID-.9 (Corona Virus Disease
20.9) yang tak kunjung usai. COVID-.9 merupakan bencana nasional yang telah
ditetapkan oleh pemerintah karena penyebaran virusnya sangat cepat dan
menyebabkan kematian. Pemerintah berusaha menghambat penyebaran COVID-.9 ini
dengan mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing serta bekerja/
belajar/ beribadah dari rumah.
C.
Saat
ini dunia pendidikan tengah menghadapi masalah yang cukup sulit, di antaranya
kurikulum 20.3 belum dipahami sepenuhnya. Tambahan lagi, konsep Menteri
Pendidikan yang baru, Nadiem Makarim, tentang Indonesia merdeka belajar.
Kemudian, muncul lagi kurikulum penyederhanaan dalam kondisi darurat. Hal ini
juga membuat para guru makin gamang tentang pembelajaran yang akan diberikan
kepada peserta didik. Permasalahanpermasalahan tersebut merupakan tantangan
bagi para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
D.
Ketiga,
guru iliterat IT adalah guru yang buta IT. Guru tersebut tidak mampu
memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Guruguru ini masih menggunakan
metode dan media model lama. Mereka sama sekali tidak pernah menggunakan
teknologi. Hal ini kemungkinan fasilitas sarana dan prasananya yang tidak ada.
E.
Akan
tetapi, pandemi ini dapat diambil manfaatnya, yaitu kesiapan guru dalam kondisi
apapun dan kreativitas guru dalam pembelajarannya kepada peserta didik.
Guruguru diharapkan tidak hanya memberikan tugas dan tugas kepada peserta didik
sehingga membuat mereka stres. Guru juga harus dapat mengubah kebiasaannya
dalam mengajar. Sebelumnya, guru terbiasa mulai mengajar dari konten kemudian
proses. Karena kondisi ini, pembelajaran pun harus disesuaikan
Jawaban : D
Karena ada
urutan ., 2, 3 perhatikan kata awal “ Ketiga” kemudian dijelaskan bahawasanya
menjadi guru harus melek terkait dengan IT.
- 3Informasi isi teks
Mungkin secara sekilas laporan hasil observasi
tersebut, kalian merasakan adanya kemiripan dengan teks deskripsi, seperti yang
sudah kalian pelajari sewaktu SMP. Akan tetapi, jika dicermati sekali lagi
terdapat perbedaannya. Kalian masih ingat tujuan dari teks deskripsi? iya
benar. Tujuan teks deskripsi adalah mengajak pembaca seolah-olah dapat
merasakan langsung apa yang sedang dijelaskan dalam teks tersebut. Adapun
tujuan laporan hasil observasi berdasarkan hasil baca kalian terhadap teks
tersebut adalah memberikan informasi secara objektif dan faktual yang ada di
lapangan sesuai hasil pengamatan yang didapatkan penulis. Tujuan lainnya, yaitu
memberikan informasi terbaru, mengatasi suatu persoalan, untuk mengambil
keputusan yang lebih efektif. untuk melakukan pengawasan dan/atau perbaikan,
dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan
Contoh soal
Perhatikan teks berikut:
Saat ini dunia pendidikan tengah menghadapi
masalah yang cukup sulit, di antaranya kurikulum merdeka belum dipahami
sepenuhnya. Tambahan lagi, konsep Menteri Pendidikan yang baru, Nadiem Makarim,
tentang Indonesia merdeka belajar. Kemudian, muncul lagi kurikulum
penyederhanaan dalam kondisi darurat. Hal ini juga membuat para guru makin
gamang tentang pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik.
Permasalahanpermasalahan tersebut merupakan tantangan bagi para guru untuk
meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Paragraf tersebut berisi informasi tentang ....
a.
Berisi
pernyataan bahwa Indonesia sedang menghadapi masalah yang cukup sulit
b.
Tantangan
guru bertambah
c.
Situasi
pandemi merupakan hal baru bagi guru, peserta didik, dan orang tua
d.
Pengertian
guru literat IT dan deskripsinya
e.
Simpulan
ketiga golongan guru yang berada di lapangan pada kenyataannya serta dampaknya
Jawaban : A
Perhatikan kalimat
awal yang memberikan masalah terkait dengan masalah pendidikan yang rumit. Selebihnya merupakan kalimat penjelas.
4.
Sama
seperti nomer 3
5.
Sama
seperti nomor 4
6. Persamaan
isi teks
Persamaan isi teks . dan teks 2 merujuk pada
kesamaan informasi atau data yang disajikan dalam kedua teks tersebut.
Persamaan ini dapat dilihat berdasarkan rumus 5W+.H, yaitu What (apa), Who
(siapa), When (kapan), Why (mengapa), Where (di mana), dan How (bagaimana).
Dengan mencermati unsur-unsur tersebut, kita bisa menemukan informasi yang sama
dalam dua teks..
Misalnya, jika kedua teks membahas tentang
peristiwa yang sama, seperti tsunami yang melanda Aceh, maka persamaan isinya
dapat dipahami meskipun gaya pemberitahuannya mungkin berbeda.. Namun, perlu
diingat bahwa proses ini memerlukan pemahaman yang baik tentang teks dan
kemampuan untuk menganalisis dan membandingkan informasi dengan cara yang
logis.
7. Gagasan utama pada paragraf
Gagasan utama atau gagasan pokok adalah pernyataan
yang menjadi inti dari sebuah pembahasan³. Gagasan utama biasanya terletak pada
kalimat utama yang biasanya terletak di awal dan akhir paragraf³. Gagasan utama
adalah ide inti atau pokok dari sebuah tulisan dan paragraf⁴. Ide pokok ini
berisi permasalahan yang penting untuk dibahas dan dijelaskan⁴. Dengan adanya
gagasan utama, pembaca dapat dengan mudah memahami inti bacaan⁴.
Berikut adalah ciri-ciri gagasan utama¹
Terdiri atas satu kalimat utuh yang berdiri sendiri.
2. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
3. Tersusun atas topik permasalahan utama yang diperjelas lebih lanjut.
4. Memiliki kalimat yang jelas tanpa dihubungkan kalimat lain.
5. Gagasan utama yang berada di akhir paragraf,
umumnya ditandai dengan kata oleh karena itu, kesimpulannya, oleh sebab itu,
dan dengan demikian¹.
Untuk menentukan gagasan utama, kita harus
menemukan terlebih dahulu kalimat utama. Kemudian menemukan kalimat penjelas¹.
Anda dapat menyimpulkan gagasan utama sebuah paragraf dengan terlebih dahulu
menentukan kalimat utama. Kalimat utama biasanya bersifat lebih umum dan
memiliki kalimat penjelas³.
8. Ide
pokok paragraf
Ide pokok paragraf
Ide pokok paragraf adalah ide atau gagasan utama
yang menjadi fokus pembahasan dalam sebuah paragraf. Ide pokok biasanya
terdapat dalam kalimat utama yang berada di awal atau akhir paragraf. Ide pokok
ini berisi permasalahan yang penting untuk dibahas dan dijelaskan. Dengan
adanya ide pokok, pembaca dapat dengan mudah memahami inti bacaan.
Berikut adalah ciri-ciri ide pokok:
1. Terdiri atas satu kalimat utuh yang berdiri sendiri.
2. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
3. Tersusun atas topik permasalahan utama yang diperjelas lebih lanjut.
4. Memiliki kalimat yang jelas tanpa dihubungkan kalimat lain.
5 Ide pokok yang berada di akhir paragraf, umumnya ditandai dengan kata oleh karena itu, kesimpulannya, oleh sebab itu, dan dengan demikian.
Untuk menentukan ide pokok, kita harus menemukan terlebih dahulu kalimat utama. Kemudian menemukan kalimat penjelas. Anda dapat menyimpulkan ide pokok sebuah paragraf dengan terlebih dahulu menentukan kalimat utama. Kalimat utama biasanya bersifat lebih umum dan memiliki kalimat penjelas.
Berikut adalah beberapa contoh soal untuk menentukan ide pokok paragraf
Bahan bakar minyak memiliki berbagai kegunaan.
Sepeda motor menggunakan bahan bakar pertalite. Kendaraan bermesin diesel
menggunakan bahan bakar solar. Pesawat terbang menggunakan avtur sebagai bahan
bakar. Ibu rumah tangga menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar kompor
minyak. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. kegunaan bahan bakar minyak
B. berbagai jenis kendaraan
C. bahan bakar rumah tangga
D. manfaat pertalite dan minyak tanah
Kunci jawaban: A.
Kecelakaan lalu lintas di jalan raya disebabkan
oleh berbagai hal. Banyak pemakai jalan raya tidak menaati peraturan lalu
lintas. Misalnya kebut-kebutan, melanggar lampu rambu-rambu lalu lintas, dan
mau menang sendiri. Selain itu, banyak kendaraan yang tidak dilengkapi spion.
Jika semua pemakai jalan raya taat peraturan, maka kecelakaan lalu lintas dapat
berkurang. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. ketaatan berlalu lintas di jalan raya
B. kesadaran berlalu lintas di jalan raya
C. penyebab kecelakaan di jalan raya
D. mengurangi kecelakaan di jalan raya
Kunci jawaban: C.
Pasokan listrik pada musim penghujan sering
terganggu. Hujan lebat dan angin ribut dapat menyebabkan pohon-pohon di beberapa
ruas jalan tumbang dan menimpa kabel listrik. Untuk mempercepat perbaikan
jaringan listrik. PLN melakukan pemadaman listrik sementara. Ide pokok paragraf
tersebut adalah ….
A. pengaruh hujan terhadap pasokan listrik
B. pemadaman listrik sementara oleh PLN
C. rusaknya alat listrik karena hujan dan angin
D. gangguan pasokan listrik pada musim penghujan
Kunci jawaban: A.
Sampah plastik sulit terurai di tanah. Apabila
dibakar dapat menimbulkan pencemaran dan gangguan pernapasan. Selain itu sampah
plastik dapat mencemari lingkungan. Itulah beberapa bahaya yang disebabkan dari
sampah plastik. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. kantong plastik sulit terurai
B. penyebab pencemaran udara
C. plastik mencemari lingkungan
D. beberapa bahaya sampah plastik
Kunci jawaban: D.
Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan pernyataan yang sesuai:
Membaca seluruh teks dengan cermat:
Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Dengan membaca teks secara
menyeluruh, Anda akan mendapatkan gambaran umum tentang apa yang dibahas dalam
teks tersebut.
Menentukan ide pokok pada setiap paragraf: Setiap paragraf biasanya memiliki satu ide pokok yang menjadi fokus utama. Dengan menentukan ide pokok, Anda dapat memahami inti dari apa yang dibahas dalam paragraf tersebut.
Menandai informasi penting setiap paragraf: Setelah menentukan ide pokok, langkah selanjutnya adalah menandai informasi penting dalam setiap paragraf. Informasi ini biasanya berhubungan langsung dengan ide pokok dan membantu dalam memahami konteks lebih lanjut..
Mencocokkan informasi dengan pernyataan yang disajikan: Jika soal merupakan tipe pilihan ganda, cara mencari pernyataan yang sesuai ini sebenarnya cukup mudah karena hanya mencocokkan informasi dengan pernyataan yang disajikan.
Berlatih membaca teks-teks lain dan kemudian kemukaan sendiri pernyataan, dan selanjutnya jawab sendiri apakah itu sesuai atau tidak sesuai.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan teks
Contoh soal
Berikut adalah
beberapa contoh soal pertanyaan yang sesuai dengan isi bacaan:
Bacaan: Ular
merupakan jenis reptil yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai tempat.
Jenis ular ada yang berbisa dan tidak berbisa. Ular berbisa biasanya membunuh
mangsanya dengan bisanya tersebut. Contoh ular berbisa antara lain kobra dan
welang. Sementara itu, ular yang tidak berbisa biasanya membunuh mangsa dengan
melilit tubuh mangsanya tersebut. Beberapa jenis ular kerap mempunyai kebiasaan
berjemur di bawah terik matahari untuk membantu mencerna makanan.
Pertanyaan:
- Bagaimana
cara ular berbisa membunuh mangsanya?.
- Bagaimana
cara ular tidak berbisa membunuh mangsanya?.
- Mengapa
ular mempunyai kebiasaan berjemur di bawah terik matahari?.
Bacaan: Eceng
gondok dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng
gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air. Bagi masyarakat di sekitar
pinggiran sungai, eceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori
sungai. Eceng gondok dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap
karena ditumbuhi eceng gondok terlalu banyak..
Pertanyaan:
- Mengapa
eceng gondok dianggap sebagai gulma?.
- Bagaimana
eceng gondok dapat menyebar?.
- Apa
dampak dari penyebaran eceng gondok terhadap sungai?.
Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, penting untuk membaca dan memahami isi bacaan dengan baik
9. Makna istilah
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah berarti kata atau gabungan kata yang
dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas
dalam bidang tertentu. Istilah juga dapat berarti sebutan atau nama. Istilah
dapat terbentuk dari kosakata Bahasa Indonesia, bahasa serumpun/daerah, atau
bahasa asing.
Berikut adalah
beberapa syarat dalam pembentukan makna istilah:
Istilah yang
dipilih adalah kata atau frasa yang memiliki makna baik (konotasi).
Istilah yang
dipilih adalah kata atau frasa yang baik untuk didengar (euphonic).
Istilah yang
dipilih adalah kata atau frasa yang dibentuk sesuai dengan aturan bahasa
Indonesia.
Istilah yang
dipilih adalah kata atau frasa yang paling tepat untuk mengekspresikan konsep
yang diusulkan dan tidak menyimpang dari makna ini.
Istilah yang dipilih
adalah kata atau frasa yang terpendek dari opsi yang tersedia yang memiliki
tautan yang sama.
Istilah-istilah dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa serumpun, bahasa asing dan kosakata bahasa Indonesia.
Contoh soal
Tonggeret termasuk hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret mengisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.
Makna istilah
herbivora dalam paragraf teserbut adalah ....
hewan yang
memakan tumbuhan atau bagian tumbuhan
Komentar
Posting Komentar