KISI-KISI PSAS BAHASA INDONESIA KELAS X FASE E NOMOR 1-10

KISI-KISI PSAS BAHASA INDONESIA KELAS X FASE E



NOMOR 1-10  


1. Struktur teks Laporan hasil observasi


Struktur laporan hasil observasi ada tiga, yakni

(a) pernyataan umum/ definisi umum,

(b) deskripsi bagian, dan

(c) deskripsi manfaat.

 

Contoh soal

Cermatilah paragraf berikut!

 

Kini, tantangan para guru bertambah lagi dengan wabah COVID-19 (Corona Virus Disease 20.9) yang tak kunjung usai. COVID-19 merupakan bencana nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah karena penyebaran virusnya sangat cepat dan menyebabkan kematian. Pemerintah berusaha menghambat penyebaran COVID-19 ini dengan mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing serta bekerja/ belajar

 

Dalam laporan hasil observasi, paragraf tersebut termasuk struktur....

a.       Deskripsi bagian

b.       Deskripsi manfaat

c.       Deskripsi laporan

d.       Pernyataan umum

e.       Bagian simpulan

 

Jawabanya: D

Menjelaskan/ mendeskripsikan secara umum tentang definisi Covid .9 dan dampak dari covid .9. Bersifat objektif. Mengandung fakta. Menambah pengetahuan

2.      2Deskripsi Bagian 
Merupakan perincian bagian-bagian yang membentuk kesatuan hal yang dilaporkan. Misalnya, jika binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan dan perilaku. Sementara itu, perincian bagian-bagian tumbuhan dapat berupa ciri fisik bunga, akar, buah, dsb. Perincian manfaat seperti kandungan nutrisi pada buah dapat dipaparkan juga pada bagian ini. Jika yang dilaporkan berupa objek, maka deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek hingga sifat-sifat khusus objek. Ciri bahasa bagian ini menggunakan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan (merinci). Deskripsi bagian juga banyak menggunakan istilah dalam bidang ilmu seperti: fotosintesis, simbiosis, dsb. Kalimat wajib menggunakan kata baku dan kalimat efektif. Kata sambung yang sering digunakan adalah: yaitu, dan, selain itu, di samping itu, dari segi.

 

Contoh Soal :

Paragraf berikut yang termasuk deskripsi bagian dalam laporan hasil observasi adalah....

A.      Situasi ini merupakan hal baru bagi masyarakat, terutama para guru, orang tua, dan peserta didik. Di sini para guru dituntut untuk tetap dapat memberikan pembelajaran kepada peserta didik dengan melalui online. Padahal, para guru tersebut terbagi atas tiga golongan, yaitu golongan guru literat IT, golongan guru aliterat IT, dan golongan guru Iliterat IT.

B.      Kini, tantangan para guru bertambah lagi dengan wabah COVID-.9 (Corona Virus Disease 20.9) yang tak kunjung usai. COVID-.9 merupakan bencana nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah karena penyebaran virusnya sangat cepat dan menyebabkan kematian. Pemerintah berusaha menghambat penyebaran COVID-.9 ini dengan mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing serta bekerja/ belajar/ beribadah dari rumah.

C.      Saat ini dunia pendidikan tengah menghadapi masalah yang cukup sulit, di antaranya kurikulum 20.3 belum dipahami sepenuhnya. Tambahan lagi, konsep Menteri Pendidikan yang baru, Nadiem Makarim, tentang Indonesia merdeka belajar. Kemudian, muncul lagi kurikulum penyederhanaan dalam kondisi darurat. Hal ini juga membuat para guru makin gamang tentang pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Permasalahanpermasalahan tersebut merupakan tantangan bagi para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

D.      Ketiga, guru iliterat IT adalah guru yang buta IT. Guru tersebut tidak mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Guruguru ini masih menggunakan metode dan media model lama. Mereka sama sekali tidak pernah menggunakan teknologi. Hal ini kemungkinan fasilitas sarana dan prasananya yang tidak ada.

E.       Akan tetapi, pandemi ini dapat diambil manfaatnya, yaitu kesiapan guru dalam kondisi apapun dan kreativitas guru dalam pembelajarannya kepada peserta didik. Guruguru diharapkan tidak hanya memberikan tugas dan tugas kepada peserta didik sehingga membuat mereka stres. Guru juga harus dapat mengubah kebiasaannya dalam mengajar. Sebelumnya, guru terbiasa mulai mengajar dari konten kemudian proses. Karena kondisi ini, pembelajaran pun harus disesuaikan

 

Jawaban : D

Karena ada urutan ., 2, 3 perhatikan kata awal “ Ketiga” kemudian dijelaskan bahawasanya menjadi guru harus melek terkait dengan IT.

 

  1. 3Informasi isi teks

Mungkin secara sekilas laporan hasil observasi tersebut, kalian merasakan adanya kemiripan dengan teks deskripsi, seperti yang sudah kalian pelajari sewaktu SMP. Akan tetapi, jika dicermati sekali lagi terdapat perbedaannya. Kalian masih ingat tujuan dari teks deskripsi? iya benar. Tujuan teks deskripsi adalah mengajak pembaca seolah-olah dapat merasakan langsung apa yang sedang dijelaskan dalam teks tersebut. Adapun tujuan laporan hasil observasi berdasarkan hasil baca kalian terhadap teks tersebut adalah memberikan informasi secara objektif dan faktual yang ada di lapangan sesuai hasil pengamatan yang didapatkan penulis. Tujuan lainnya, yaitu memberikan informasi terbaru, mengatasi suatu persoalan, untuk mengambil keputusan yang lebih efektif. untuk melakukan pengawasan dan/atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan

Contoh soal

Perhatikan teks berikut:

 

Saat ini dunia pendidikan tengah menghadapi masalah yang cukup sulit, di antaranya kurikulum merdeka belum dipahami sepenuhnya. Tambahan lagi, konsep Menteri Pendidikan yang baru, Nadiem Makarim, tentang Indonesia merdeka belajar. Kemudian, muncul lagi kurikulum penyederhanaan dalam kondisi darurat. Hal ini juga membuat para guru makin gamang tentang pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Permasalahanpermasalahan tersebut merupakan tantangan bagi para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

 

Paragraf tersebut berisi informasi tentang ....

a.       Berisi pernyataan bahwa Indonesia sedang menghadapi masalah yang cukup sulit

b.       Tantangan guru bertambah

c.       Situasi pandemi merupakan hal baru bagi guru, peserta didik, dan orang tua

d.       Pengertian guru literat IT dan deskripsinya

e.       Simpulan ketiga golongan guru yang berada di lapangan pada kenyataannya serta dampaknya

 

Jawaban : A

Perhatikan kalimat awal yang memberikan masalah terkait dengan masalah pendidikan yang rumit.  Selebihnya merupakan kalimat penjelas.

4.       Sama seperti nomer 3

5.       Sama seperti nomor 4

 

6.      Persamaan isi teks

Persamaan isi teks . dan teks 2 merujuk pada kesamaan informasi atau data yang disajikan dalam kedua teks tersebut. Persamaan ini dapat dilihat berdasarkan rumus 5W+.H, yaitu What (apa), Who (siapa), When (kapan), Why (mengapa), Where (di mana), dan How (bagaimana). Dengan mencermati unsur-unsur tersebut, kita bisa menemukan informasi yang sama dalam dua teks..

 

Misalnya, jika kedua teks membahas tentang peristiwa yang sama, seperti tsunami yang melanda Aceh, maka persamaan isinya dapat dipahami meskipun gaya pemberitahuannya mungkin berbeda.. Namun, perlu diingat bahwa proses ini memerlukan pemahaman yang baik tentang teks dan kemampuan untuk menganalisis dan membandingkan informasi dengan cara yang logis.

 

7.  Gagasan utama pada paragraf

 

Gagasan utama atau gagasan pokok adalah pernyataan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan³. Gagasan utama biasanya terletak pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal dan akhir paragraf³. Gagasan utama adalah ide inti atau pokok dari sebuah tulisan dan paragraf⁴. Ide pokok ini berisi permasalahan yang penting untuk dibahas dan dijelaskan⁴. Dengan adanya gagasan utama, pembaca dapat dengan mudah memahami inti bacaan⁴.

 

Berikut adalah ciri-ciri gagasan utama¹

Terdiri atas satu kalimat utuh yang berdiri sendiri.

2. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.

3. Tersusun atas topik permasalahan utama yang diperjelas lebih lanjut.

4. Memiliki kalimat yang jelas tanpa dihubungkan kalimat lain.

5. Gagasan utama yang berada di akhir paragraf, umumnya ditandai dengan kata oleh karena itu, kesimpulannya, oleh sebab itu, dan dengan demikian¹.

 

Untuk menentukan gagasan utama, kita harus menemukan terlebih dahulu kalimat utama. Kemudian menemukan kalimat penjelas¹. Anda dapat menyimpulkan gagasan utama sebuah paragraf dengan terlebih dahulu menentukan kalimat utama. Kalimat utama biasanya bersifat lebih umum dan memiliki kalimat penjelas³.

 

 

8. Ide pokok paragraf

Ide pokok paragraf

Ide pokok paragraf adalah ide atau gagasan utama yang menjadi fokus pembahasan dalam sebuah paragraf. Ide pokok biasanya terdapat dalam kalimat utama yang berada di awal atau akhir paragraf. Ide pokok ini berisi permasalahan yang penting untuk dibahas dan dijelaskan. Dengan adanya ide pokok, pembaca dapat dengan mudah memahami inti bacaan.

 

Berikut adalah ciri-ciri ide pokok:

1. Terdiri atas satu kalimat utuh yang berdiri sendiri.

2. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.

3. Tersusun atas topik permasalahan utama yang diperjelas lebih lanjut.

4. Memiliki kalimat yang jelas tanpa dihubungkan kalimat lain.

5 Ide pokok yang berada di akhir paragraf, umumnya ditandai dengan kata oleh karena itu, kesimpulannya, oleh sebab itu, dan dengan demikian.

Untuk menentukan ide pokok, kita harus menemukan terlebih dahulu kalimat utama. Kemudian menemukan kalimat penjelas. Anda dapat menyimpulkan ide pokok sebuah paragraf dengan terlebih dahulu menentukan kalimat utama. Kalimat utama biasanya bersifat lebih umum dan memiliki kalimat penjelas.

Berikut adalah beberapa contoh soal untuk menentukan ide pokok paragraf

Bahan bakar minyak memiliki berbagai kegunaan. Sepeda motor menggunakan bahan bakar pertalite. Kendaraan bermesin diesel menggunakan bahan bakar solar. Pesawat terbang menggunakan avtur sebagai bahan bakar. Ibu rumah tangga menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar kompor minyak. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. kegunaan bahan bakar minyak

B. berbagai jenis kendaraan

C. bahan bakar rumah tangga

D. manfaat pertalite dan minyak tanah

Kunci jawaban: A.

Kecelakaan lalu lintas di jalan raya disebabkan oleh berbagai hal. Banyak pemakai jalan raya tidak menaati peraturan lalu lintas. Misalnya kebut-kebutan, melanggar lampu rambu-rambu lalu lintas, dan mau menang sendiri. Selain itu, banyak kendaraan yang tidak dilengkapi spion. Jika semua pemakai jalan raya taat peraturan, maka kecelakaan lalu lintas dapat berkurang. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. ketaatan berlalu lintas di jalan raya

B. kesadaran berlalu lintas di jalan raya

C. penyebab kecelakaan di jalan raya

D. mengurangi kecelakaan di jalan raya

Kunci jawaban: C.

Pasokan listrik pada musim penghujan sering terganggu. Hujan lebat dan angin ribut dapat menyebabkan pohon-pohon di beberapa ruas jalan tumbang dan menimpa kabel listrik. Untuk mempercepat perbaikan jaringan listrik. PLN melakukan pemadaman listrik sementara. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. pengaruh hujan terhadap pasokan listrik

B. pemadaman listrik sementara oleh PLN

C. rusaknya alat listrik karena hujan dan angin

D. gangguan pasokan listrik pada musim penghujan

Kunci jawaban: A.

Sampah plastik sulit terurai di tanah. Apabila dibakar dapat menimbulkan pencemaran dan gangguan pernapasan. Selain itu sampah plastik dapat mencemari lingkungan. Itulah beberapa bahaya yang disebabkan dari sampah plastik. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. kantong plastik sulit terurai

B. penyebab pencemaran udara

C. plastik mencemari lingkungan

D. beberapa bahaya sampah plastik

Kunci jawaban: D.

 8. Pertanyaan yang sesuai

Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan pernyataan yang sesuai:

Membaca seluruh teks dengan cermat: Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Dengan membaca teks secara menyeluruh, Anda akan mendapatkan gambaran umum tentang apa yang dibahas dalam teks tersebut.

Menentukan ide pokok pada setiap paragraf: Setiap paragraf biasanya memiliki satu ide pokok yang menjadi fokus utama. Dengan menentukan ide pokok, Anda dapat memahami inti dari apa yang dibahas dalam paragraf tersebut.

Menandai informasi penting setiap paragraf: Setelah menentukan ide pokok, langkah selanjutnya adalah menandai informasi penting dalam setiap paragraf. Informasi ini biasanya berhubungan langsung dengan ide pokok dan membantu dalam memahami konteks lebih lanjut..

Mencocokkan informasi dengan pernyataan yang disajikan: Jika soal merupakan tipe pilihan ganda, cara mencari pernyataan yang sesuai ini sebenarnya cukup mudah karena hanya mencocokkan informasi dengan pernyataan yang disajikan.

Berlatih membaca teks-teks lain dan kemudian kemukaan sendiri pernyataan, dan selanjutnya jawab sendiri apakah itu sesuai atau tidak sesuai.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan teks

Contoh soal

Berikut adalah beberapa contoh soal pertanyaan yang sesuai dengan isi bacaan:

Bacaan: Ular merupakan jenis reptil yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai tempat. Jenis ular ada yang berbisa dan tidak berbisa. Ular berbisa biasanya membunuh mangsanya dengan bisanya tersebut. Contoh ular berbisa antara lain kobra dan welang. Sementara itu, ular yang tidak berbisa biasanya membunuh mangsa dengan melilit tubuh mangsanya tersebut. Beberapa jenis ular kerap mempunyai kebiasaan berjemur di bawah terik matahari untuk membantu mencerna makanan.

Pertanyaan:

  1. Bagaimana cara ular berbisa membunuh mangsanya?.
  2. Bagaimana cara ular tidak berbisa membunuh mangsanya?.
  3. Mengapa ular mempunyai kebiasaan berjemur di bawah terik matahari?.

Bacaan: Eceng gondok dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, eceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai. Eceng gondok dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena ditumbuhi eceng gondok terlalu banyak..

Pertanyaan:

  1. Mengapa eceng gondok dianggap sebagai gulma?.
  2. Bagaimana eceng gondok dapat menyebar?.
  3. Apa dampak dari penyebaran eceng gondok terhadap sungai?.

Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, penting untuk membaca dan memahami isi bacaan dengan baik

9. Makna istilah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah berarti kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah juga dapat berarti sebutan atau nama. Istilah dapat terbentuk dari kosakata Bahasa Indonesia, bahasa serumpun/daerah, atau bahasa asing.

Berikut adalah beberapa syarat dalam pembentukan makna istilah:

Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang memiliki makna baik (konotasi).

Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang baik untuk didengar (euphonic).

Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang dibentuk sesuai dengan aturan bahasa Indonesia.

Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang paling tepat untuk mengekspresikan konsep yang diusulkan dan tidak menyimpang dari makna ini.

Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang terpendek dari opsi yang tersedia yang memiliki tautan yang sama.

Istilah-istilah dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa serumpun, bahasa asing dan kosakata bahasa Indonesia.

Contoh soal

Tonggeret termasuk hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret mengisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.

Makna istilah herbivora dalam paragraf teserbut adalah ....

hewan yang memakan tumbuhan atau bagian tumbuhan

 


Komentar