KEGIATAN PERENCANAAN PROYEK KELOMPOK
TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”
Alokasi Waktu |
: |
10 Jam
Pelajaran |
Pendamping |
: |
Fasilitator |
Bahan Materi |
: |
Merencanakan proyek kelompok Tema 4 “Bhinneka Tunggal Ika” |
Hari / Tanggal |
: |
|
Pelaksanaan |
: |
Ruang Kelas |
1. Jam
Pelajaran Pertama
a.
Fasilitator mendampingi
kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan
murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak
lupa menanyakan kesehatan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan
pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak mereka
untuk makan pagi.
b.
Fasilitator
memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian
menyampaikan penilaian pekan kemarin, apabila ada yang masih di bawah
“Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara
tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian
“Berkembang Sesuai Harapan” (3). Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih
meningkatkan sikap toleransi antar sesama.
2. Jam
Pelajaran Kedua s.d Ketiga
Fasilitator menyampaikan gambaran
perencanaan gelar karya tema Bhinneka Tunggal Ika yang akan dilaksanakan pada hari
senin 30 Oktober 2023. Kawan murid membuat yel-yel kelas yang menggambarkan
identitas kelas dan menampilkannya didepan fasilitator. Fasilitator memberikan
penilaian.
3. Jam Pelajaran Keempat s.d. Keenam
Kawan murid secara berkelompok
mulai berdiskusi untuk merencanakan karya yang akan ditampilkan dalam perayaan.
Setiap kelompok membuat satu pakaian adat nusantara untuk tampil dalam parade
busana nusantara (Pakaian adat karya orisinil kawan murid bukan nyewa). Karya
pilihan kawan murid dapat memilih proyek pembuatan vlog/film pendek,
poster/komik boleh dibuat secara digital ataupun manual dengan tema Bhinneka
Tunggal Ika. Dalam berdiskusi kawan murid membuat gambaran kasar proyek yang
akan dibuat, alat dan bahan dan rencana anggaran yang dibutuhkan.
Selama proses
ini fasilitator mendampingi dan memberikan penilaian.
4. Jam
Pelajaran Ketujuh s.d.Kesembilan
Kawan murid mulai
mempresentasikan hasil rancangan proyeknya, setiap kelompok maju kedepan dan kelompok
lain memberikan tanggapan (saran, kritik, dan masukan).
Kawan murid mematangkan rencana proyek yang akan
dibuat bersama kelompok. Selama proses ini fasilitator mendampingi dan memberikan penilaian.
7. Jam Pelajaran Kesepuluh
Kawan
murid melakukan refleksi kegiatan. Kawan murid melakukan refleksi dengan cara
menuliskannya dibuku tulis.
Refleksi
menggunakan model 4P. Fasilitator memandu kawan murid dalam melakukan refleksi.
Fasilitator bertanya kepada kawan murid tentang Peristiwa apa saja yang dialami
oleh kawan murid selama mengikuti kegiatan P5 hari ini? Bagaimana perasaan
kawan murid selama mengikuti kegiatan P5 hari ini? Pembelajaran apa yang sudah
diperoleh kawan murid dalam mengikuti P5 hari ini? Terakhir penerapan, apa
rencana aksi/tindakan yang akan dilakukan setelah belajar dari peristiwa yang
selama kegiatan P5 hari ini?
PENILAIAN
SELAMA PROSES PENDAMPINGAN
Dimensi |
: Kreatif |
|||||||||||||||
Elemen |
: Menghasilkan
Karya dan Tindakan Orisinal |
|||||||||||||||
Sub Elemen |
: Menghasilkan
Karya dan Tindakan Orisinal |
|||||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||||
Kreatif |
Hasil
perencanaan proyek kreatif,
inovatif dan orisinil. |
Tidak
membuat
perencanaan
proyek |
Menyelesaikan
perencanaan proyek Bhinneka Tunggal Ika . |
Hasil
rancangan proyek Bhinneka Tunggal Ika menunjukkan
kreatifitas. |
Menghasilkan
rancangan proyek Bhineka Tunggal Ika kreatif , orisinil, inovatif dan
menyajikan secara jelas . |
|||||||||||
|
Dimensi |
: Bernalar Kritis |
|||||||||||||
Elemen |
: Memperoleh
dan Memproses Informasi dan Gagasan |
|||||||||||||
Sub Elemen |
: Mengidentifikasi, Mengklarifikasi, dan Mengolah
Informasi dan Gagasan |
|||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||
Bernalar
Kritis |
Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah
informasi dan gagasan |
Tidak menghasilkan
dan mempresentasikan hasil rancangan proyek |
menghasilkan dan mempresentasikan
hasil rancangan proyek |
menghasilkan dan mempresentasikan
hasil rancangan proyek lengkap sesuai informasi yang diperoleh. |
menghasilkan dan mempresentasikan
hasil rancangan proyek lengkap
informasi lengkap sesuai informasi yang diperoleh serta penuh ide gagasannya. |
|||||||||
|
Penulis : Arisatun
Komentar
Posting Komentar