KEGIATAN PERENCANAAN PROYEK KELOMPOK TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”

 KEGIATAN PERENCANAAN PROYEK KELOMPOK 

TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”



 

Alokasi Waktu

:

10 Jam Pelajaran

Pendamping

:

Fasilitator

Bahan Materi

:

Merencanakan proyek kelompok Tema 4 “Bhinneka Tunggal Ika”

Hari / Tanggal

:

 

Pelaksanaan

:

Ruang Kelas

 

1. Jam Pelajaran Pertama

a.    Fasilitator mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.

b.   Fasilitator memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian pekan kemarin, apabila ada yang masih di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian “Berkembang Sesuai Harapan” (3). Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih meningkatkan sikap toleransi antar sesama.

2. Jam Pelajaran Kedua s.d Ketiga

Fasilitator menyampaikan gambaran perencanaan gelar karya tema Bhinneka Tunggal Ika yang akan dilaksanakan pada hari senin 30 Oktober 2023. Kawan murid membuat yel-yel kelas yang menggambarkan identitas kelas dan menampilkannya didepan fasilitator. Fasilitator memberikan penilaian.

 

3. Jam Pelajaran Keempat s.d. Keenam

Kawan murid secara berkelompok mulai berdiskusi untuk merencanakan karya yang akan ditampilkan dalam perayaan. Setiap kelompok membuat satu pakaian adat nusantara untuk tampil dalam parade busana nusantara (Pakaian adat karya orisinil kawan murid bukan nyewa). Karya pilihan kawan murid dapat memilih proyek pembuatan vlog/film pendek, poster/komik boleh dibuat secara digital ataupun manual dengan tema Bhinneka Tunggal Ika. Dalam berdiskusi kawan murid membuat gambaran kasar proyek yang akan dibuat, alat dan bahan dan rencana anggaran yang dibutuhkan.  

Selama proses ini fasilitator mendampingi dan memberikan penilaian.

 

4. Jam Pelajaran Ketujuh s.d.Kesembilan

Kawan murid mulai mempresentasikan hasil rancangan proyeknya, setiap kelompok maju kedepan dan kelompok lain memberikan tanggapan (saran, kritik, dan masukan).

Kawan murid mematangkan rencana proyek yang akan dibuat bersama kelompok. Selama proses ini fasilitator mendampingi dan memberikan penilaian.

 

7. Jam Pelajaran Kesepuluh

Kawan murid melakukan refleksi kegiatan. Kawan murid melakukan refleksi dengan cara menuliskannya dibuku tulis.

Refleksi menggunakan model 4P. Fasilitator memandu kawan murid dalam melakukan refleksi. Fasilitator bertanya kepada kawan murid tentang Peristiwa apa saja yang dialami oleh kawan murid selama mengikuti kegiatan P5 hari ini? Bagaimana perasaan kawan murid selama mengikuti kegiatan P5 hari ini? Pembelajaran apa yang sudah diperoleh kawan murid dalam mengikuti P5 hari ini? Terakhir penerapan, apa rencana aksi/tindakan yang akan dilakukan setelah belajar dari peristiwa yang selama kegiatan P5 hari ini?

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

Dimensi

: Kreatif

Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

Sub Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Kreatif

Hasil perencanaan proyek kreatif,  inovatif  dan orisinil.

Tidak membuat perencanaan proyek

Menyelesaikan perencanaan proyek Bhinneka Tunggal Ika  .

Hasil rancangan proyek Bhinneka Tunggal Ika menunjukkan kreatifitas.

Menghasilkan rancangan proyek Bhineka Tunggal Ika kreatif , orisinil, inovatif dan menyajikan secara jelas .

 

 

Dimensi

: Bernalar Kritis

Elemen

: Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan

Sub Elemen

: Mengidentifikasi, Mengklarifikasi, dan Mengolah Informasi dan Gagasan

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai

Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Bernalar Kritis

Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Tidak menghasilkan dan mempresentasikan hasil rancangan proyek

menghasilkan dan mempresentasikan hasil rancangan proyek

 menghasilkan dan mempresentasikan hasil rancangan proyek  lengkap sesuai informasi yang diperoleh.

menghasilkan dan mempresentasikan hasil rancangan proyek lengkap informasi lengkap sesuai informasi yang diperoleh serta penuh ide gagasannya.

 

 

 

 

Rounded Rectangle: Catatan Anekdot :
 

 

Penulis : Arisatun

 

 

 

 

 

Komentar