GELAR KARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA 4 BHINNEKA TUNGGAL IKA

GELAR KARYA P5 TEMA 4 “BHINNEKA TUNGGAL IKA”







 

Alokasi Waktu

:

10 jam pelajaran

Pembicara

:

Fasilitator

Bahan Materi

:

Hasil karya kawan murid dalam kegiatan P5 Tema 4 “Bhinneka Tunggal Ika”

Peran Guru

:

Fasilitator

Hari / Tanggal

:

 

Pelaksanaan

:

 

 

Jam Pelajaran pertama sampai kesepuluh

1.   Fasilitator mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan, perasaan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi, beri kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.

2.   Fasilitator memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian minimal “Berkembang Sesuai Harapan” (3).  Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab akan tugas dan perannya masing-masing.

3.   Kawan murid menyiapkan tempat untuk pelaksanaan gelar karya. Setting panggung dan tempat untuk orang tua dan tamu undangan.

4.   Kawan murid dengan didampingi fasilitator melaksanaan pembukaan pelaksanaan gelar karya. Kawan murid menampilkan hasil karya selama kegiatan P5 dipanggung utama. Kawan murid mendampingi orang tua dan tamu undangan untuk melihat stand-stand kelas dengan memberikan ucapa selamat datang dan penjelasan singkat mengenai karya-karya yang ditampilkan dalam stand.

5.   Orang tua dan tamu undangan menikmati penyajian karya yang dihasilkan oleh kawan murid selama kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila tema bhinneka tunggal ika di lapangan basket SMA Negeri 1 Kutasari.

6.   Selama proses ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian terhadap kawan murid

7.   Setelah rangkaian acara gelar karya selesai kawan murid beristirahat kurang lebih satu jam pelajaran.

8.   Kawan murid membereskan dan membersihkan stand kelas masing-masing serta mengembalikan panggung, matras, dan meja kursi yang digunakan dalam kegiatan gelar karya di lapangan basket.

9.   Selama kegiatan ini fasilitator melakukan pendampingan dan penilaian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

Dimensi

: Kreatif

 

 

Elemen

: Menghasilkan gagasan yang Orisinal

 

Sub Elemen

: Menghasilkan gagasan yang Orisinal

 

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

 

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

 

 

 

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinil

Membuat karya secara sederhana

Membuat karya sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan dengan menarik dan bagus.

Membuat karya sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan dengan menarik dan bagus serta mengandung tema bhinneka tunggal ika

Membuat karya sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan dengan menarik dan bagus serta mengandung tema bhinneka tunggal ika dari hasil pikir orisinil.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dimensi

: Bergotong Royong

Elemen

: Kolaborasi

Sub Elemen

: Kerjasama

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai

Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Bergotong Royong

Kerjasama

Belum dapat berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok

Sudah dapat berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok

Mampu memberikan kontribusi kepada kelompok

Mampu memimpin kelompoknya secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas

 

 

Catatan Anekdot :

 penulis : Arisatun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar