Gagasan Utama Paragraf

Gagasan Utama Paragraf 

Gagasan utama atau gagasan pokok adalah pernyataan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan³. Gagasan utama biasanya terletak pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal dan akhir paragraf³. Gagasan utama adalah ide inti atau pokok dari sebuah tulisan dan paragraf⁴. Ide pokok ini berisi permasalahan yang penting untuk dibahas dan dijelaskan⁴. Dengan adanya gagasan utama, pembaca dapat dengan mudah memahami inti bacaan⁴.

Berikut adalah ciri-ciri gagasan utama¹:

1. Terdiri atas satu kalimat utuh yang berdiri sendiri.

2. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.

3. Tersusun atas topik permasalahan utama yang diperjelas lebih lanjut.

4. Memiliki kalimat yang jelas tanpa dihubungkan kalimat lain.

5. Gagasan utama yang berada di akhir paragraf, umumnya ditandai dengan kata oleh karena itu, kesimpulannya, oleh sebab itu, dan dengan demikian¹.

Untuk menentukan gagasan utama, kita harus menemukan terlebih dahulu kalimat utama. Kemudian menemukan kalimat penjelas¹. Anda dapat menyimpulkan gagasan utama sebuah paragraf dengan terlebih dahulu menentukan kalimat utama. Kalimat utama biasanya bersifat lebih umum dan memiliki kalimat penjelas³.

 

Sumber:

(1) Pengertian Gagasan Utama dan Cara Mudah Menemukannya dalam Sebuah Paragraf. https://www.abimuda.com/pengertian-gagasan-utama-dan-cara-mudah-menemukannya-dalam-sebuah-paragraf/.

(2) 2 Cara Cepat Menemukan Gagasan Utama/Pokok dalam Paragraf. https://mamikos.com/info/cara-cepat-menemukan-gagasan-utama-pokok-paragraf/.

(3) Gagasan Utama: Pengertian, Ciri, dan Letaknya - Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/06/080000069/gagasan-utama--pengertian-ciri-dan-letaknya.

(4) . https://bing.com/search?q=pengertian+gagasan+utama+paragraf.

(5) Pengertian Gagasan Pokok, Cara Menemukan, Ciri, dan Contohnya - detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5805096/pengertian-gagasan-pokok-cara-menemukan-ciri-dan-contohnya.

(6) undefined. https://studioliterasi.com/gagasan-utama/. 

Komentar