CONTOH MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KEGIATAN PELATIHAN TATA KECANTIKAN DAN PEMBUATAN BUSANA NUSANTARA TEMA EMPAT

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KEGIATAN PELATIHAN TATA KECANTIKAN  DAN PEMBUATAN BUSANA NUSANTARA TEMA EMPAT 

 

Alokasi Waktu

:

10 Jam Pelajaran

Pembicara

:

 

Bahan Materi

:

 

Peran Guru

:

Fasilitator

Hari / Tanggal

:

 

Pelaksanaan

:

 

 

1. Jam Pelajaran Pertama s.d. Kedua

a.    Fasilitator mendampingi kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak lupa menanyakan kesehatan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak mereka untuk makan pagi.

b.   Fasilitator memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di dalamnya. Kemudian menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih di bawah “Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian “Berkembang Sesuai Harapan” (3). Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih meningkatkan sikap toleransi antar sesama.

c.    Fasilitator menanyakan dan mengecek perlengkapan yang dibutuhkan oleh setiap kelompok untuk mengikuti kegiatan pelatihan tata kecantikan dan pembuatan busana nusantara pada hari ini.

d.   Fasilitator mendampingi kawan murid menuju ke aula untuk mengikuti kegiatan pelatihan tata kecantikan dan pembuatan busana nusantara. Selain itu fasilitator juga mendampingi selama kegiatan berlangsung.

 

 

2. Jam Pelajaran Ketiga

Kawan murid mengikuti dan mendengarkan materi dari narasumber tentang berbagai ragam tata kecantikan dan busana Nusantara

 

3. Istirahat ke -1

 

4. Jam Pelajaran Keempat s.d. Keenam

Kawan murid secara berkelompok mulai berlatih langsung tata kecantikan dengan mengikuti arahan dari narasumber, dan dengan didampingi oleh fasilitator

 

5. Istirahat ke- 2 (11.50 – 12.30 WIB )

 

6. Jam Pelajaran Ketujuh s.d.Kedelapan (12.30- 14.00 WIB)

Secara kelompok Kawan murid belajar membuat ikat kepala bagian dari busana Nusantara dan membuat konsep busana adat yang akan digunakan pada saat perayaan.

 

 

 

7. Jam Pelajaran Kesembilan s.d. Kesepuluh (14.00 – 15.30 WIB)

Setelah kegiatan pelatihan tata kecantikan dan pembuatan busana nusantara selesai kawan murid kembali ke kelas masing masing untuk melakukan presentasi hasil desain tata busana perwakilan setiap kelompoknya bergantian maju kedepan . Setiap kelompok diberikan waktu 10 menit. Setelah selesai presentasi Fasilitator mengajak kawan murid untuk melakukan evaluasi dan refleksi kegiatan pada hari ini.

 

 

PENILAIAN SELAMA PROSES PENDAMPINGAN

Dimensi

: Kreatif

Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

 

Sub Elemen

: Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

 

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

 

 

 

Kreatif

Hasil karya berupa kreatifitas mengenakan serta mendesain busana dan tata kecantikan nusantara

Tidak membuat desain busana Nusantara dan tata kecantikan nusantara

Menyelesaikan pembuatan desain tata busana dan tata kecantikan nusantara

Karya tata busana dan kecantikan menunjukkan kreatif

Menghasilkan dan menyajikan inovasi tata busana dan kecantikan (sangat kreatif)

 

 

 

Dimensi

: Bernalar Kritis

Elemen

: Memperoleh dan Memproses Informasi dan Gagasan

Sub Elemen

: Mengidentifikasi, Mengklarifikasi, dan Mengolah Informasi dan Gagasan

No.

NIS

Nama Siswa

L/P

Profil Pelajar Pancasila

Aspek Yang Dinilai

Penilaian

Skor

Belum Berkembang

(1)

Mulai Berkembang

(2)

Berkembang Sesuai

Harapan

(3)

Sangat Berkembang

(4)

Bernalar Kritis

Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Tidak memperhatikan penjelasan narasumber.

Memperhatikan penjelasan dari narasumber.

Memperhatikan penjelasan dan mencatat informasi yang didapat dari narasumber.

Memperhatikan, mencatat informasi serta mengajukan pertanyaan.

 

 

 

Rounded Rectangle: Catatan Anekdot : 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 PENULIS : ARISATUN

 

 

 

 

 

 



Komentar