CONTOH MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KEGIATAN PELATIHAN TATA KECANTIKAN DAN PEMBUATAN BUSANA NUSANTARA TEMA EMPAT
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KEGIATAN PELATIHAN TATA KECANTIKAN DAN PEMBUATAN BUSANA NUSANTARA TEMA EMPAT
Alokasi Waktu |
: |
10 Jam
Pelajaran |
Pembicara |
: |
|
Bahan Materi |
: |
|
Peran Guru |
: |
Fasilitator |
Hari / Tanggal |
: |
|
Pelaksanaan |
: |
|
1. Jam
Pelajaran Pertama s.d. Kedua
a.
Fasilitator mendampingi
kawan murid menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian meminta salah satu kawan
murid memimpin berdoa. Menanyakan apakah ada yang tidak hadir pagi ini. Tidak
lupa menanyakan kesehatan kawan murid dan juga menanyakan apakah sudah makan
pagi? Sebaiknya bila belum makan pagi beri kesempatan waktu sejenak mereka
untuk makan pagi.
b.
Fasilitator
memeriksa jurnal harian kawan murid dan tidak lupa memberikan paraf di
dalamnya. Kemudian
menyampaikan penilaian hari kemarin, apabila ada yang masih di bawah
“Berkembang Sesuai Harapan” (3), fasilitator memberikan bimbingan secara
tersendiri supaya pada hari ini kawan murid dapat mencapai penilaian
“Berkembang Sesuai Harapan” (3). Fasilitator memberikan motivasi kepada kawan murid supaya lebih
meningkatkan sikap toleransi antar sesama.
c.
Fasilitator
menanyakan dan mengecek perlengkapan yang dibutuhkan oleh setiap kelompok untuk
mengikuti kegiatan pelatihan tata kecantikan dan pembuatan busana nusantara
pada hari ini.
d.
Fasilitator
mendampingi kawan murid menuju ke aula untuk mengikuti kegiatan pelatihan tata
kecantikan dan pembuatan busana nusantara. Selain itu
fasilitator juga mendampingi selama kegiatan berlangsung.
2. Jam
Pelajaran Ketiga
Kawan murid mengikuti dan mendengarkan materi dari narasumber tentang
berbagai ragam tata
kecantikan dan busana Nusantara
3. Istirahat ke -1
4. Jam Pelajaran Keempat s.d. Keenam
Kawan murid secara berkelompok mulai berlatih langsung tata kecantikan dengan mengikuti arahan dari
narasumber, dan dengan didampingi oleh fasilitator
5. Istirahat ke- 2
(11.50 – 12.30 WIB )
6. Jam
Pelajaran Ketujuh s.d.Kedelapan
(12.30- 14.00 WIB)
Secara kelompok Kawan murid belajar membuat ikat kepala bagian dari busana Nusantara dan membuat konsep busana adat yang akan digunakan
pada saat perayaan.
7. Jam Pelajaran Kesembilan s.d. Kesepuluh (14.00 – 15.30 WIB)
Setelah kegiatan pelatihan tata kecantikan dan pembuatan busana
nusantara selesai kawan
murid kembali ke kelas masing masing untuk melakukan presentasi hasil desain
tata busana perwakilan setiap kelompoknya bergantian maju kedepan . Setiap
kelompok diberikan waktu 10 menit. Setelah selesai presentasi Fasilitator
mengajak kawan murid untuk melakukan evaluasi dan refleksi kegiatan pada hari
ini.
PENILAIAN
SELAMA PROSES PENDAMPINGAN
Dimensi |
: Kreatif |
||||||||||||||||
Elemen |
: Menghasilkan
Karya dan Tindakan Orisinal |
|
|||||||||||||||
Sub Elemen |
: Menghasilkan
Karya dan Tindakan Orisinal |
||||||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|
|||||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|
|||||||||||||
|
|||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
Kreatif |
Hasil
karya berupa kreatifitas mengenakan serta mendesain busana dan tata
kecantikan nusantara |
Tidak
membuat desain busana Nusantara dan tata kecantikan nusantara |
Menyelesaikan
pembuatan desain tata busana dan tata kecantikan nusantara |
Karya
tata busana dan kecantikan menunjukkan kreatif |
Menghasilkan
dan menyajikan inovasi tata busana dan kecantikan (sangat kreatif) |
|
|||||||||||
|
Dimensi |
: Bernalar Kritis |
|||||||||||||
Elemen |
: Memperoleh
dan Memproses Informasi dan Gagasan |
|||||||||||||
Sub Elemen |
: Mengidentifikasi, Mengklarifikasi, dan Mengolah
Informasi dan Gagasan |
|||||||||||||
No. |
NIS |
Nama Siswa |
L/P |
Profil Pelajar Pancasila |
Aspek Yang Dinilai |
Penilaian |
Skor |
|||||||
Belum Berkembang (1) |
Mulai Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
|||||||||||
Bernalar
Kritis |
Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah
informasi dan gagasan |
Tidak memperhatikan penjelasan
narasumber. |
Memperhatikan penjelasan dari
narasumber. |
Memperhatikan penjelasan dan mencatat
informasi yang didapat dari narasumber. |
Memperhatikan, mencatat informasi
serta mengajukan pertanyaan. |
|||||||||
|
Komentar
Posting Komentar