PENGERTIAN, FUNGSI, TUJUAN, DAN STRUKTUR OSIS
Secara sistematis di dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS.
OSIS adalah Organisasi Intra Sekolah. Masing-masing kata mempunyai pengertian :
a.
Organisasi
Secara
umum adalah kelompok kerjasama anatara pribadi yang diadakan untuk mencapai
tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan sebagai satuan atau
kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan
bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan
b.
Siswa, adalah peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah
c.
Intra, berarti terletak di dalam dan di antara. Sehingga suatu organisasi siswa
yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan
d. Sekolah adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, yang dalam hal ini Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah atau Sekolah/Madrasah yang sederajat
a. Secara
Organis
OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.
b. Secara
Fungsional
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya dibidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping ketiga jalur yang lain yaitu : latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan Wiyatamandala.
c. Secara
Sistemik
Apabila
OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan
berkelompok siswa yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, dimana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan.
Oleh
karena OSIS Sebagai suatu sistem ditandai beberapa cirri pokok, yaitu :
a.
Berorientasi pada tujuan
b.
Memiliki susunan kehidupan berkelompok
c.
Memiliki sejumlah peranan
d.
Terkoordinasi
e.
Berkelanjutan dalam waktu tertentu
2. Fungsi OSIS
Salah
satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian
pula OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai
tujuan.
Sebagai
salah satu jalur dari pembinaan kesiswaan,fungsi OSIS adalah :
1.
Sebagai Wadah
Organisasi
Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah
bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan
kesiswaan.
2.
Sebagai Motivator
Motivator
adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa
untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.
3.
Sebagai Preventif
Apabila
fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan
sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan
lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan
sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari
segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungis preventif OSIS akan
terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat
diwujudkan
3. Tujuan
OSIS
Setiap organisasi selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan OSIS ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain :
1.
Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa
2.
Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil
keputusan yang tepat
3.
Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek
kemajuan budaya bangsa
4.
Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era
globalisasi
5.
Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama
secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
6.
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic,
budaya dan intelektual
7.
Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
Perangkat
OSIS
Perangkat
OSIS terdiri dari Pembina OSIS, perwakilan kelas, dan pengurus OSIS
1.
Pembina OSIS
Pembina
OSIS terdiri dari :
1)
Kepala Sekolah, sebagai Ketua
2) Wakil
Kepala Sekolah, sebagai Wakil Ketua
3) Guru,
sebagai anggota, sedikitnya 5 (lima) orang dan bergantian setiap tahun
pelajaran
Rincian
Tugas Pembina OSIS:
1)
Bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan OSIS di
sekolahnya;
2)
Memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus;
3)
Mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;
4)
Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;
5)
Menghadiri rapat-rapat OSIS
6)
Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS
1.
Perwakilan Kelas
Terdiri atas 2 (dua) orang dari
setiap kelas ;
Rincian
Tugasnya yaitu:
1)
Mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas ;
2)
Mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS;
3)
Mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil rapat kelas ;
4)
Memilih pengurus OSIS dari daftar calon yang telah disiapkan ;
5)
Menilai laporan pertanggung jawaban pengurus OSIS pada akhir tahun jabatannya;
6)
Mempertanggung jawabkan segala tugas kepada Kepala Sekolah selaku Ketua Pembina
;
7)
Bersama- sama pengurus menyusun Anggaran Rumah Tangga.
2.
Pengurus OSIS
a.
Syarat Pengurus OSIS
1) Taqwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2)
Memiliki budi pekerti yang baik dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan
teman
3)
Memiliki bakat sebagai pemimpin
4) Tidak
terlibat penggunaan Narkoba
5)
Memiliki kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
6) Dapat
mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, sehingga pelajarannya tidak terganggu
karena menjadi pengurus OSIS
7)
Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
8) Tidak
duduk dikelas terakhir, karena akan menghadapi ujian akhir
9)
Syarat lain disesuaikan dengan ketentuan sekolah.
b.
Kewajiban Pengurus
1)
Menyusun dan melaksanakan program kerja sesuai dengan Anggran Dasar dan Anggaran
Rumah Tangga OSIS
2)
Selalu menjunjung tinggi nama baik, kehormatan, dan martabat sekolahnya
3)
Kepemimpinan pengurus OSIS bersifat kolektif
4)
Menyampaikan laporan pertanggung jawaban kepada Pembina OSIS dan tembusannya
kepada Perwakilan Kelas pada akhir masa jabatannya
5)
Selalu berkonsultasi dengan Pembina
c.
Struktur dan Rincian Tugas Pengurus
1) Ketua
a)
Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana
b)
Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan
c)
Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat
kepengurusan
d)
Memimpin rapat
e)
Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan
mufakat
f)
Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan
2) Wakil
Ketua
a)
Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan
b)
Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan
c)
Menggantikan ketua jika berhalangan
d)
Membantu ketua dalam melaksanakan tugasnya
e)
Bertanggung jawab kepada ketua
f) Wakil
ketua bersama dengan wakil sekretaris mengkoordinasikan seksi-seksi
3)
Sekretaris
a)
Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan
b)
Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat
c)
Menyiarkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan
dengan pelaksanaan kegiatan
d)
Menyiapkan laporan, surat, hasil rapat dan evaluasi kegiatan
e)
Bersama ketua menandatangani setiap surat
f)
Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi
g)
Bertindak sebagai notulis dalam rapat, atau diserahkan kepada wakil sekretaris
4) Wakil
Sekretaris
a) Aktif
membantu pelaksanaan tugas sekretaris
b)
Menggantikan sekretaris jika sekretaris berhalangan
c) Wakil
sekretaris membantu wakil ketua mengkoordinir seksi-seksi
5)
Bendahara dan Wakil Bendahara
a)
Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan pengeluaran uang/biaya yang
diperlukan
b)
Membuat tanda bukti kwitansi setiap pemasukan pengeluaran uang untu pertanggung
jawaban
c)
Bertanggung jawab atas inventaris dan perbendaharaan
d)
Menyampaikan laporan keuangan secara berkala
6) Ketua
Seksi
a)
Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan seksi yang menjadi tanggung jawabnya
b)
Melaksanakan kegiatan seksi yang diprogramkan
c)
Memimpin rapat seksi
d)
Menetapkan kebijaksanaan seksi dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah
dan mufakat
e)
Menyampaikan laporan, pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan seksi kepada
Ketua melalui Koordinator
d. Pokok
– pokok kegiatan Seksi
1) Seksi
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, antara lain :
a) Melaksanakan
ibadah sesuai dengan ketentuan agama masing-masing
b)
Memperingati hari-hari besar agama
c)
Mengadakan kegiatan limba yang bersifat keagamaan
d)
Pengabdian sosial masyarakat
e)
Pelaksanaan seni bernafaskan agama
f)
Kegiatan lainnya
2) Seksi
Wawasan Keilmuan, antara lain :
a)
Membentuk klub Fisika
b)
Membentuk klub Kimia
c)
Membentuk klub Biologi
d)
Membentuk klub Matematika
e)
Membentuk klub Astronomi
f)
Membentuk klub Ekonomi
g)
Membentuk klub Informatika/Komputer
h)
Kegiatan lainnya
3) Seksi
Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme, antara lain :
a)
Melaksanakan upacara bendera pada setiap hari Senin, serta hari-hari besar
Nasional
b)
Melaksanakan bakti sosial
c) Kemah
kerja siswa
d)
Memelihara kelestarian dan keindahan lingkungan sekolah
e)
Kegiatan lainnya
4) Seksi
Kepribadian Budi Pekerti dan Kehidupan berbangsa, antara lain :
a)
Penerapan tata tertib sekolah
b)
Penerapan sopan santun
c)
Pencegahan dampak Narkoba
d)
Melaksanakan tata krama siswa
e)
Kegiatan lainnya
5) Seksi
Keterampilan dan Kewirausahaan, antara lain :
a)
Membentuk koperasi siswa
b)
Membentuk UKS
c)
Keterampilan menciptakan suatu barang menjadi sempurna
d)
Keterampilan di bidang mekanik, pertanian, atau pertukangan
e)
Kegiatan lainnya
6) Seksi
Organisasi Kepemimpinan dan Demokrasi, antara lain :
a)
Melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan
b)
Membentuk Palang Merah Remaja
c)
Membentuk jurnalistik pelajar
d)
Menyelenggarakan forum diskusi
e)
Membentuk klub debat
f)
Kegiatan lainnya
7) Seksi
Apresiasi Seni Budaya dan Daya Kreasi, antara lain :
a)
Membentuk sanggar seni
b)
Membentuk Vokal grup
c)
Menyelenggrakan pentas seni musik, drama, tari
d)
Mengadakan kegiatan fotografi
e)
Kegiatan lainnya
8) Seksi
Olahraga dan Kesehatan, antara lain :
a)
Membentuk klub atletik
b)
Menyelenggarakan klub voly, basket, sepak bola, bridge
c)
Membentuk klub-klub olahraga tradisional
d)
Kegiatan lainnya
Pokok –
pokok kegiatan seksi tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan situasi dan
kondisi daerah dan sekolah masing-masing.
Komentar
Posting Komentar