Media Pembelajaran Berbasis AI

 Media Pembelajaran Berbasis AI 


AI sebenarnya merupakan bidang Ilmu Komputer yang konsen dalam pemecahan masalah kognitif atau terkait tentang kecerdasan manusia, seperti pemecahan masalah, dan pengenalan pola [1]. Kemampuan yang seolah-olah seperti kecerdasan manusia ini dikontrol oleh sistem yang dikendalikan robot atau komputer [2].  Bentuk AI di kehidupan sehari-hari ini sangat variatif dan terus mengalami updatting. Aplikasi AI dapat berupa mesin pencari web tingkat lanjut, Mobil Mengemudi Otomatis, Game, Pengenalan Suara Manusia, Sistem Rekomendasi, Perawatan Kesehatan, dll [3]. AI juga dapat diaplikasikan di bidang teknik dan kebumian, misalnya untuk menentukan zona kerentanan longsor yang dikolaborasikan dengan GIS [4]. AI dewasa ini mengkolaborasikan berbagai teknologi, seperti machine learning, deep learning, natural language processing, robotics, expert system, dan fuzzy logic untuk menyelesaikan banyak permasalahan. Mulai permasalahan yang kompleks, yang bahkan tidak familiar didengar orang hingga lifehack sehari-hari.

Berikut kami sajikan beberapa aplikasi yang penunjang pembelajaran. 

1.  ChatGPT



ChatGPT merupakan GPT berupa chatbot yang dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diinput melalui kolom chat. GPT merupakan singkatan dari Generative Pre-training Transformer, yang secara harfiah berarti pengubah atau transformator yang telah terlatih dan bersifat generatif. ChatGPT merupakan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan menggunakan bahasa yang alami dan mudah dipahami dalam percakapan. Teknologi tersebut dirilis oleh perusahaan Amerika, Open AI pada tanggal 30 November 2022. Model tersebut dapat memahami dan merespons input pengguna dengan cara yang meniru percakapan manusia, sehingga interaksi menjadi lebih alami dan menarik. Selain itu, ChatGPT dapat menghasilkan teks dalam berbagai gaya dan format, seperti artikel berita, surel, dan puisi, sehingga menjadi teknologi yang serbaguna dan berguna untuk berbagai aplikasi. [5]. ChatGPT juga mampu memberikan jawaban yang sesuai meskipun ada beberapa kesalahan penulisan kosakata. Selain itu, ChatGPT dapat meregenerasi respon, sehingga memiliki variasi jawaban pada setiap input chat.

Akses Chat GPT https://chat.openai.com/


2. Perplexity



Perplexity merupakan salah satu teknologi berbasis AI atau kecerdasan buatan. Cara kerjanya sama dengan search engine atau mesin pencari di internet, namun berbentuk chatbot dan berbasis teknologi kecerdasan buatan. Dengan menggunakan AI ini, para penggunanya bisa mencari informasi dari berbagai topik pembahasan hanya dengan sekali klik. Setelah mengetik pertanyaan, maka Perplexity AI akan memberikan jawaban yang sesuai dengan instruksinya.

Akses Perplexity : https://www.perplexity.ai/

3. CANVA



Diluncurkan tahun 2013, Canva adalah platform desain dan komunikasi visual online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Tujuan kami adalah menciptakan platform paling tepercaya di dunia, dan kepercayaan Anda adalah inti dari semua yang kami lakukan. Produk, kebijakan, proses, dan sistem kami dirancang untuk melindungi Anda, hak-hak Anda, dan data Anda; menciptakan tempat yang aman bagi Anda untuk mendesain apa pun dan mempublikasikannya di mana saja. https://www.canva.com/


Komentar