ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Kutasari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Fase : E
Tahun Pelajaran : 2023/2024
Rasional
Capaian
Pembelajaran (CP) |
|||||
Elemen/CP |
Tujuan Pembelajaran |
Perkiraa n Jumlah Jam |
Kata/Frasa
Kunci, Topik/Konten,
dan Penjelasan
Singkat |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
Peserta didik mampu mengevaluasi dan
mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi)
dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. |
10.1 Mengevaluasi informasi yang tidak
akurat dan bias dalam monolog berupa paparan laporan hasil observasi dengan
kritis dan reflektif |
4
jp |
· Kata/frasa kunci: Toraks
Abdomen, Predator polifagus, Membran · Topik/konten inti:
Akurasi informasi dalam laporan hasil observasi, Struktur
laporan hasil observasi ·
Penjelasan singkat: fokus pembelajaran mengevaluasi dan menganalisis laporan
hasil observasi |
Bernalar kritis, yang ditunjukkan
melalui menganalisis laporan hasil observasi |
|
10.2 Memahami dan menganalisis gagasan
dalam paparan laporan hasil observasi dengan kritis dan reflektif |
|
|
|||
Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa
gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks,
misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan
diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat
dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk
mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data
serta membandingkan isi teks |
10.3 Menemukan makna tersurat dan
tersirat pada teks laporan |
6 jp |
· Kata/frasa kunci: Noktur nal, Tungkai · Topik/konten inti: Kata-kata khusus, Fakta
dan opini · Penjelasan singkat: fokus pembelajaran memahami informasi dan menilai
teks laporan hasil observasi menggunakan
informasi teks eksplanasi sebagai pembanding |
Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis laporan
hasil observasi |
|
|
|
||||
|
|
||||
Menulis Peserta didik mampu menulis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan
secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau
fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks
fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke
teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan
hasil tulisan di media cetak maupun digital. |
10. 6. Menulis
gagasan dalam bentuk laporan hasil observasi secara logis dan etis. |
4 jp |
· Kata/frasa kunci: kopula · Topik/konten inti: Kalimat definisi dan kalimat deskripsi, Imbuhan
di-, Penulisan kutipan tidak langsung, Sistematika laporan hasil observasi · Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menulis informasi dalam bentuk
laporan hasil observasi |
Kreatif,
yang ditunjukkan melalui menulis laporan hasil observasi |
|
|
|
|
|||
Berbicara dan Mempresentasikan Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah,
dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara
logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan
sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik
berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi,
melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu
mengungkapkan simpati, empati, peduli,
perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan
nonfiksi multimodal. |
10.8 Mempresentasikan laporan hasil
observasi multimodal |
4 jp |
·
Kata/frasa
kunci: intonasi, tempo ·
Topik/konten
inti: Pengaturan intonasi dalam presentasi ·
Penjelasan
singkat: fokus pembelajaran mempresentasikan laporan hasil observasi |
Kreatif, yang ditunjukkan
melalui presentasi laporan hasil observasi |
|
10.9 Menyesuaikan intonasi dan metode
presentasi dengan perhatian atau minat pendengarnya. |
|
|
|||
Peserta didik
mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran,
perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai
jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar
wicara. |
10.10 Mengevaluasi gagasan dan pesan pada teks monolog berupa
lawakan tunggal |
4 jp |
· Kata/frasa kunci: Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Reaksi, Krisis · Topik/konten inti: Pesan tersurat dan
tersirat, Struktur teks anekdot · Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menyimak anekdot |
Bernalar kritis, yang
ditunjukkan melalui menganalisis teks anekdot |
|
10.11 Memahami dan menganalisis gagasan dalam teks anekdot
dengan kritis dan reflektif. |
|
|
|||
Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa
gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks,
misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan
diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat
dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk
mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data
serta membandingkan isi teks |
|
4 jp |
· Kata/frasa kunci: Fakta, Opini, Asumsi, Berita, Eksposisi · Topik/konten inti: Nilai dalam teks anekdot, Fakta dan opini
dalam teks anekdot, Pertanyaan
retoris, Majas sindiran, Kata kerja material · Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menginterpretasi dan menggunakan
kaidah bahasa dalam menyampaikan kritik |
Bernalar kritis, yang
ditunjukkan melalui menganalisis teks anekdot |
|
10.13 Menggunakan sumber lain untuk
menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan dengan isi teks. |
|
|
|||
Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan
atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif
dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis
teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta
didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi
kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun
digital. |
10.14 Menulis teks eksposisi hasil penelitian sebagai sumber
dalam menyampaikan kritik sosial |
6 jp |
· Kata/frasa kunci: survey, responden · Topik/konten inti: Kritik berbasis data, Penelitian sederhana,
Struktur teks eksposisi, Komik potongan (comic strip) · Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menulis teks eksposisi hasil
penelitian sederhana sebagai sumber penyampaian kritik dan menulis teks
anekdot |
Kreatif, yang ditunjukkan
melalui anekdot untuk menyampaikan kririk |
|
10.15 Mengalihwahanakan satu teks ke
teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif |
|
|
|||
10.16 Menerbitkan hasil tulisan di media
cetak maupun digital. |
|
|
|||
Berbicara dan Mempresentasikan Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah,
dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara
logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan
sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi
lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan
tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli,
perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan
nonfiksi multimodal. |
|
4 jp |
· Kata/frasa kunci: Set up, Punch, Bit, Rule of three · Topik/konten inti: Konsep lawakan tunggal, Kesantunan dalam
menyampaikan pendapat · Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menampilkan lawakan tunggal
(stand up comedy) |
Kreatif, yang ditunjukkan melalui anekdot untuk menyampaikan
kririk |
|
10.18 Mengkreasi ungkapan sesuai dengan
norma kesopanan dalam berkomunikasi |
|
|
|||
Menyimak Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa
gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari
menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. |
10.19 Memahami dan menganalisis pesan dalam teks narasi yang
dibacakan |
4 jp |
·
Kata/frasa
kunci: Sebermula, hubaya-hubaya, hatta, apatah, ·
Topik/konten
inti: ide pokok dan ide rinci, kata arkais ·
Penjelasan
singkat: fokus pembelajaran menyimak dan menganalisis pesan teks hikayat |
Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis teks
hikayat |
|
Membaca dan Memirsa Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa
gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks,
misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan
diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat
dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk
mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data
serta membandingkan isi teks |
10.20 Membaca untuk menilai dan mengkritisi karakterisasi dan
plot pada hikayat dan cerpen serta mengaitkannya dengan nilai-nilai kehidupan
yang berlaku pada masa lalu dan sekarang. |
4 jp |
· Kata/frasa kunci: plot, nilai, konjungsi, majas · Topik/konten inti: Karakterisasi pada hikayat dan cerpen, Plot pada
hikayat dan cerpen, Nilai- nilai
yang terkandung dalam hikayat,
konjungsi urutan waktu, majas · Penjelasan singkat: fokus pembelajaran mengaitkan
hikayat dan cerpen dengan nilai kehidupan dan memahami kaidah bahasa |
Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis teks
hikayat dan cerpen |
|
10.21 Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan
terhadap nilai yang terkandung dalam teks narasi |
|
|
|||
Menulis Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan
atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif
dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis
teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta
didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi
kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun
digital. |
10.22 Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk
teks fiksi |
6 jp |
·
Kata/frasa
kunci: teks fiksi ·
Topik/konten
inti: peta konsep ·
Penjelasan
singkat: fokus pembelajaran menulis teks fiksi |
Kreatif, yang ditunjukkan melalui menulis cerita fiksi |
|
10.23 Menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital |
|
|
|||
Berbicara dan Mempresentasikan Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah,
dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara
logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan
sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik
berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi,
melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu
mengungkapkan simpati, empati, peduli,
perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan
nonfiksi multimodal. |
10.24 Menyajikan teks narasi dalam bentuk monolog berbantuan
media secara runtut dan kreatif |
2 jp |
·
Kata/frasa
kunci: monolog ·
Topik/konten
inti: sistematika penyajian cerita lisan ·
Penjelasan
singkat: fokus pembelajaran menyajikan teks narasi dalam bentuk monolog |
Kreatif, yang ditunjukkan melalui monolog cerita fiksi |
|
Kutasari, Juli 2023
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Kurnianingsih,
S.Pd. Aji Dwi Pratikno, S.Pd
NIP 19700219 199201 2002 NIP
Komentar
Posting Komentar