ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X

 

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                 :  SMAN 1 Kutasari

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas                                          :  X

Semester                                  : 1

Fase                                           : E

Tahun Pelajaran                      : 2023/2024

Rasional

Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Tujuan pembelajaran adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, yang menjadi prasyarat untuk dapat mencapai “Capaian Pembelajaran”.  Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari. Alur dan tujuan pembelajaran ini disusun untuk capaian pembelajaran fase E yang telah ditetapkan dengan memperhatikan perkembangan tingkat kemampuan berpikir peserta didik. Pada fase ini siswa dilatih untuk berpikir kritis, analitis, reflektif, dan kreatif sebagai dasar pengembangan lanjut di fase F. Agar tujuan pembelajaran mudah dicapai, perlu adanya alur pembelajaran yang runtut, saling berkaitan,  serta keragaman teks maupun konteks.

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari berbagai sumber. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis.

 

Elemen/CP

Tujuan Pembelajaran

Perkiraa

n Jumlah Jam

Kata/Frasa Kunci,

Topik/Konten, dan

Penjelasan Singkat

Profil Pelajar Pancasila

 

Glosarium

Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

10.1 Mengevaluasi informasi yang tidak akurat dan bias dalam monolog berupa paparan laporan hasil observasi dengan kritis dan reflektif

 

4 jp

·  Kata/frasa kunci: Toraks Abdomen, Predator  polifagus, Membran

·  Topik/konten inti: Akurasi informasi dalam laporan hasil observasi,

   Struktur laporan hasil observasi

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran mengevaluasi dan menganalisis laporan hasil observasi

 

 

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis laporan hasil observasi

 

10.2 Memahami dan menganalisis gagasan dalam paparan laporan hasil observasi dengan kritis dan reflektif

 

 

 

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks, misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan  gagasan  dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks               

10.3 Menemukan makna tersurat dan tersirat pada teks laporan

 

6 jp

·       Kata/frasa kunci: Noktur nal, Tungkai

·       Topik/konten inti: Kata-kata khusus, Fakta dan opini

·       Penjelasan singkat: fokus pembelajaran memahami informasi dan menilai teks laporan hasil observasi menggunakan  informasi teks eksplanasi sebagai pembanding

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis laporan hasil observasi

 

10.4 Menilai akurasi dan kualitas data dalam laporan dengan menggunakan informasi pada teks eksplanasi sebagai pembanding

 

 

10.5 Memahami informasi dalam teks melalui identifikasi kata-kata baru yang digunakan dalam konteks topik sains/sosial tertentu dalam tulisan.

 

 

Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital.

10. 6. Menulis gagasan dalam bentuk laporan hasil observasi secara logis dan etis.

 

4 jp

·       Kata/frasa kunci: kopula

·       Topik/konten inti: Kalimat definisi dan kalimat deskripsi, Imbuhan di-, Penulisan kutipan tidak langsung, Sistematika laporan hasil observasi

·       Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menulis informasi dalam bentuk laporan hasil observasi

Kreatif, yang ditunjukkan melalui menulis laporan hasil observasi

 

10.7 Mengubah laporan hasil observasi ke dalam format kreatif yang dapat diterbitkan di media cetak maupun elektronik.

 

 

 

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan  masalah,  dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan  simpati, empati,  peduli,  perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

10.8 Mempresentasikan laporan hasil observasi multimodal

 

4 jp

·       Kata/frasa kunci: intonasi, tempo

·       Topik/konten inti: Pengaturan intonasi dalam presentasi

·       Penjelasan singkat: fokus pembelajaran mempresentasikan laporan hasil observasi

Kreatif, yang ditunjukkan melalui presentasi laporan hasil observasi

 

10.9 Menyesuaikan intonasi dan metode presentasi dengan perhatian atau minat pendengarnya.

 

 

 

Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

10.10 Mengevaluasi gagasan dan pesan pada teks monolog berupa lawakan tunggal

 

4 jp

·  Kata/frasa kunci: Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Reaksi, Krisis

·  Topik/konten inti: Pesan tersurat dan  tersirat, Struktur teks  anekdot

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menyimak anekdot

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis teks anekdot

 

10.11 Memahami dan menganalisis gagasan dalam teks anekdot dengan kritis dan reflektif.

 

 

 

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks, misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan  gagasan  dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

10.12 Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati, dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual secara kreatif.

 

4    jp

·  Kata/frasa kunci: Fakta, Opini, Asumsi, Berita, Eksposisi

·  Topik/konten inti: Nilai dalam teks                   anekdot, Fakta dan opini dalam teks  anekdot, Pertanyaan retoris, Majas sindiran, Kata kerja material

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menginterpretasi dan menggunakan kaidah bahasa dalam menyampaikan kritik

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis teks anekdot

 

10.13 Menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan dengan isi teks.

 

 

 

Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital.

10.14 Menulis teks eksposisi hasil penelitian sebagai sumber dalam menyampaikan kritik sosial

 

6 jp

·  Kata/frasa kunci: survey, responden

·  Topik/konten inti: Kritik berbasis data, Penelitian sederhana, Struktur teks eksposisi, Komik potongan (comic strip)

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menulis teks eksposisi hasil penelitian sederhana sebagai sumber penyampaian kritik dan menulis teks anekdot

Kreatif, yang ditunjukkan melalui anekdot untuk menyampaikan kririk

 

10.15 Mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif

 

 

 

10.16 Menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital.

 

 

 

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan  masalah,  dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan  simpati, empati,  peduli,  perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

10.17 Mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam bentuk monolog lawakan tunggal secara logis, runtut, kritis, dan kreatif.

 

4 jp

·  Kata/frasa kunci: Set up, Punch, Bit, Rule of  three

·  Topik/konten inti: Konsep lawakan                  tunggal, Kesantunan dalam menyampaikan pendapat

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menampilkan lawakan tunggal (stand up comedy)

Kreatif, yang ditunjukkan melalui anekdot untuk menyampaikan kririk

 

10.18 Mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi

 

 

 

Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

10.19 Memahami dan menganalisis pesan dalam teks narasi yang dibacakan

 

4 jp

·  Kata/frasa kunci: Sebermula, hubaya-hubaya, hatta, apatah,

·  Topik/konten inti: ide pokok dan ide rinci, kata arkais

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menyimak dan menganalisis pesan teks hikayat

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis teks hikayat

 

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks, misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan  gagasan  dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

10.20 Membaca untuk menilai dan mengkritisi karakterisasi dan plot pada hikayat dan cerpen serta mengaitkannya dengan nilai-nilai kehidupan yang berlaku pada masa lalu dan sekarang.

 

4 jp

·  Kata/frasa kunci: plot, nilai, konjungsi, majas

·  Topik/konten inti: Karakterisasi pada hikayat dan  cerpen,

Plot pada hikayat dan cerpen,

Nilai- nilai yang  terkandung dalam hikayat, konjungsi urutan waktu, majas

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran mengaitkan hikayat dan cerpen dengan nilai kehidupan dan memahami kaidah bahasa

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis teks hikayat dan cerpen

 

10.21 Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan terhadap nilai yang terkandung dalam teks narasi

 

 

 

Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital.

10.22 Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks fiksi

 

6 jp

·  Kata/frasa kunci: teks fiksi

·  Topik/konten inti: peta konsep

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menulis teks fiksi

Kreatif, yang ditunjukkan melalui menulis cerita fiksi

 

10.23 Menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital

 

 

 

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan  masalah,  dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan  simpati, empati,  peduli,  perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

10.24 Menyajikan teks narasi dalam bentuk monolog berbantuan media secara runtut dan kreatif

 

2 jp

·  Kata/frasa kunci: monolog

·  Topik/konten inti: sistematika penyajian cerita lisan

·  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran menyajikan teks narasi dalam bentuk monolog

Kreatif, yang ditunjukkan melalui monolog cerita fiksi

 

 

Kutasari,  Juli 2023

Mengetahui                                                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

 

                                                                                                                                                                                                                                               

Kurnianingsih, S.Pd.                                                                                                                                                                           Aji Dwi Pratikno, S.Pd

NIP 19700219 199201 2002                                                                                                                                                             NIP

Komentar