PEMBAHASAN MATERI PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG KELAS XII

 PEMBAHASAN MATERI PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG KELAS XII


Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3!

(1) Pendidikan anak usia dini sekarang ini tengah marak-maraknya. (2) Terutama Di kota-kota besar, orang tua merasakan penting mendidik anak mereka melalui lembaga prasekolah yang ada dan  mereka pun berlomba untuk memberikan pelayanan pendidikan yang baik untuk anak-anak mereka. (3) Tawaran bentuk pendidikan bermunculan mulai dari yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah per bulannya, antara lain: kursus yang dapat membuat otak anak cerdas dan pintar berhitung, cakap berbagai bahasa hingga fisik kuat dan sehat, kegiatan menari, main musik, dan berenang. (4) Dunia pendidikan saat ini betul-betul penuh dengan denyut kegairahan, penuh tawaran yang menggiurkan yang terkadang menguras isi kantung orang tua. (5) Begitulah orang tua membahagiakan anak-anak mereka, yaitu melalui pemenuhan keinginan anak-anaknya.

1.   Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ... .

A.    (1).

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

 

2.   Ide pokok paragraf tersebut adalah ... .

A.   biaya pendidikan anak usia dini

B.     orang tua membahagiakan anaknya

C.     maraknya pendidikan anak usia dini.

D.    pentingnya pendidik anak usia dini

E.     tawaran berbagaibentuk pendidikan

3.   Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut terdapat pada nomor... .

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5).

 

Cermati paragrf untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!

Apabila kita amati lebih cermat, dan kita baca berbagai informasi di internet dan literatur yang ada tentang bagaimana pendidikan yang patut bagi anak usia dini, kita akan terkejut. Saat ini hampir sebagian besar penyelenggaraan pendidikan anak-anak usia dini melakukan kesalahan. Ada beberapa indikator untuk melihat berbagai ketidakpatutan terhadap anak. Di antaranya yang paling menonjol adalah orientasi pada kemampuan intelektual secara dini. Mereka dicoba untuk menjalani akselerasi dalam pendidikannya dengan memperoleh pengayaan kecakapan-kecakapan akademik di dalam dan di luar sekolah. Dengan begitu, bermunculanlah anak-anak ajaib dengan kepintaran intelektual luar biasa secara akselerasi, tetapi pendidikan seperti  itu tetap dikatakan suatu kesalahan pendidikan.

4.   Kalimat simpulan  paragraf tersebut adalah...

A.    Sebagian besar penyelenggaraan pendidikan anak-anak usia dini melakukan kesalahan dalam memberikan pembelajaran.

B.     Ada beberapa indikator untuk melihat berbagai ketidakpatutan terhadap anak-anak pada saat dia sedang dalam masa perkembanagan.

C.     Anak-anak menjalani akselerasi dalam pendidikannya dengan memeroleh pengayaan kecakapan-kecakapan akademik di dalam dan di luar sekolah.

D.    Bermunculan anak-anak ajaib dengan kepintaran intelektual luar biasa secara akselerasi, tetapi tetap dikatakan suatu kesalahan pendidikan..

E.     Sangatlah mengagumkan anak-anak usia dini, tetapi sudah memiliki kepintaran yang sangtat luar biasa dan akan mengejutkan kita.

 

5.   Makna kata akselerasi pada paragraf tersebut adalah ....

  1. pengelompokkan
  2. percepatan.
  3. pemantauan
  4. pencerdasan
  5. pemisahan                                                                                                      



SELENGKAPNYA : 

KLIK DISINI

Komentar