MENGANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKS NEGOSIASI

 

Assalamualaikum wr wb.

 

Halo bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat dan semangat, kita akan memulai belajar kembali pada teks negosiasi dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan. Selamat belajar dan mengerjakan!

 

Kerjakan soal dibawah ini dengan menuliskan kekurangan dan kelebihan dari penyampaian negosiasi sesuai dengan isi dan cara bernegosiasi serta berikan penjelasannya!


Pak Bagus memiliki tetangga baru di depan rumah bernama Pak Bagas yang membuka usaha bengkel las. Suara bengkel tersebut mengganggu bayi Pak Bagus yang butuh istirahat saat siang.

Pak Bagus     : “Selamat siang, Pak Bagas. Maaf, saya mau membahas tentang suara

   bengkel Bapak yang mengganggu istirahat siang bayi saya.”

Pak Bagas     : “Oh, iya, Pak Bagus. Saya minta maaf karena sudah mengganggu

                         Bapak. Saya sedang mengusahakan untuk mengganti mesin las ini  

                         dengan yang baru. Suara mesin las baru lebih kecil dibandingkan

                         dengan yang lama.”

Pak Bagus     : “Oh, begitu. Terima kasih sudah mempertimbangkan hal tersebut,   

   Pak. Saya meminta maaf karena telah datang dan menegur Pak    

   Bagas seperti ini.”

 Pak Bagas     : “Tidak apa-apa, Pak, tidak masalah. Memang sudah seharusnya usaha saya tidak mengganggu siapapun. Namun, saya juga mempunyai solusi untuk Bapak. Pak Bagus dapat memindahkan bayi Bapak ke ruang yang letaknya lebih                      di dalam.”

Pak Bagus    : “Iya, Pak, nanti saya akan memindahkan bayi saya ke ruang belakang. Terima kasih sudah memahami kondisi saya, Pak.”

Pak Bagas     : “Sama-sama, Pak.”



a.         Kekurangan penyampaian negosiasi

No

Bagian Isi Teks

Kekurangan

Penjelasan

1

Permasalahan

Langsung ke permasalahan

Permasalahan suara bising bengkel Pak Bagas

2

Pengajuan

Langsung mencari yang bersangkutan

Pak Bagus langsung menemui Pak Bagas di ruman.

3

Penawaran

 

 

4

Persetujuan

 

 


 

b.       Kelebihan penyampaian negosiasi

No

Bagian Isi Teks

Kelebihan

Penjelasan

1

Permasalahan

 

 

2

Pengajuan

 

 

3

Penawaran

 

 

4

Persetujuan

 

 

 

 

Komentar