IKLAN,
SLOGAN, DAN POSTER
IKLAN
Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan
mendorong atau membujuk khalayak untuk menggunakan atau memakai produk yang
ditawarkan dalam iklan. Umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti
televisi, radio, dan surat kabar. Menurut Jefkins (1997) iklan adalah pesan
yang diarahkan untuk membujuk orang untuk membeli. Iklan tidak hanya merupakan
bagian dari industri berskala besar.
Iklan merupakan sebuah metode yang
dipergunakan di tengah-tengah masyarakat untuk tujuan-tujuan di bawah ini:
1) Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk
menjual barang dan jasa.
2) Bagi pemerintah, untuk menyebarkan
informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
3) Bagi orang perorangan, untuk membeli dan
menjual banrang-barang pribadi,
Struktur Teks Iklan
Untuk membuat suatu iklan yang baik dan
benar perlu diperhatikan 3 struktur teks iklan berikut ini:
1.
Judul yaitu bagian yang
diletakkan dibagian paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi
tidak semua iklan mencantumkan judul.
2.
Nama Produk/Jasa yaitu bagian
yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.
3.
Deskripsi yaitu bagian yang
menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan
menarik dan cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa
dihubungi.
SLOGAN
Slogan
adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama,
dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat. Kata
"slogan" sendiri diambil dari istilah dalam bahasa Gaelik,
sluagh-ghairm, yang berarti "teriakan bertempur". Biasanya slogan
dibuat untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu, baik itu untuk
membeli suatu produk, atau menaati suatu aturan yang telah dibuat. Karena
tujuan utamanya adalah untuk mengajak, maka sudah sepantasnya penggunaan kata
perlu diperhatikan jangan terlalu panjang dalam membuat sebuah slogan,
gunakanlah beberapa kata saja agar mudah diingat oleh banyak orang.
POSTER
Poster
adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf
atau kombinasi antar keduanya di atas kertas berukuran besar atau kecil. Sifat
informasi yang di sampaikan dalam poster umumnya bersifat mengajak dan
memberikan informasi dan kepada khalayak ramai. Umunya poster dipasang di
tempat-tempat yang ramai dan strategis seperti sekolah, pasar, kantor, mall,
puskesmas, dan lain-lain dengan maksud supaya mencari perhatian mata sekuat
mungkin.
Penjelasan lebih detail silakan simak
video pada berikut ini!
TUGAS
1.
Sebutkan iklan menurut isinya
dan berikan contohnya masing-masing 1!
2.
Jelaskan secara detail apa itu
pengertian poster?
3.
Jelaskan perbedaan iklan baris
dan iklan kolom!
4.
Berikan contoh slogan sebagai
semboyan dan slogan sebagai motto hidup!
5.
Sebut dan jelaskan ciri dari
iklan!
Tugas dikerjakan di buku masing-masing,
jika sudah selesai silakan kirim pekerjaan via email.
Kirim ke email timbangkhoirunnisa18@guru.smp.belajar.id
Pekerjaan boleh diketik via word atau
dalam bentuk apapun, jangan lupa beri nama dan kelas. Silakan kalian komentar
di bawah sebagai tanda sudah menyimak video dan sudah mengirim pekerjaan ke
email.
delia rasya putri narendra 8g
BalasHapusRr. Vinky Dyah Pawestri 8G
BalasHapusSudah menyimak dan membaca bunn..Pether Habib Nugroho 8 F
BalasHapusmaghfira dwi aryani 8G
BalasHapusAldilla Maulana Syaefany 8G
BalasHapusKarina Liyandini 8F
BalasHapus1.Iklan penawaran (niaga) Iklan yang biasa kita jumpai adalah iklan penawaran atau iklan niaga.
BalasHapusIklan Layanan Masyarakat.
Iklan pengumuman.
2.poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).
3.Iklan baris ini hanya berupa susunan kata-kata yang terdiri dari beberapa baris saja. Berbeda dari iklan baris, iklan kolom berukuran lebih besar dari iklan baris. Karena ukurannya yang lebih besar, maka iklan kolom tidak hanya berisi tulisan atau kata-kata saja, tapi juga dapat berisi gambar.
4. Gapailah cita cita mu setinggi langit
5. Iklan mempunyai isi yang jelas, singkat, jujur, menarik, objektif, dan tidak menyinggung salah satu pihak.
Iklan bersifat informatif, artinya iklan harus bersifat menerangkan, khususnya tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
Bahasa yang digunakan dalam iklan selalu mudah dipahami.
Nama:Irmadel Desta Finisia
Kelas:8F
Absen:9
Elda Azkiya Althafunnisa 8G
BalasHapusKejora Putri Wibawa 8F
BalasHapus