IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

 




IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

IKLAN

Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak untuk menggunakan atau memakai produk yang ditawarkan dalam iklan. Umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, dan surat kabar. Menurut Jefkins (1997) iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang untuk membeli. Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar.

 Iklan merupakan sebuah metode yang dipergunakan di tengah-tengah masyarakat untuk tujuan-tujuan di bawah ini:

1) Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.

2) Bagi pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

3) Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual banrang-barang pribadi,

Struktur Teks Iklan

Untuk membuat suatu iklan yang baik dan benar perlu diperhatikan 3 struktur teks iklan berikut ini:

1.       Judul yaitu bagian yang diletakkan dibagian paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul.

2.       Nama Produk/Jasa yaitu bagian yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.

3.       Deskripsi yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan menarik dan cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi.

 

 

SLOGAN

                Slogan adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama, dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat. Kata "slogan" sendiri diambil dari istilah dalam bahasa Gaelik, sluagh-ghairm, yang berarti "teriakan bertempur". Biasanya slogan dibuat untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu, baik itu untuk membeli suatu produk, atau menaati suatu aturan yang telah dibuat. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengajak, maka sudah sepantasnya penggunaan kata perlu diperhatikan jangan terlalu panjang dalam membuat sebuah slogan, gunakanlah beberapa kata saja agar mudah diingat oleh banyak orang.

 

POSTER

                Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf atau kombinasi antar keduanya di atas kertas berukuran besar atau kecil. Sifat informasi yang di sampaikan dalam poster umumnya bersifat mengajak dan memberikan informasi dan kepada khalayak ramai. Umunya poster dipasang di tempat-tempat yang ramai dan strategis seperti sekolah, pasar, kantor, mall, puskesmas, dan lain-lain dengan maksud supaya mencari perhatian mata sekuat mungkin.

 

Penjelasan lebih detail silakan simak video pada berikut ini!

 

Video Materi

 

 

TUGAS

1.       Sebutkan iklan menurut isinya dan berikan contohnya masing-masing 1!

2.       Jelaskan secara detail apa itu pengertian poster?

3.       Jelaskan perbedaan iklan baris dan iklan kolom!

4.       Berikan contoh slogan sebagai semboyan dan slogan sebagai motto hidup!

5.       Sebut dan jelaskan ciri dari iklan!

Tugas dikerjakan di buku masing-masing, jika sudah selesai silakan kirim pekerjaan via email.

Kirim ke email timbangkhoirunnisa18@guru.smp.belajar.id

Pekerjaan boleh diketik via word atau dalam bentuk apapun, jangan lupa beri nama dan kelas. Silakan kalian komentar di bawah sebagai tanda sudah menyimak video dan sudah mengirim pekerjaan ke email.

 

Komentar

  1. Sudah menyimak dan membaca bunn..Pether Habib Nugroho 8 F

    BalasHapus
  2. 1.Iklan penawaran (niaga) Iklan yang biasa kita jumpai adalah iklan penawaran atau iklan niaga.
    Iklan Layanan Masyarakat.
    Iklan pengumuman.
    2.poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).
    3.Iklan baris ini hanya berupa susunan kata-kata yang terdiri dari beberapa baris saja. Berbeda dari iklan baris, iklan kolom berukuran lebih besar dari iklan baris. Karena ukurannya yang lebih besar, maka iklan kolom tidak hanya berisi tulisan atau kata-kata saja, tapi juga dapat berisi gambar.
    4. Gapailah cita cita mu setinggi langit
    5. Iklan mempunyai isi yang jelas, singkat, jujur, menarik, objektif, dan tidak menyinggung salah satu pihak.
    Iklan bersifat informatif, artinya iklan harus bersifat menerangkan, khususnya tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
    Bahasa yang digunakan dalam iklan selalu mudah dipahami.

    Nama:Irmadel Desta Finisia
    Kelas:8F
    Absen:9

    BalasHapus
  3. Elda Azkiya Althafunnisa 8G

    BalasHapus

Posting Komentar