KISI-KISI SOAL UJIAN
SEKOLAH 
TAHUN PELAJARAN
2020/2021
Sekolah                       : SMAN 1
Kutasari
Mapel                         : Bahasa Indonesia
Kurikulum                  : K-13
Program                      : IPA/ IPS
Alokasi Waktu           : 120 menit
Jumlah  Soal               : 50
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda
| No. | Kompetensi
   yang diuji | Lingkup materi | Materi | Level
   Kognitif | Indikator Soal | Bentuk
   soal | No Soal | 
| 1 | Memaknai istilah | Membaca nonsastra | Istilah | Pengetahuan dan pemahaman  (L1) | Disajikan sebuah
   paragraf, peserta didik mampu memaknai istilah yang terdapat di dalam paragraf tersebut
   dengan tepat | PG | 1 | 
| 2. | Menemukan ide pokok | Membaca nonsastra | Ide pokok | Aplikasi (L2) | Disajikan sebuah
   paragraf, peserta didik mampu menemukan ide pokok
   paragraf tersebut | PG | 2 | 
| 3. | Mengidentifikasi informasi
   tersurat | Membaca nonsastra | Fakta | Pengetahuan dan pemahaman (L1)      | Disajikan sebuah
   paragraf, peserta didik mampu menentukan kalimat fakta yang terdapat pada
   paragraf tersebut | PG | 3 | 
| 4 | Menemukan inti kalimat | Membaca nonsastra | Inti kalimat | Aplikasi (L2) | Disajikan sebuah
   kalimat kompleks atau kalimat majemuk, peserta didik dapat menentukan inti
   kalimat tersebut | PG | 4 | 
| 5 | Menyimpulkan isi tersirat dalam paragraf | Membaca nonsastra | Hal yang disepakati
   dalam teks negosiasi | Aplikasi (L2) | Disajikan sebuah teks
   negosiasi, peserta didik mampu menentukan hal yang disepakati dalam kutipan
   teks tersebut | PG | 5 | 
| 6. | Menyimpulkan isi
   tersirat dalam paragraf | Membaca nonsastra | Opini
   penulis editorial | Aplikasi (L2) | Disajikan kutipan teks tajuk rencana/editorial, peserta
   didik mampu menentukan opini
   penulis pada kutipan editorial tersebut | PG | 6 | 
| 7. | Menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
   paragraf  | Membaca nonsastra | Persamaan/ perbedaan isi teks  | Aplikasi (L2) | Disajikan dua teks yang bertema sama,
   peserta didik mampu menentukan persamaan/ perbedaan isi dari kedua teks
   tersebut dengan tepat | PG | 7 | 
| 8. | Mengomentari isi
   paragraf | Membaca nonsastra | Komentar isi paragraf | Penalaran (L3) | Disajikan sebuah
   paragraf, peserta didik mampu mengomentari isi paragraf tersebut dengan
   tepat | PG | 8 | 
| 9. | Menentukan unsur-unsur
   intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel | Membaca sastra | Pendeskripsian
   watak tokoh | Pemahaman dan
   pengetahuan (L1) | Disajikan kutipan cerpen/ novel,
   peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerpen/ novel
   tersebut | PG | 9 | 
| 10. | Mengidentifikasi kata yang bermaknaa
   simbolik/majas/ kias dalam karya sastra | Membaca sastra | Majas | Pengetahuan dan pemahaman (L1) | Disajikan karya sastra puisi, peserta didik mampu menentukan kalimat bermajas dalam
   puisit | PG | 10 | 
| 11. | Mengidentifikasi kata yang bermaknaa
   simbolik/majas/ kias dalam karya sastra | Membaca sastra | Kata
   bermakna simbolik | Pengetahuan dan pemahaman (L1) | Disajikan karya sastra puisi, peserta didik mampu menentukan makna kata
   simbolik dalam puisi | PG | 11 | 
| 12. | Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/ hikayat (konflik,
   sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai) | Membaca sastra | Nilai moral hikayat | Aplikasi (L2) | Disajikan kutipan
   hikayat, peserta didik mampu menentukan nilai moral kutipan hikayat tersebut
   dengan tepat | PG | 12 | 
| 13. | Menilai keunggulan/ kelemahan karya
   sastra | Membaca sastra | Resensi/ kritik | Penalaran (L3) | Disajikan kutipan cerpen, peserta didik
   dapat menentukan kalimat komentar
   tentang keunggulan cerpen tersebut | PG | 13 | 
| 14. | Membandingkan isi,
   pola penyajian, dan bahasa sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Membaca sastra | Membandingkan
   unsur teks cerpen/novel | Penalaran (L3) | Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik dapat
   menentukan persamaan/perbedaan unsur
   dua ktuipan cerpen dengan tepat | PG | 14 | 
| 15. | Membuktikan simpulan dengan data pada
   karya sastra (bukti watak, setting, nilai) | Membaca sastra | Latar tempat/ waktu/
   suasana | Penalaran (L3) | Disajikan kutipan cerpen/ novel,
   peserta didik dapat menentukan kalimat
   yang membuktikan adanya latar tempat/ waktu/ suasana pada kutipan cerpen/
   novel tersebut | PG | 15 | 
| 16. | Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini | Membaca sastra | Kaitan isi cerpen/novel dengan kehidupan | Penalaran (L3) | Disajikan kutipan cerpen/novel/drama,
   peserta didik dapat menentukan kaitan isi dalam cerpen/novel/drama dengan
   kehidupan saat ini | PG | 16 | 
| 17. | Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/ hikayat (konflik,
   sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai) | Membaca sastra | Konflik | Aplikasi (L2) | Disajikan kutipan cerpen/ novel/ hikayat, peserta
   didik dapat menentukan konflik dalam kutipan cerpen/ novel/ hikayat tersebut | PG | 17 | 
| 18. | Melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi | Menulis terbatas | Narasi | Aplikasi (L2) | Disajikan teks narasi yang rumpang,
   peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat narasi yang tepat | PG | 18 | 
| 19. | Melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi | Menulis terbatas | Deskripsi | Aplikasi (L2) | Disajikan teks deskripsi yang rumpang,
   peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat deskripsi yang tepat | PG | 19 | 
| 20. | Menyusun paragraf padu | Menulis terbatas | Urutan kalimat | Aplikasi (L2) | Disajikan kalimat acak, peserta didik
   dapat menentukan urutan yang tepat | PG | 20 | 
| 21. | Melengkapi paragraf
   eksposisi/narasi/deskripsi | Menulis terbatas | Ungkapan | Aplikasi (L2) | Disajikan sebuah
   paragraf, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat berdasarkan isi
   paragraf tersebut | PG | 21 | 
| 22. | Memvariasikan kata
   yang bertujuan sama | Menulis terbatas | Konjungsi | Penalaran (L3) | Disajikan beberapa
   kalimat dari paragraf prosedur komples, peserta didik dapat menentukan
   variasi konjungsi yang bermakna sama | PG | 22 | 
| 23. | Mengidentifikasi
   kesalahan penggunaan kata | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Kesalahan diksi | Pengetahuan dan pemahaman (L1) | Disajikan sebuah
   paragraf, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan diksi/kata di dalam paragraf tersebut dengan tepat | PG | 23 | 
| 24. | Mengidentifikasi
   kesalahan penggunaan kalimat | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Kalimat penjelas yang tidak padu | Pengetahuan dan pemahaman (L1) | Disajikan sebuah
   paragraf, peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat penjelas yang tidak padu di dalam paragraf tersebut dengan tepat | PG | 24 | 
| 25. | Menggunakan istilah
   dalam kalimat | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Istilah | Aplikasi (L2) | Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 istilahnya, peserta didik dapat
   melengkapi paragraf tersebut dengan istilah yang sesuai | PG | 25 | 
| 26 | Menggunakan kata bentukan (mengisi
   sesuai kaidah bentukan kata) | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Kata berimbuhan | Aplikasi (L2) | Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 kata berimbuhannya, peserta didik
   dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kata berimbuhan yang sesuai | PG | 26 | 
| 27. | Menggunakan kata bentukan (mengisi
   sesuai kaidah bentukan kata) | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Kata ulang | Aplikasi (L2) | Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 kata ulangnya, peserta didik dapat
   melengkapi paragraf tersebut dengan kata ulang yang tepat | PG | 27 | 
| 28. | Memperbaiki kesalahan penggunaan kata | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Frasa  | Penalaran (L3) | Disajikan sebuah paragraf yang 2-3 frasanya kurang tepat, peserta didik dapat memperbaiki
   kesalahan pengunaan frasa tersebut dengan frasa yang sesuai | PG | 28 | 
| 29. | Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Kesalahan penggunaan kalimat | Penalaran (L3) | Disajikan paragraf yang salah satunya terdapat kalimat yang tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak padu
   tersebut dengan tepat | PG | 29 | 
| 30. | Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar,
   nama geografi, nama diri, kata tugas)  | Menyunting ejaan dan tanda baca | Penulisan judul buku | Pemahaman dan pengetahuan (L1) | Disajikan sebuah
   kalimat yang terdapat judul buku yang masih belum sesuai ejaan, peserta
   didik dapat menentukan penulisan judul yang sesuai dengan ejaan | PG | 30 | 
| 31. | Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar,
   nama geografi, nama diri, kata tugas)  | Menyunting ejaan dan tanda baca | Penulisan nama geografi/gelar/diri | Pemahaman dan pengetahuan (L1) | Disajikan sebuah
   kalimat yang terdapat nama gelar yang masih belum sesuai ejaan, peserta
   didik dapat menentukan penulisan gelar yang sesuai dengan ejaan | PG | 31 | 
| 32. | Menggunakan ejaan | Menyunting ejaan dan
   tanda baca | Ejaan  | Aplikasi (L2) | Disajikan beberapa
   kalimat yang terdapat nama gelar yang dirumpangkan, peserta didik dapat
   menentukan nama gelar yang tepat | PG | 32 | 
| 33. | Menentukan alasan kesalahan dari segi
   ejaan dan tanda baca | Menyunting ejaan dan
   tanda baca | Alasan kesalahan ejaan dan tanda baca | Penalaran (L3) | Disajikan kalimat yang
   terdapat kesalahan ejaan dan tanda baca, peserta didik dapat menentukan
   alasan kesalahan ejaan dan tanda baca kalimat tersebut | PG | 33 | 
| 34. | Menentukan alasan dari
   segi pilihan kata, kalimat, dan paragraf | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Perbaikan kalimat dan
   alasannya | Penalaran (L3) | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat yang kurang tepat, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut
   dengan alasan yang tepat | PG | 34 | 
| 35 | Menentukan
   kalimat utama | Membaca nonsastra | Kalimat utama | Aplikasi (L2) | Disajikan paragraf, peserta didik dapat
   menentukan kalimat utama | PG | 35 | 
| 36 | Menyimpulkan isi
   tersirat dalam teks | Membaca nonsastra | Tujuan penulisan | Aplikasi (L2) | Disajikan beberapa kalimat, peserta
   didik dapat menentukan tujuan penulisan paragraf | PG | 36 | 
| 37 | Membuktikan
   simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai) | Membca sastra | Watak tokoh | Penalaran (L3) | Disajikan kutipan drama, peserta didik
   dapat menentukan pembuktian watak tokoh | PG | 37 | 
| 38 | Menentukan
   kalimat penjelas | Membaca nonsastra | Kalimat argumen  | Aplikasi (L2) | Disediakan kalimat tesis dan kalimat
   argumentasi, siswa menentukan kalimat argumentasi yang mendukung | PG | 38 | 
| 39 | Mengidentifikasi
   kesalahan penggunaan konjungsi | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Konjungsi | Pemahaman dan pengetahuan (L1) | Disajikan paragraf, peserta didik dapat
   menentukan konjungsi yang tepat | PG | 39 | 
| 40 | Mengidentifikasi kesalahan
   penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)  | Menyunting Tanda baca dan Ejaan | Ejaan  | Pemahaman dan pengetahuan (L1) | Disediakan beberapa kalimat, siswa
   menentukan ejaan yang salah | PG | 40 | 
| 41. | Mengomentari isi
   paragraf | Membaca nonsastra | Komentar isi paragraf  | Penalaran (L3) | Disajikan paragraf
   yang berisi pendapat, peserta didik mampu mengomentari isi paragraf tersebut
   dengan tepat | PG   | 41 | 
| 42. | Mengidentifikasi kata
   yang bermakna simbolik/ majas/ kias/ dalam karya sastra | Membaca sastra | Kata bermakna lambang,
   maksud/isi puisi, dan gaya bahasa (majas) | Pemahaman dan
   pengetahuan (L1) | Disajikan sebuah karya
   sastra berupa puisi, peserta didik mampu menentukan kata bermakna lambang,
   maksud/isi puisi, gaya bahasa (majas) | PG | 42 | 
| 43. | Melengkapi proposal/notulen | Menulis terbatas | Proposal (latar
   belakang) | Aplikasi (L2) | Disajikan judul
   proposal kegiatan/penelitian, peserta didik mampu menulis latar belakang (2
   paragraf ) proposal kegiatan tersebut dengan tepat. | PG  | 43 | 
| 44. | Mengidentifikasi kesalahan penggunaan
   kata | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Kesalahan penggunaan
   kata | Pemahaman dan pengetahuan (L1) | Disajikan paragraf yang terdapat empat kata (kata penghubung, kata depan, kata serapan, atau
   kata baku) yang salah, peserta didik mampu
   menentukan mengidentifikasi
   kesalahan penggunaan kata tersebut | PG | 44 | 
| 45. | Memperbaiki kesalahan
   penggunaan ejaan | Menyunting kata,
   kalimat, dan paragraf | Kalimat efektif | Penalaran (L3) | Disajikan paragraf
   yang terdapat empat kesalahan pengunaan ejaan di dalamnya, peserta didik
   mampu memperbaiki kesalhan penggunaan ejaan tersebut dengan tepat | PG | 45 | 
| 46 | Menentukan
   kalimat simpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi
   dengan membaca intensif | Menentukan kalimat | Paragraf
   argumentasi | Pemahaman dan pengetahuan (L1) | Disajikan
   paragraf sebab-akibat yang terdiri atas tiga atau empat kalimat sebab dan
   dirumpangkan kalimat akibatnya, siswa dapat menentukan kalimat yang berupa
   akibat untuk melengkapinya | PG | 46 | 
|  | Menulis karya
   ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian | Menentukan latar
   belakang | Karya
   Ilmiah | Penalaran (L3) | Disajikan tema
   karya tulis, siswa dapat menentukan kalimat latar belakang yang sesuai
   dengan tema | PG | 47 | 
|  | Mengaplikasikan
   prinsip-prinsip penulisan resensi | Menulis resensi | Resensi  | Aplikasi (L2) | Disajikan
   penjelasan tentang karya sastra yang dapat dijadikan sebagai bahan penulisan
   resensi berupa karya tersebut, siswa dapat menentukan kalimat resensi yang
   menyatakan kelemahan buku  | PG | 48 | 
|  | Menulis
   karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian | Karya Ilmiah  | Karya ilmiah | Pemahaman dan pengetahuan (L1) | Disajikan
   sebuah paragraf bagian karya tulis yang struktur kalimatnya mengandung kata
   kis, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk memperbaikinya sehingga
   menjadi bermakna lugas | PG | 49 | 
|  | Menerapkan
   prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra | Kritik  | Kritik  | Pemahaman dan pengetahuan (L1) | Disajikan
   tentang penjelasan karya sastra yang dapat dijadikan sebagai bahan penulisan
   kritik sastra, siswa dapat menentukan hal pokok ulasan dalam kalimat kritik  | PG | 50 | 
Komentar
Posting Komentar