KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SMA

 

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Sekolah                       : SMAN 1 Kutasari

Mapel                         : Bahasa Indonesia

Kurikulum                  : K-13

Program                      : IPA/ IPS

Alokasi Waktu           : 120 menit

Jumlah  Soal               : 50

Bentuk Soal                : Pilihan Ganda

 

 

 

 

 LINK DOWNLOAD

 

 

 

 

 

 

 

No.

Kompetensi yang diuji

Lingkup materi

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk soal

No Soal

1

Memaknai istilah

Membaca nonsastra

Istilah

Pengetahuan dan pemahaman  (L1)

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik ­mampu memaknai istilah yang terdapat di dalam paragraf tersebut dengan tepat

PG

1

2.

Menemukan ide pokok

Membaca nonsastra

Ide pokok

Aplikasi (L2)

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik mampu menemukan ide pokok paragraf tersebut

PG

2

3.

Mengidentifikasi informasi tersurat

Membaca nonsastra

Fakta

Pengetahuan dan pemahaman (L1)    

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik ­mampu menentukan kalimat fakta yang terdapat pada paragraf tersebut

PG

3

4

Menemukan inti kalimat

Membaca nonsastra

Inti kalimat

Aplikasi (L2)

Disajikan sebuah kalimat kompleks atau kalimat majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut

PG

4

5

Menyimpulkan isi tersirat dalam paragraf

Membaca nonsastra

Hal yang disepakati dalam teks negosiasi

Aplikasi (L2)

Disajikan sebuah teks negosiasi, peserta didik mampu menentukan hal yang disepakati dalam kutipan teks tersebut

PG

5

6.

Menyimpulkan isi tersirat dalam paragraf

Membaca nonsastra

Opini penulis editorial

 

Aplikasi (L2)

Disajikan kutipan teks tajuk rencana/editorial, peserta didik mampu menentukan opini penulis pada kutipan editorial tersebut

 

PG

6

7.

Menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi paragraf

Membaca nonsastra

Persamaan/ perbedaan isi teks

Aplikasi (L2)

Disajikan dua teks yang bertema sama, peserta didik mampu menentukan persamaan/ perbedaan isi dari kedua teks tersebut dengan tepat

PG

7

8.

Mengomentari isi paragraf

Membaca nonsastra

Komentar isi paragraf

Penalaran (L3)

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik mampu mengomentari isi paragraf tersebut dengan tepat

PG

8

9.

Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel

Membaca sastra

Pendeskripsian watak tokoh

 

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan kutipan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerpen/ novel tersebut

PG

9

10.

Mengidentifikasi kata yang bermaknaa simbolik/majas/ kias dalam karya sastra

Membaca sastra

Majas

Pengetahuan dan pemahaman (L1)

Disajikan karya sastra puisi, peserta didik mampu menentukan kalimat bermajas dalam puisit

 

PG

10

11.

Mengidentifikasi kata yang bermaknaa simbolik/majas/ kias dalam karya sastra

Membaca sastra

Kata bermakna simbolik

Pengetahuan dan pemahaman (L1)

Disajikan karya sastra puisi, peserta didik mampu menentukan makna kata simbolik dalam puisi

PG

11

12.

Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/ hikayat (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai)

Membaca sastra

Nilai moral hikayat

Aplikasi (L2)

Disajikan kutipan hikayat, peserta didik mampu menentukan nilai moral kutipan hikayat tersebut dengan tepat

PG

12

13.

Menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra

Membaca sastra

Resensi/ kritik

Penalaran (L3)

Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan kalimat komentar tentang keunggulan cerpen tersebut

PG

13

14.

Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)

Membaca sastra

Membandingkan unsur teks cerpen/novel

 

Penalaran (L3)

Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan unsur dua ktuipan cerpen dengan tepat

 

PG

14

15.

Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)

Membaca sastra

Latar tempat/ waktu/ suasana

Penalaran (L3)

Disajikan kutipan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang membuktikan adanya latar tempat/ waktu/ suasana pada kutipan cerpen/ novel tersebut

PG

15

16.

Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini

Membaca sastra

Kaitan isi cerpen/novel dengan kehidupan

Penalaran (L3)

Disajikan kutipan cerpen/novel/drama, peserta didik dapat menentukan kaitan isi dalam cerpen/novel/drama dengan kehidupan saat ini

PG

16

17.

Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/ hikayat (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai)

Membaca sastra

Konflik

 

Aplikasi (L2)

Disajikan kutipan cerpen/ novel/ hikayat, peserta didik dapat menentukan konflik dalam kutipan cerpen/ novel/ hikayat tersebut

 

PG

17

18.

Melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi

Menulis terbatas

Narasi

Aplikasi (L2)

Disajikan teks narasi yang rumpang, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat narasi yang tepat

PG

18

19.

Melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi

Menulis terbatas

Deskripsi

Aplikasi (L2)

Disajikan teks deskripsi yang rumpang, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat deskripsi yang tepat

PG

19

20.

Menyusun paragraf padu

Menulis terbatas

Urutan kalimat

Aplikasi (L2)

Disajikan kalimat acak, peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat

PG

20

21.

Melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi

Menulis terbatas

Ungkapan

Aplikasi (L2)

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat berdasarkan isi paragraf tersebut

PG

21

22.

Memvariasikan kata yang bertujuan sama

Menulis terbatas

Konjungsi

Penalaran (L3)

Disajikan beberapa kalimat dari paragraf prosedur komples, peserta didik dapat menentukan variasi konjungsi yang bermakna sama

PG

22

23.

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Kesalahan diksi

Pengetahuan dan pemahaman (L1)

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik ­mampu mengidentifikasi kesalahan diksi/kata di dalam paragraf tersebut dengan tepat

PG

23

24.

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Kalimat penjelas yang tidak padu

Pengetahuan dan pemahaman (L1)

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik ­mampu mengidentifikasi kalimat penjelas yang tidak padu di dalam paragraf tersebut dengan tepat

PG

24

25.

Menggunakan istilah dalam kalimat

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Istilah

Aplikasi (L2)

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 istilahnya, peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan istilah yang sesuai

PG

25

26

Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Kata berimbuhan

Aplikasi (L2)

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 kata berimbuhannya, peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kata berimbuhan yang sesuai

PG

26

27.

Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Kata ulang

Aplikasi (L2)

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 kata ulangnya, peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kata ulang yang tepat

PG

27

28.

Memperbaiki kesalahan penggunaan kata

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Frasa

Penalaran (L3)

Disajikan sebuah paragraf yang 2-3 frasanya kurang tepat, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan pengunaan frasa tersebut dengan frasa yang sesuai

PG

28

29.

Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Kesalahan penggunaan kalimat

Penalaran (L3)

Disajikan paragraf yang salah satunya terdapat kalimat yang tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak padu tersebut dengan tepat

PG

29

30.

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)

Menyunting ejaan dan tanda baca

Penulisan judul buku

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan sebuah kalimat yang terdapat judul buku yang masih belum sesuai ejaan, peserta didik dapat menentukan penulisan judul yang sesuai dengan ejaan

PG

30

31.

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)

Menyunting ejaan dan tanda baca

Penulisan nama geografi/gelar/diri

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan sebuah kalimat yang terdapat nama gelar yang masih belum sesuai ejaan, peserta didik dapat menentukan penulisan gelar yang sesuai dengan ejaan

PG

31

32.

Menggunakan ejaan

Menyunting ejaan dan tanda baca

Ejaan

Aplikasi (L2)

Disajikan beberapa kalimat yang terdapat nama gelar yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan nama gelar yang tepat

PG

32

33.

Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca

Menyunting ejaan dan tanda baca

Alasan kesalahan ejaan dan tanda baca

Penalaran (L3)

Disajikan kalimat yang terdapat kesalahan ejaan dan tanda baca, peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca kalimat tersebut

PG

33

34.

Menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat, dan paragraf

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Perbaikan kalimat dan alasannya

Penalaran (L3)

Disajikan paragraf yang terdapat kalimat yang kurang tepat, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat

PG

34

35

Menentukan kalimat utama

Membaca nonsastra

Kalimat utama

Aplikasi (L2)

Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat utama

PG

35

36

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks

Membaca nonsastra

Tujuan penulisan

Aplikasi (L2)

Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan tujuan penulisan paragraf

PG

36

37

Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)

Membca sastra

Watak tokoh

Penalaran (L3)

Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan pembuktian watak tokoh

PG

37

38

Menentukan kalimat penjelas

Membaca nonsastra

Kalimat argumen

Aplikasi (L2)

Disediakan kalimat tesis dan kalimat argumentasi, siswa menentukan kalimat argumentasi yang mendukung

PG

38

39

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Konjungsi

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan konjungsi yang tepat

PG

39

40

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)

Menyunting Tanda baca dan Ejaan

Ejaan

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disediakan beberapa kalimat, siswa menentukan ejaan yang salah

PG

40

41.

Mengomentari isi paragraf

Membaca nonsastra

Komentar isi paragraf

Penalaran (L3)

 

Disajikan paragraf yang berisi pendapat, peserta didik mampu mengomentari isi paragraf tersebut dengan tepat

PG 

41

42.

Mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/ majas/ kias/ dalam karya sastra

Membaca sastra

Kata bermakna lambang, maksud/isi puisi, dan gaya bahasa (majas)

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan sebuah karya sastra berupa puisi, peserta didik mampu menentukan kata bermakna lambang, maksud/isi puisi, gaya bahasa (majas)

PG

42

43.

Melengkapi proposal/notulen

Menulis terbatas

Proposal (latar belakang)

Aplikasi (L2)

Disajikan judul proposal kegiatan/penelitian, peserta didik mampu menulis latar belakang (2 paragraf ) proposal kegiatan tersebut dengan tepat.

PG

43

44.

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Kesalahan penggunaan kata

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan paragraf yang terdapat empat kata (kata penghubung, kata depan, kata serapan, atau kata baku) yang salah, peserta didik mampu menentukan mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata tersebut

PG

44

45.

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan

Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Kalimat efektif

Penalaran (L3)

Disajikan paragraf yang terdapat empat kesalahan pengunaan ejaan di dalamnya, peserta didik mampu memperbaiki kesalhan penggunaan ejaan tersebut dengan tepat

PG

45

46

Menentukan kalimat simpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif

Menentukan kalimat

Paragraf argumentasi

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan paragraf sebab-akibat yang terdiri atas tiga atau empat kalimat sebab dan dirumpangkan kalimat akibatnya, siswa dapat menentukan kalimat yang berupa akibat untuk melengkapinya

PG

46

 

Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian

Menentukan latar belakang

Karya Ilmiah

Penalaran (L3)

Disajikan tema karya tulis, siswa dapat menentukan kalimat latar belakang yang sesuai dengan tema

PG

47

 

Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi

Menulis resensi

Resensi

Aplikasi (L2)

Disajikan penjelasan tentang karya sastra yang dapat dijadikan sebagai bahan penulisan resensi berupa karya tersebut, siswa dapat menentukan kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku

PG

48

 

Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian

Karya Ilmiah

Karya ilmiah

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan sebuah paragraf bagian karya tulis yang struktur kalimatnya mengandung kata kis, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk memperbaikinya sehingga menjadi bermakna lugas

PG

49

 

Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra

Kritik

Kritik

Pemahaman dan pengetahuan (L1)

Disajikan tentang penjelasan karya sastra yang dapat dijadikan sebagai bahan penulisan kritik sastra, siswa dapat menentukan hal pokok ulasan dalam kalimat kritik

PG

50

 

 

Komentar