KISI-KISI SOAL UJIAN
SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN
2020/2021
Sekolah : SMAN 1
Kutasari
Mapel : Bahasa Indonesia
Kurikulum : K-13
Program : IPA/ IPS
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 50
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No. |
Kompetensi
yang diuji |
Lingkup materi |
Materi |
Level
Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk
soal |
No Soal |
1 |
Memaknai istilah |
Membaca nonsastra |
Istilah |
Pengetahuan dan pemahaman (L1) |
Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik mampu memaknai istilah yang terdapat di dalam paragraf tersebut
dengan tepat |
PG |
1 |
2. |
Menemukan ide pokok |
Membaca nonsastra |
Ide pokok |
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik mampu menemukan ide pokok
paragraf tersebut |
PG |
2 |
3. |
Mengidentifikasi informasi
tersurat |
Membaca nonsastra |
Fakta |
Pengetahuan dan pemahaman (L1) |
Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik mampu menentukan kalimat fakta yang terdapat pada
paragraf tersebut |
PG |
3 |
4 |
Menemukan inti kalimat |
Membaca nonsastra |
Inti kalimat |
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah
kalimat kompleks atau kalimat majemuk, peserta didik dapat menentukan inti
kalimat tersebut |
PG |
4 |
5 |
Menyimpulkan isi tersirat dalam paragraf |
Membaca nonsastra |
Hal yang disepakati
dalam teks negosiasi |
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah teks
negosiasi, peserta didik mampu menentukan hal yang disepakati dalam kutipan
teks tersebut |
PG |
5 |
6. |
Menyimpulkan isi
tersirat dalam paragraf |
Membaca nonsastra |
Opini
penulis editorial |
Aplikasi (L2) |
Disajikan kutipan teks tajuk rencana/editorial, peserta
didik mampu menentukan opini
penulis pada kutipan editorial tersebut |
PG |
6 |
7. |
Menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
paragraf |
Membaca nonsastra |
Persamaan/ perbedaan isi teks |
Aplikasi (L2) |
Disajikan dua teks yang bertema sama,
peserta didik mampu menentukan persamaan/ perbedaan isi dari kedua teks
tersebut dengan tepat |
PG |
7 |
8. |
Mengomentari isi
paragraf |
Membaca nonsastra |
Komentar isi paragraf |
Penalaran (L3) |
Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik mampu mengomentari isi paragraf tersebut dengan
tepat |
PG |
8 |
9. |
Menentukan unsur-unsur
intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel |
Membaca sastra |
Pendeskripsian
watak tokoh |
Pemahaman dan
pengetahuan (L1) |
Disajikan kutipan cerpen/ novel,
peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerpen/ novel
tersebut |
PG |
9 |
10. |
Mengidentifikasi kata yang bermaknaa
simbolik/majas/ kias dalam karya sastra |
Membaca sastra |
Majas |
Pengetahuan dan pemahaman (L1) |
Disajikan karya sastra puisi, peserta didik mampu menentukan kalimat bermajas dalam
puisit |
PG |
10 |
11. |
Mengidentifikasi kata yang bermaknaa
simbolik/majas/ kias dalam karya sastra |
Membaca sastra |
Kata
bermakna simbolik |
Pengetahuan dan pemahaman (L1) |
Disajikan karya sastra puisi, peserta didik mampu menentukan makna kata
simbolik dalam puisi |
PG |
11 |
12. |
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/ hikayat (konflik,
sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai) |
Membaca sastra |
Nilai moral hikayat |
Aplikasi (L2) |
Disajikan kutipan
hikayat, peserta didik mampu menentukan nilai moral kutipan hikayat tersebut
dengan tepat |
PG |
12 |
13. |
Menilai keunggulan/ kelemahan karya
sastra |
Membaca sastra |
Resensi/ kritik |
Penalaran (L3) |
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik
dapat menentukan kalimat komentar
tentang keunggulan cerpen tersebut |
PG |
13 |
14. |
Membandingkan isi,
pola penyajian, dan bahasa sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) |
Membaca sastra |
Membandingkan
unsur teks cerpen/novel |
Penalaran (L3) |
Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik dapat
menentukan persamaan/perbedaan unsur
dua ktuipan cerpen dengan tepat |
PG |
14 |
15. |
Membuktikan simpulan dengan data pada
karya sastra (bukti watak, setting, nilai) |
Membaca sastra |
Latar tempat/ waktu/
suasana |
Penalaran (L3) |
Disajikan kutipan cerpen/ novel,
peserta didik dapat menentukan kalimat
yang membuktikan adanya latar tempat/ waktu/ suasana pada kutipan cerpen/
novel tersebut |
PG |
15 |
16. |
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini |
Membaca sastra |
Kaitan isi cerpen/novel dengan kehidupan |
Penalaran (L3) |
Disajikan kutipan cerpen/novel/drama,
peserta didik dapat menentukan kaitan isi dalam cerpen/novel/drama dengan
kehidupan saat ini |
PG |
16 |
17. |
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/ hikayat (konflik,
sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai) |
Membaca sastra |
Konflik |
Aplikasi (L2) |
Disajikan kutipan cerpen/ novel/ hikayat, peserta
didik dapat menentukan konflik dalam kutipan cerpen/ novel/ hikayat tersebut |
PG |
17 |
18. |
Melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi |
Menulis terbatas |
Narasi |
Aplikasi (L2) |
Disajikan teks narasi yang rumpang,
peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat narasi yang tepat |
PG |
18 |
19. |
Melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi |
Menulis terbatas |
Deskripsi |
Aplikasi (L2) |
Disajikan teks deskripsi yang rumpang,
peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat deskripsi yang tepat |
PG |
19 |
20. |
Menyusun paragraf padu |
Menulis terbatas |
Urutan kalimat |
Aplikasi (L2) |
Disajikan kalimat acak, peserta didik
dapat menentukan urutan yang tepat |
PG |
20 |
21. |
Melengkapi paragraf
eksposisi/narasi/deskripsi |
Menulis terbatas |
Ungkapan |
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat berdasarkan isi
paragraf tersebut |
PG |
21 |
22. |
Memvariasikan kata
yang bertujuan sama |
Menulis terbatas |
Konjungsi |
Penalaran (L3) |
Disajikan beberapa
kalimat dari paragraf prosedur komples, peserta didik dapat menentukan
variasi konjungsi yang bermakna sama |
PG |
22 |
23. |
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Kesalahan diksi |
Pengetahuan dan pemahaman (L1) |
Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan diksi/kata di dalam paragraf tersebut dengan tepat |
PG |
23 |
24. |
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kalimat |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Kalimat penjelas yang tidak padu |
Pengetahuan dan pemahaman (L1) |
Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat penjelas yang tidak padu di dalam paragraf tersebut dengan tepat |
PG |
24 |
25. |
Menggunakan istilah
dalam kalimat |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Istilah |
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 istilahnya, peserta didik dapat
melengkapi paragraf tersebut dengan istilah yang sesuai |
PG |
25 |
26 |
Menggunakan kata bentukan (mengisi
sesuai kaidah bentukan kata) |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Kata berimbuhan |
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 kata berimbuhannya, peserta didik
dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kata berimbuhan yang sesuai |
PG |
26 |
27. |
Menggunakan kata bentukan (mengisi
sesuai kaidah bentukan kata) |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Kata ulang |
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan 2-3 kata ulangnya, peserta didik dapat
melengkapi paragraf tersebut dengan kata ulang yang tepat |
PG |
27 |
28. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Frasa |
Penalaran (L3) |
Disajikan sebuah paragraf yang 2-3 frasanya kurang tepat, peserta didik dapat memperbaiki
kesalahan pengunaan frasa tersebut dengan frasa yang sesuai |
PG |
28 |
29. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Kesalahan penggunaan kalimat |
Penalaran (L3) |
Disajikan paragraf yang salah satunya terdapat kalimat yang tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak padu
tersebut dengan tepat |
PG |
29 |
30. |
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar,
nama geografi, nama diri, kata tugas) |
Menyunting ejaan dan tanda baca |
Penulisan judul buku |
Pemahaman dan pengetahuan (L1) |
Disajikan sebuah
kalimat yang terdapat judul buku yang masih belum sesuai ejaan, peserta
didik dapat menentukan penulisan judul yang sesuai dengan ejaan |
PG |
30 |
31. |
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar,
nama geografi, nama diri, kata tugas) |
Menyunting ejaan dan tanda baca |
Penulisan nama geografi/gelar/diri |
Pemahaman dan pengetahuan (L1) |
Disajikan sebuah
kalimat yang terdapat nama gelar yang masih belum sesuai ejaan, peserta
didik dapat menentukan penulisan gelar yang sesuai dengan ejaan |
PG |
31 |
32. |
Menggunakan ejaan |
Menyunting ejaan dan
tanda baca |
Ejaan |
Aplikasi (L2) |
Disajikan beberapa
kalimat yang terdapat nama gelar yang dirumpangkan, peserta didik dapat
menentukan nama gelar yang tepat |
PG |
32 |
33. |
Menentukan alasan kesalahan dari segi
ejaan dan tanda baca |
Menyunting ejaan dan
tanda baca |
Alasan kesalahan ejaan dan tanda baca |
Penalaran (L3) |
Disajikan kalimat yang
terdapat kesalahan ejaan dan tanda baca, peserta didik dapat menentukan
alasan kesalahan ejaan dan tanda baca kalimat tersebut |
PG |
33 |
34. |
Menentukan alasan dari
segi pilihan kata, kalimat, dan paragraf |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Perbaikan kalimat dan
alasannya |
Penalaran (L3) |
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat yang kurang tepat, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut
dengan alasan yang tepat |
PG |
34 |
35 |
Menentukan
kalimat utama |
Membaca nonsastra |
Kalimat utama |
Aplikasi (L2) |
Disajikan paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat utama |
PG |
35 |
36 |
Menyimpulkan isi
tersirat dalam teks |
Membaca nonsastra |
Tujuan penulisan |
Aplikasi (L2) |
Disajikan beberapa kalimat, peserta
didik dapat menentukan tujuan penulisan paragraf |
PG |
36 |
37 |
Membuktikan
simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai) |
Membca sastra |
Watak tokoh |
Penalaran (L3) |
Disajikan kutipan drama, peserta didik
dapat menentukan pembuktian watak tokoh |
PG |
37 |
38 |
Menentukan
kalimat penjelas |
Membaca nonsastra |
Kalimat argumen |
Aplikasi (L2) |
Disediakan kalimat tesis dan kalimat
argumentasi, siswa menentukan kalimat argumentasi yang mendukung |
PG |
38 |
39 |
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan konjungsi |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Konjungsi |
Pemahaman dan pengetahuan (L1) |
Disajikan paragraf, peserta didik dapat
menentukan konjungsi yang tepat |
PG |
39 |
40 |
Mengidentifikasi kesalahan
penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) |
Menyunting Tanda baca dan Ejaan |
Ejaan |
Pemahaman dan pengetahuan (L1) |
Disediakan beberapa kalimat, siswa
menentukan ejaan yang salah |
PG |
40 |
41. |
Mengomentari isi
paragraf |
Membaca nonsastra |
Komentar isi paragraf |
Penalaran (L3) |
Disajikan paragraf
yang berisi pendapat, peserta didik mampu mengomentari isi paragraf tersebut
dengan tepat |
PG |
41 |
42. |
Mengidentifikasi kata
yang bermakna simbolik/ majas/ kias/ dalam karya sastra |
Membaca sastra |
Kata bermakna lambang,
maksud/isi puisi, dan gaya bahasa (majas) |
Pemahaman dan
pengetahuan (L1) |
Disajikan sebuah karya
sastra berupa puisi, peserta didik mampu menentukan kata bermakna lambang,
maksud/isi puisi, gaya bahasa (majas) |
PG |
42 |
43. |
Melengkapi proposal/notulen |
Menulis terbatas |
Proposal (latar
belakang) |
Aplikasi (L2) |
Disajikan judul
proposal kegiatan/penelitian, peserta didik mampu menulis latar belakang (2
paragraf ) proposal kegiatan tersebut dengan tepat. |
PG |
43 |
44. |
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kata |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Kesalahan penggunaan
kata |
Pemahaman dan pengetahuan (L1) |
Disajikan paragraf yang terdapat empat kata (kata penghubung, kata depan, kata serapan, atau
kata baku) yang salah, peserta didik mampu
menentukan mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata tersebut |
PG |
44 |
45. |
Memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan |
Menyunting kata,
kalimat, dan paragraf |
Kalimat efektif |
Penalaran (L3) |
Disajikan paragraf
yang terdapat empat kesalahan pengunaan ejaan di dalamnya, peserta didik
mampu memperbaiki kesalhan penggunaan ejaan tersebut dengan tepat |
PG |
45 |
46 |
Menentukan
kalimat simpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi
dengan membaca intensif |
Menentukan kalimat |
Paragraf
argumentasi |
Pemahaman dan pengetahuan (L1) |
Disajikan
paragraf sebab-akibat yang terdiri atas tiga atau empat kalimat sebab dan
dirumpangkan kalimat akibatnya, siswa dapat menentukan kalimat yang berupa
akibat untuk melengkapinya |
PG |
46 |
|
Menulis karya
ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian |
Menentukan latar
belakang |
Karya
Ilmiah |
Penalaran (L3) |
Disajikan tema
karya tulis, siswa dapat menentukan kalimat latar belakang yang sesuai
dengan tema |
PG |
47 |
|
Mengaplikasikan
prinsip-prinsip penulisan resensi |
Menulis resensi |
Resensi |
Aplikasi (L2) |
Disajikan
penjelasan tentang karya sastra yang dapat dijadikan sebagai bahan penulisan
resensi berupa karya tersebut, siswa dapat menentukan kalimat resensi yang
menyatakan kelemahan buku |
PG |
48 |
|
Menulis
karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian |
Karya Ilmiah |
Karya ilmiah |
Pemahaman dan pengetahuan (L1) |
Disajikan
sebuah paragraf bagian karya tulis yang struktur kalimatnya mengandung kata
kis, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk memperbaikinya sehingga
menjadi bermakna lugas |
PG |
49 |
|
Menerapkan
prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra |
Kritik |
Kritik |
Pemahaman dan pengetahuan (L1) |
Disajikan
tentang penjelasan karya sastra yang dapat dijadikan sebagai bahan penulisan
kritik sastra, siswa dapat menentukan hal pokok ulasan dalam kalimat kritik |
PG |
50 |
Komentar
Posting Komentar