MENGIDENTIFIKASI INFORMASI BERUPA PERMASALAHAN AKTUAL YANG DISAJIAKN DALAM CERAMAH

 

MATERI TEKS CERAMAH

K.D : MENGIDENTIFIKASI INFORMASI BERUPA PERMASALAHAN AKTUAL YANG DISAJIAKN DALAM CERAMAH

A. MATERI

A.  Informasi

a.       Pengertian Informasi merupakan pemberitahuan atau pemberian kabar tentang sesuatu.  Pokok-pokok isi informasi bisa didapatkan dengan memperhatikan unsur-unsur 5W (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa) dan 1H (bagaimana) dalam penyampaian informasi.

b.       Dilihat dari fungsinya informasi bergantung pada materi dan juga kegunaan informasi. Dalam artian memberikan informasi tambahan seperti pengetahuan, informasi yang mengajari pembaca (informasi edukatif), dan informasi yang hanya menyenangkan pembaca yang bersifat fiksional (khayalan). Informasi yang menambah pengetahuan, misalnya, tulisan tentang pergantian kurikulum. Informasi edukatif, misalnya, tulisan tentang teknik belajar yang jitu. Selanjutnya, informasi yang menyenangkan, misalnya, cerita pendek, karikatur, dan komik.

c.       Informasi berdasarkan format penyajian yaitu informasi berdasarkan bentuk penyajian informasinya. Di media massa dikenal berbagai bentuk penyajian yaitu dalam bentuk tulisan, foto, kartun, ataupun karikatur. Dalam bentuk tulisan dikenal bentuk berita, artikel, karangan khas (feature), resensi, kolom, dan karya fiksi.

d.       Informasi berdasarkan lokasi peristiwa yaitu informasi berdasarkan tempat kejadian peristiwa berlangsung. Dengan demikian, informasi dibagi menjadi informasi daerah, nasional, dan mancanegara.

e.       Informasi berdasarkan bidang kehidupan yaitu informasi berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada. Antara lainnya adalah pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.

f.        Informasi berdasarkan bidang kepentingan yaitu dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut.

1.       informasi yang menyangkut keselamatan atau kelangsungan hidup pembaca.

2.       Informasi yang menyangkut perubahan dan berpengaruh pada kehidupan pembaca.

3.       Informasi tentang cara atau kiat baru dan praktis bagi pembaca untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

4.       Informasi tentang peluang bagi pembaca untuk memperoleh sesuatu.

 

B.      Permasalahan aktual adalah sebuah peristiwa yang betul-betul terjadi dan sedang menjadi pembicaraan orang banyak.

 

C.      Tanggapan terhadap isi ceramah dapat berupa pertanyaan, ungkapan persetujuan, penolakan, kritik, saran, pujian, atau sanggahan.  Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menanggapi teks ceramah sebagai berikut.

a. Menyimak ceramah yang didengar dengan saksama sehingga bisa menangkap informasi secara utuh.

b. Mencatat pokok-pokok isi ceramah.

c. Memberikan tanggapan terhadap materi ceramah baik berupa kritik, saran, sanggahan, pujian, persetujuan, maupun penolakan. Tanggapan harus disertai alasan dan bukti yang logis.

 

 

 

D.    Latihan Soal

Teks 1

Yang mulia presiden majelis umum PBB,

Yang mulia sekretaris jenderal PBB,

Yang mulia para pemimpin negara-negara anggota PBB,

 

Tahun ini genap 75 tahun usia PBB, 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar perang besar, perang dunia ke-2 tidak terulang kembali, 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar dunia bisa lebih damai stabil dan sejahtera, karena perang tidak akan menguntungkan siapa pun tidak ada artinya sebuah kemenangan dirayakan di tengah kehancuran, tidak ada artinya menjadi kekuatan ekonomi terbesar di tengah dunia yang tenggelam.

Pimpinan sidang yang terhormat, di usia PBB yang ke-75 ini, kita patut bertanya apakah dunia yang kita impikan tersebut sudah tercapai. Saya kira jawaban kita sama, belum, konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia, kemiskinan dan bahkan kelaparan masih terus dirasakan, prinsip-prinsip piagam PBB dan hukum internasional kerap tidak diindahkan termasuk penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Kita semua prihatin melihat situasi ini keprihatinan kita menjadi semakin besar di saat pandemi COVID-19 ini. Di saat seharusnya kita semua bersatu-padu, bekerja sama melawan pandemi yang justru kita lalu pendekatan win win pada hubungan antarnegara yang saling menguntungkan. Kita tahu dampak pandemi ini sangat luar biasa baik dari sisi kesehatan maupun sosial ekonomi. Kita juga paham virus ini tidak mengenal batas negara, no one is safe until everyone is, Jika perpecahan dan rivalitas terus terjadi maka saya khawatir pijakan bagi stabilitas dan perdamaian yang lestari akan goyah atau bahkan akan sirna.

Dunia yang damai stabil dan sejahtera semakin sulit diwujudkan. Yang mulia tahun ini Indonesia juga merayakan kemerdekaan yang ke-75 tahun dan sudah menjadi tekad kami Indonesia terus berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai amanah konstitusi. Indonesia akan terus memainkan peran sebagai Bridge Builder sebagai bagian dari solusi, secara konsisten komitmen ini terus jalankan Indonesia termasuk saat Indonesia duduk sebagai anggota dewan keamanan PBB, spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak tanpa meninggalkan satu negara pun, no one no country should be life behind.

Persamaan derajat inilah yang ditekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia Soekarno, Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 yang menghasilkan Dasasila Bandung, hingga kini prinsip Dasasila Bandung masih sangat relevan termasuk penyelesaian perselisihan secara damai pemajuan kerja sama dan penghormatan terhadap hukum internasional.

Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya, Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya. Di kawasan kami sendiri bersama negara-negara Asean lainnya Indonesia terus menjaga Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil dan sejahtera.

Pada hari jadinya yang ke-53, 8 Agustus 2020 yang lalu Asean kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo Pasifik melalui ASEAN Outlook on di Indo Pasifik. Yang mulia melihat situasi dunia saat ini izinkan saya menyampaikan beberapa pemikiran, yang pertama PBB harus senantiasa berbenah diri melakukan reformasi revitalisasi dan efisiensi. PBB harus dapat membuktikan bahwa multilateralism delivers termasuk pada saat terjadinya krisis. PBB harus lebih responsif dan efektif dalam menyelesaikan berbagai tantangan global dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk terus memperkuat PBB agar PBB tetap relevan dan semakin kontributif sejalan dengan tantangan zaman.

PBB Bukanlah sekadar sebuah gedung di kota New York, tapi sebuah cita-cita dan komitmen bersama seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia dan kesejahteraan bagi generasi penerus. Indonesia memiliki keyakinan yang tidak tergoyahkan terhadap PBB dan multilateralisme, multilateralisme adalah satu-satunya jalan yang dapat memberikan kesetaraan.

Kedua kolektif global leadership harus diperkuat. Kita paham bahwa dalam hubungan antarnegara dalam hubungan internasional setiap negara selalu memperjuangkan kepentingan nasionalnya. Namun, jangan lupa kita semua memiliki tanggung jawab untuk kontribusi menjadi bagian dari solusi bagi perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan dunia. Di sinilah dituntut peran PBB untuk memperkokoh kolektif global leadership, dunia membutuhkan spirit kolaborasi dan kepemimpinan global yang lebih kuat untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Ketiga, kerjasama dalam penanganan COVID-19 harus kita perkuat baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial ekonominya, vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi. Kita harus bekerja sama untuk memastikan bahwa semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau.

Untuk jangka panjang tata kelola, ketahanan kesehatan dunia harus lebih diperkuat, ketahanan kesehatan dunia yang berbasis pada ketahanan kesehatan nasional akan menjadi penentu masa depan dunia. Dari sisi ekonomi, reaktivasi kegiatan ekonomi secara bertahap harus mulai dilakukan dengan melakukan koreksi terhadap kelemahan-kelemahan global supply chains yang ada saat ini.

Aktivasi ekonomi harus memprioritaskan kesehatan warga dunia, dunia yang sehat, dunia yang produktif harus jadi prioritas kita. Semua itu dapat tercapai jika semua bekerja sama, bekerja sama dan bekerja sama. Mari kita memperkuat komitmen dan konsisten menjalankan komitmen untuk selalu bekerja sama. Sekian, terima kasih.

 

Sumber :

"Teks Lengkap Pidato Jokowi di Sidang PBB: Corona hingga Palestina", https://tirto.id/f42g

 

Latihan Soal

1.       Apa manfaatnya jika kamu mendengarkan ceramah?

2.       Apa manfaatnya jika kamu menyajikan ceramah?

3.       Bagaimana persamaan dan perbedaan antara Ceramah, khotbah, dan Pidato. Jelaskan

4.       Informasi apa saja yang kalian dapatrkan dari teks ceramah tersebut?

5.       Sebutkan permasalah yang terdapat pada teks ceramah di atas!

SILAHKAN KALIAN JAWAB LATIHAN SOAL DI KOLOM KOMENTAR.

PAHAM ? JIKA TIDAK PAHAM DENGAN MATERI DAN LATIHAN SOAL SILAHKAN HUBUNGI PAK GURU.

 

Komentar


  1. 1). 1. Menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah.
    2. Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.
    3. Mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah.
    4. Mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan.
    2). 1. Mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum.
    2. Mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang.
    3. Mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    4. Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/ nasihat/ petunjuk kepada orang lain.
    3). -Persamaan : Pidato, cermah, dan khotbah merupakan kegiatan berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran tentang suatu permasalahan.

    Sehingga, persamaan pidato, ceramah, dan khotbah adalah untuk mengungkapkan pandangan atau pendapat tentang sesuatu dengan argumen-argumen yang kuat yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar atau pembaca tentang pentingnya suatu permasalahan.
    - Perbedaan : Perbedaan pidato, ceramah, dan khotbah terletak pada isi penyampaiannya.
    Pidato adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasif, yakni berisi ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.
    Ceramah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya.
    Khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keimanan.
    4). Pidato tersebut disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo di sidang PBB yang berisi tentang berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh negara- negara anggota PBB, khususnya covid-19 dan Negara Palestina yang tak kunjung merdeka sampai sekarang.
    5). - Impian/tujuan didirikannya PBB untuk membuat dunia lebih damai, stabil dan sejahtera belum tercapai hingga saat ini, buktinya, konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia, kemiskinan bahkan kelaparan masih terus dirasakan.
    - Adanya virus covid-19 yang berdampak sangat luar biasa baik dari segi kesehatan maupun sosial ekonomi.
    - Palestina merupakan satu- satunya negara yang hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya.

    BalasHapus
  2. Nama : Sefa Tri Marlina
    No.Abs : 28

    1. Berikut ini manfaat mendengarkan ceramah:
    1). Menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah.
    2). Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.
    3). Mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah.
    4). Mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan.

    2. Berikut ini manfaat menyajikan ceramah:
    1).Mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum.
    2).Mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang.
    3). Mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    4).Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/ nasihat/ petunjuk kepada orang lain.
    5).Sebagai salah satu sarana menyampaikan hiburan disela-sela memberikan nasihat kebaikan.
    6).Mendorong kita untuk berbuat sebelum menyampaikan nasihat sebagai wujud tanggung jawab pribadi.
    7).Membangun pengakuan akan kemampuan kita dalam diri orang lain.

    3. Perbedaan pidato, ceramah, dan khotbah terletak pada isi penyampaiannya.
    Pidato adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasif, yakni berisi ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.

    Ceramah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya.

    Khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keimanan.

    Sedangkan persamaan pidato, ceramah, dan khotbah adalah
    - Pembicaraan di depan umum
    - Bertujuan untuk mengungkapkan pandangan atau pendapat tentang sesuatu dengan argumen-argumen yang kuat yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar atau pembaca tentang pentingnya suatu permasalahan.

    4. Informasi yang saya dapat dari ceramah tersebut adalah:
    -Tahun ini genap 75 tahun usia PBB, 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar perang besar, perang dunia ke-2 tidak terulang kembali, 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar dunia bisa lebih damai stabil dan sejahtera.
    -Dunia yang damai stabil dan sejahtera semakin sulit diwujudkan.
    -Pada hari jadinya yang ke-53, 8 Agustus 2020 yang lalu Asean kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo Pasifik melalui ASEAN Outlook on di Indo Pasifik.
    -PBB Bukanlah sekadar sebuah gedung di kota New York, tapi sebuah cita-cita dan komitmen bersama seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia dan kesejahteraan bagi generasi penerus.
    -kerjasama dalam penanganan COVID-19 harus kita perkuat baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial ekonominya, vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi.

    5. Permasalahan yang terdapat pada teks ceramah diatas adalah :
    -Situasi keprihatinan semakin besar karena adanya pandemi Covid-19.
    -PBB corona hingga palestina.
    -Aktivasi ekonomi harus memprioritaskan kesehatan warga dunia.

    BalasHapus
  3. Nama : Leni
    Kelas : X IPS 4



    Jawaban:
    1.a.Manfaat yang kita dapat dalam Mendengarkan ceramah adalah bertambahnya wawasan dan pengetahuan tentang agama dan dengan mendengarkan ceramah kita dapat mengintrofeksi diri ki menjadi lebih baik lagi.
    b.manfaat yang kita dapatkan dalam menyajikan ceramah adalah mengasah kemampuan berbicara kita di hadapan orang banyak, mendorong kita untuk memperdalam pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    c.kesempatan mendengarkan ceramah itu dapat kita ikuti kapanpun dimanapun, baik di tempat ibadah, di kapampus, di sekolah, di tempat-tempat yang kita dapat mendengarkan ceramah.
    d.>persamaan khutbah, ceramah, dan pidato adalah sebagai berikut:
    •sama-sama menyampaikan secara lisan/verbal suatu pesan.
    •sama-sama di sampaikan di depan umum.
    •bahan materi atau wacana terlebih dahulu di siapkan sebelum menyampaikannya.
    •sama-sama menggunakan teks eksposisi
    >perbedaan ceramah, khutbah, dan pidato adalah sebagai berikut:
    •khutbah: topik pembicaraannya keagamaan tertentu tidak dapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, di tunjukkan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu,biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
    •ceramah: topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu terdapat interaksi tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, biasanya di lakukan di tempat ibadah, di kampus, di sekolah dan sebagainya.
    •pidato: topik pembicaraannya bersifat umum,tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar di tunjukan untuk semua kalangan (kalangan umum), dilakukan pada acara tertentu dan tempat tertentu pula.
    e.informasi/pengetahuaan apa yang terdapat pada ceramah di atas adalah kurangnya etika dan sopan santun terhadap anak zaman sekarang,ini di sebabkan karena pergaulan bebas, dan didikan orang tua kepada anaknya yang tidak baik.
    2.a.Teks Pidato Presiden Ir Soekarno
    b.jenis teks tersebut di atas termasuk kedalam khutbah dan pidato alasannya ialah khutbah merupakan bentuk komunikasi berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara yang berkaitan dengan agama/kerohanian.Pidato merupakan bentuk komunikasi suatu arah berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara tentang suatu hal kepada banyak orang (umum) dan tidak mendapatkan tanggapan langsung dari pendengar.
    c.hal hal yang penting atau bermanfaat dari teks tersebut adalah pada tanggal 10 November atau yang disebut dengan hari pahlawan. Pada hari itu kita seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali peristiwa besar sebagai momentum sejarah yang terjadi di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Sudah sewajarnya jika kita Bangsa Indonesia menghormati jasa mereka dengan memanjatkan doa kepada Allah agar arwah mereka di terima-Nya dengan kemuliaan yang setinggi-tingginya. Disamping itu kita perlu ketahui bahwa menghormati jasa para pahlawan bukan saja kita harus mendoakan mereka, tetapi yang lebih penting lagi ialah meneladani mereka dengan penuh semangat serta meneruskan tekad dan perjuangan yang bulat. Barangkali akan menyesallah mereka jika para generasi muda tidak berani menyirnakan kemungkaran. Bukanlah Bangsa yang besar, jika kita tidak bisa menghormati para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Keberanian dan tekad mereka , kita jadikan cermin pemandu yang dapat menbimbing kita menuju kepada keutamaan amal dan menyemangati kita untuk berjuang dalam usaha membangun negara dan bengsa yang aman, tenteram, dan sentosa.

    BalasHapus
  4. Nama : Lani Larasati
    Kelas : XI IPS 4

    1.) Apa manfaatnya jika kamu mendengarkan ceramah?
    1.Menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah.
    2. Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.
    3. Mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah.
    4. Mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan.

    2.) Apa manfaatnya jika kamu menyajikan ceramah?
    1. Mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum.
    2. Mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang.
    3. Mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    4. Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/ nasihat/ petunjuk kepada orang lain.
    5. Sebagai salah satu sarana menyampaikan hiburan disela-sela memberikan nasihat kebaikan.
    6. Mendorong kita untuk berbuat sebelum menyampaikan nasihat sebagai wujud tanggung jawab pribadi.
    7. Membangun pengakuan akan kemampuan kita dalam diri orang lain.

    3.) Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah, khotbah, dan pidato. Jelaskan
    1. Sama-sama menyampaikan secara lisan/ verbal suatu pesan 2
    . Sama-sama disampaikan di depan khalayak umum.
    3. Bahan materi atau wacana terlebih dahulu disiapkan sebelum beraksi.
    4. Sama-sama menggunakan teks eksposisi.

    Berikut ini
    perbedaan ceramah, pidato, dan khotbah:
    - Pidato: (1) topik pembicaraannya bersifat umum, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) ditujukan untuk seluruh kalangan (kalangan umum), (4) dilakukan pada acara dan tempat tertentu.
    - Khotbah: (1) topik pembicaraannya tentang keagamaan tertentu, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, (3) ditujukan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu, (4) biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
    - Ceramah: (1) topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu, (2) terdapat interaksi berupah tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) bisa ditujukan untuk kalangan umum jika ceramah umum dan umat agama tertentu jika ceramah keagamaan, (4) biasanya dilakukan tempat ibadah, di kampus, di sekolah, di tempat khusus (aula) saat seminar/ ceramah umum.

    4). Pidato tersebut disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo di sidang PBB yang berisi tentang berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh negara- negara anggota PBB, khususnya covid-19 dan Negara Palestina yang tak kunjung merdeka sampai sekarang.

    5). - Impian/tujuan didirikannya PBB untuk membuat dunia lebih damai, stabil dan sejahtera belum tercapai hingga saat ini, buktinya, konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia, kemiskinan bahkan kelaparan masih terus dirasakan.
    - Adanya virus covid-19 yang berdampak sangat luar biasa baik dari segi kesehatan maupun sosial ekonomi.
    - Palestina merupakan satu- satunya negara yang hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya.

    BalasHapus
  5. 1.) Apa manfaatnya jika kamu mendengarkan ceramah?
    1.Menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah.
    2. Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.
    3. Mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah.
    4. Mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan.

    2.) Apa manfaatnya jika kamu menyajikan ceramah?
    1. Mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum.
    2. Mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang.
    3. Mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    4. Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/ nasihat/ petunjuk kepada orang lain.
    5. Sebagai salah satu sarana menyampaikan hiburan disela-sela memberikan nasihat kebaikan.
    6. Mendorong kita untuk berbuat sebelum menyampaikan nasihat sebagai wujud tanggung jawab pribadi.
    7. Membangun pengakuan akan kemampuan kita dalam diri orang lain.

    3.) Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah, khotbah, dan pidato. Jelaskan
    1. Sama-sama menyampaikan secara lisan/ verbal suatu pesan 2
    . Sama-sama disampaikan di depan khalayak umum.
    3. Bahan materi atau wacana terlebih dahulu disiapkan sebelum beraksi.
    4. Sama-sama menggunakan teks eksposisi.

    Berikut ini
    perbedaan ceramah, pidato, dan khotbah:
    - Pidato: (1) topik pembicaraannya bersifat umum, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) ditujukan untuk seluruh kalangan (kalangan umum), (4) dilakukan pada acara dan tempat tertentu.
    - Khotbah: (1) topik pembicaraannya tentang keagamaan tertentu, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, (3) ditujukan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu, (4) biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
    - Ceramah: (1) topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu, (2) terdapat interaksi berupah tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) bisa ditujukan untuk kalangan umum jika ceramah umum dan umat agama tertentu jika ceramah keagamaan, (4) biasanya dilakukan tempat ibadah, di kampus, di sekolah, di tempat khusus (aula) saat seminar/ ceramah umum.4). Pidato tersebut disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo di sidang PBB yang berisi tentang berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh negara- negara anggota PBB, khususnya covid-19 dan Negara Palestina yang tak kunjung merdeka sampai sekarang.
    5). - Impian/tujuan didirikannya PBB untuk membuat dunia lebih damai, stabil dan sejahtera belum tercapai hingga saat ini, buktinya, konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia, kemiskinan bahkan kelaparan masih terus dirasakan.
    - Adanya virus covid-19 yang berdampak sangat luar biasa baik dari segi kesehatan maupun sosial ekonomi.
    - Palestina merupakan satu- satunya negara yang hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya.

    BalasHapus
  6. Nama: Yosi Agustin
    Kelas: XI IPS 4

    1.) Apa manfaatnya jika kamu mendengarkan ceramah?
    1.Menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah.
    2. Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.
    3. Mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah.
    4. Mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan.

    2.) Apa manfaatnya jika kamu menyajikan ceramah?
    1. Mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum.
    2. Mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang.
    3. Mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    4. Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/ nasihat/ petunjuk kepada orang lain.
    5. Sebagai salah satu sarana menyampaikan hiburan disela-sela memberikan nasihat kebaikan.
    6. Mendorong kita untuk berbuat sebelum menyampaikan nasihat sebagai wujud tanggung jawab pribadi.
    7. Membangun pengakuan akan kemampuan kita dalam diri orang lain.

    3.) Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah, khotbah, dan pidato. Jelaskan
    1. Sama-sama menyampaikan secara lisan/ verbal suatu pesan 2
    . Sama-sama disampaikan di depan khalayak umum.
    3. Bahan materi atau wacana terlebih dahulu disiapkan sebelum beraksi.
    4. Sama-sama menggunakan teks eksposisi.

    Berikut ini
    perbedaan ceramah, pidato, dan khotbah:
    - Pidato: (1) topik pembicaraannya bersifat umum, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) ditujukan untuk seluruh kalangan (kalangan umum), (4) dilakukan pada acara dan tempat tertentu.
    - Khotbah: (1) topik pembicaraannya tentang keagamaan tertentu, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, (3) ditujukan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu, (4) biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
    - Ceramah: (1) topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu, (2) terdapat interaksi berupah tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) bisa ditujukan untuk kalangan umum jika ceramah umum dan umat agama tertentu jika ceramah keagamaan, (4) biasanya dilakukan tempat ibadah, di kampus, di sekolah, di tempat khusus (aula) saat seminar/ ceramah umum.
    4). Pidato tersebut disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo di sidang PBB yang berisi tentang berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh negara- negara anggota PBB, khususnya covid-19 dan Negara Palestina yang tak kunjung merdeka sampai sekarang.
    5). - Impian/tujuan didirikannya PBB untuk membuat dunia lebih damai, stabil dan sejahtera belum tercapai hingga saat ini, buktinya, konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia, kemiskinan bahkan kelaparan masih terus dirasakan.
    - Adanya virus covid-19 yang berdampak sangat luar biasa baik dari segi kesehatan maupun sosial ekonomi.
    - Palestina merupakan satu- satunya negara yang hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya.

    BalasHapus
  7. Nama: Mia Lestari
    Kelas: XI IPS 4
    1.) Apa manfaatnya jika kamu mendengarkan ceramah?
    1.Menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah.
    2. Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.
    3. Mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah.
    4. Mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan.

    2.) Apa manfaatnya jika kamu menyajikan ceramah?
    1. Mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum.
    2. Mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang.
    3. Mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    4. Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/ nasihat/ petunjuk kepada orang lain.
    5. Sebagai salah satu sarana menyampaikan hiburan disela-sela memberikan nasihat kebaikan.
    6. Mendorong kita untuk berbuat sebelum menyampaikan nasihat sebagai wujud tanggung jawab pribadi.
    7. Membangun pengakuan akan kemampuan kita dalam diri orang lain.

    3.) Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah, khotbah, dan pidato. Jelaskan
    1. Sama-sama menyampaikan secara lisan/ verbal suatu pesan 2
    . Sama-sama disampaikan di depan khalayak umum.
    3. Bahan materi atau wacana terlebih dahulu disiapkan sebelum beraksi.
    4. Sama-sama menggunakan teks eksposisi.

    Berikut ini
    perbedaan ceramah, pidato, dan khotbah:
    - Pidato: (1) topik pembicaraannya bersifat umum, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) ditujukan untuk seluruh kalangan (kalangan umum), (4) dilakukan pada acara dan tempat tertentu.
    - Khotbah: (1) topik pembicaraannya tentang keagamaan tertentu, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, (3) ditujukan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu, (4) biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
    - Ceramah: (1) topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu, (2) terdapat interaksi berupah tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) bisa ditujukan untuk kalangan umum jika ceramah umum dan umat agama tertentu jika ceramah keagamaan, (4) biasanya dilakukan tempat ibadah, di kampus, di sekolah, di tempat khusus (aula) saat seminar/ ceramah umum.
    4). Pidato tersebut disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo di sidang PBB yang berisi tentang berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh negara- negara anggota PBB, khususnya covid-19 dan Negara Palestina yang tak kunjung merdeka sampai sekarang.
    5). - Impian/tujuan didirikannya PBB untuk membuat dunia lebih damai, stabil dan sejahtera belum tercapai hingga saat ini, buktinya, konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia, kemiskinan bahkan kelaparan masih terus dirasakan.
    - Adanya virus covid-19 yang berdampak sangat luar biasa baik dari segi kesehatan maupun sosial ekonomi.
    - Palestina merupakan satu- satunya negara yang hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya.

    BalasHapus
  8. 1) 1. Menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah.
    2. Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.
    2) manfaat menyajikan ceramah:
    1. Mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum.
    2. Mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang.
    3. Mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    4. Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/ nasihat/ petunjuk kepada orang lain.
    5. Sebagai salah satu sarana menyampaikan hiburan disela-sela memberikan nasihat kebaikan.
    6. Mendorong kita untuk berbuat sebelum menyampaikan nasihat sebagai wujud tanggung jawab pribadi.
    7. Membangun pengakuan akan kemampuan kita dalam diri orang lain.
    3)Perbedaan:
    Pidato: (1) topik pembicaraannya bersifat umum, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) ditujukan untuk seluruh kalangan (kalangan umum), (4) dilakukan pada acara dan tempat tertentu.
    - Khotbah: (1) topik pembicaraannya tentang keagamaan tertentu, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, (3) ditujukan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu, (4) biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
    - Ceramah: (1) topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu, (2) terdapat interaksi berupah tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) bisa ditujukan untuk kalangan umum jika ceramah umum dan umat agama tertentu jika ceramah keagamaan, (4) biasanya dilakukan tempat ibadah, di kampus, di sekolah, di tempat khusus (aula) saat seminar/ ceramah umum.
    Persamaan:
    persamaan pidato, ceramah, dan khotbah adalah untuk mengungkapkan pandangan atau pendapat tentang sesuatu dengan argumen-argumen yang kuat yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar atau pembaca tentang pentingnya suatu permasalahan.
    4) Informasi yang saya dapat dari ceramah tersebut adalah:
    -Tahun ini genap 75 tahun usia PBB, 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar perang besar, perang dunia ke-2 tidak terulang kembali, 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar dunia bisa lebih damai stabil dan sejahtera.
    -Dunia yang damai stabil dan sejahtera semakin sulit diwujudkan.
    -Pada hari jadinya yang ke-53, 8 Agustus 2020 yang lalu Asean kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo Pasifik melalui ASEAN Outlook on di Indo Pasifik.
    -PBB Bukanlah sekadar sebuah gedung di kota New York, tapi sebuah cita-cita dan komitmen bersama seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia dan kesejahteraan bagi generasi penerus.
    -kerjasama dalam penanganan COVID-19 harus kita perkuat baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial ekonominya, vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi.

    5) Permasalahan yang terdapat pada teks ceramah diatas adalah :
    -Situasi keprihatinan semakin besar karena adanya pandemi Covid-19.
    -PBB corona hingga palestina.
    -Aktivasi ekonomi harus memprioritaskan kesehatan warga dunia.

    BalasHapus
  9. Nama: Mia Lestari
    Kelas: XI IPS 4
    1.) Apa manfaatnya jika kamu mendengarkan ceramah?
    1.Menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah.
    2. Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.
    3. Mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah.
    4. Mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan.

    2.) Apa manfaatnya jika kamu menyajikan ceramah?
    1. Mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum.
    2. Mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang.
    3. Mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.
    4. Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/ nasihat/ petunjuk kepada orang lain.
    5. Sebagai salah satu sarana menyampaikan hiburan disela-sela memberikan nasihat kebaikan.
    6. Mendorong kita untuk berbuat sebelum menyampaikan nasihat sebagai wujud tanggung jawab pribadi.
    7. Membangun pengakuan akan kemampuan kita dalam diri orang lain.

    3.) Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah, khotbah, dan pidato. Jelaskan
    1. Sama-sama menyampaikan secara lisan/ verbal suatu pesan 2
    . Sama-sama disampaikan di depan khalayak umum.
    3. Bahan materi atau wacana terlebih dahulu disiapkan sebelum beraksi.
    4. Sama-sama menggunakan teks eksposisi.

    Berikut ini
    perbedaan ceramah, pidato, dan khotbah:
    - Pidato: (1) topik pembicaraannya bersifat umum, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) ditujukan untuk seluruh kalangan (kalangan umum), (4) dilakukan pada acara dan tempat tertentu.
    - Khotbah: (1) topik pembicaraannya tentang keagamaan tertentu, (2) tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, (3) ditujukan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu, (4) biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
    - Ceramah: (1) topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu, (2) terdapat interaksi berupah tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, (3) bisa ditujukan untuk kalangan umum jika ceramah umum dan umat agama tertentu jika ceramah keagamaan, (4) biasanya dilakukan tempat ibadah, di kampus, di sekolah, di tempat khusus (aula) saat seminar/ ceramah umum.
    4). Pidato tersebut disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo di sidang PBB yang berisi tentang berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh negara- negara anggota PBB, khususnya covid-19 dan Negara Palestina yang tak kunjung merdeka sampai sekarang.
    5). - Impian/tujuan didirikannya PBB untuk membuat dunia lebih damai, stabil dan sejahtera belum tercapai hingga saat ini, buktinya, konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia, kemiskinan bahkan kelaparan masih terus dirasakan.
    - Adanya virus covid-19 yang berdampak sangat luar biasa baik dari segi kesehatan maupun sosial ekonomi.
    - Palestina merupakan satu- satunya negara yang hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya.

    BalasHapus


  10. 1. Apa manfaatnya jika kamu mendengarkan ceramah?
    Jawab:
    * menambah pengetahuan kita tentang suatu masalah
    * mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan
    * mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah

    2. Apa manfaatnya jika kamu menyajikan ceramah?
    Jawab:
    * mengasah kemampuan berbicara di depan khalayak umum
    *mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk di sampaikan Di depan umum
    * membangun pengakuan akan kemampuan kita dalam diri orang lain

    3. Bagaimana persamaan dan perbedaan antar ceramah,khotbah,dan pidato.jelaskan!
    Jawab:
    *persamaannya adalah
    - sama sama di sampaikan di depan umum
    -sama sama menggunakan teks eksposisi

    *perbedaannya adalah
    - pidato,topik pembicarannya bersifat umum,,,,di lakukan pada acara tertentu.
    - khotbah,topik pembicaraannya tentang keagamaan tertentu,,,tidak dapat interaksi antar sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali
    -ceramah,topik pembicaraanya bersifat pengetahuan atau kegaamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu,,,terdapat interaksi berupa tanya jawab antar sang pembicara dengan sang pendengar

    4. Informasi apa saja yang kalian dapatkan dari teks ceramah tersebut?
    Jawab
    Ceramah yang di lakukan presiden jokowi dodo bahwa di tahun ini adalah tahun Genap 75 tahun usia PBB
    75 Tahun yang lalu PBB di bentuk agar perang besar atau perang dunia ke 2 tidak berulang kembali

    5. Sebutkan permasalahan yang terdapat pada teks ceramah di atas
    Jawab:
    *Adanya virus covid 19 yang berdampak sangat luar biasa baik dari segi kesehatan maupun sosial ekonomi
    *palestina merupakan satu satunya negara yg hadir di konferensi bandung yg samapi saat ini belum menikmati kemerdekaannya

    BalasHapus
  11. 1. Manfaat yang kita dapat dalam Mendengarkan ceramah adalah bertambahnya wawasan dan pengetahuan tentang agama dan dengan mendengarkan ceramah kita dapat mengintrofeksi diri ki menjadi lebih baik lagi.

    2. Manfaat yang kita dapatkan dalam menyajikan ceramah adalah mengasah kemampuan berbicara kita di hadapan orang banyak, mendorong kita untuk memperdalam pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.

    3. Persamaan khutbah, ceramah, dan pidato adalah sebagai berikut:
    •sama-sama menyampaikan secara lisan/verbal suatu pesan.
    •sama-sama di sampaikan di depan umum.
    •bahan materi atau wacana terlebih dahulu di siapkan sebelum menyampaikannya.
    •sama-sama menggunakan teks eksposisi
    >perbedaan ceramah,t khutbah, dan pidato adalah sebagai berikut:
    •khutbah: topik pembicaraannya keagamaan tertentu tidak dapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, di tunjukkan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu,biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.
    •ceramah: topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu terdapat interaksi tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, biasanya di lakukan di tempat ibadah, di kampus, di sekolah dan sebagainya.
    •pidato: topik pembicaraannya bersifat umum,tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar di tunjukan untuk semua kalangan (kalangan umum), dilakukan pada acara tertentu dan tempat tertentu pula.

    4. Informasi/pengetahuaan apa yang terdapat pada ceramah di atas adalah kurangnya etika dan sopan santun terhadap anak zaman sekarang,ini di sebabkan karena pergaulan bebas, dan didikan orang tua kepada anaknya yang tidak baik.

    5. Masalah yang sedang dihadapi oleh negara- negara anggota PBB, khususnya covid-19 dan Negara Palestina yang tak kunjung merdeka sampai sekarang.

    BalasHapus
  12. Terima kasih yang sudah berkomentar akan pak guru ceklis sebagai keaktifan dan nilai tugas

    BalasHapus

Posting Komentar