KETELADANAN DAN KEISTIMEWAN TOKOH DALAM TEKS BIOGRAFI

Biografi merupakan catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi berisi paparan hidup seorang tokoh dari kecil hingga  tua.Bahkan,tokoh tersebut meninggal dunia. Semua jasa,hasil karya, dan segala kegiatan yang dilakukan seorang tokoh juga dijelaskan dalam buku biografi.       

Tokoh dalam biografi tersebut memiliki keistimewahan dan keteladananKeistimewaan merupakan kelebihan khusus yang dimiliki oleh Tokoh dalam kehidupannya misalnya: Tokoh tersebut seorang penyanyi maka kelebihannya adalah memiliki suara yang merdu dan mengagumkan dengan suara khas yang tidak dimiliki oleh penyanyi lain hingga ia di gemari banyak orang. Keteladanan merupakan sikap sikap terpuji yang tergambarkan dalam biografi dan patut diteladani oleh pembaca.

Dalam biografi singkat  biasanya hanya dipaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya sementara biografi yang panjang meliputi informasi-informasi penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail dan tentunya dituliskan dengan gaya bercerita yang baik. Biografi yang menarik tergantung dari keahlian penulis mengkisahkan jalan hidup suatu tokoh secara mendetail dan tentunya tokoh itu harus memiliki keistimewaan tersendiri. Pembahasan Biografi memiliki keistimewaan dan keteladanan yang dapat menginspirasi kita. Keistimewaan merupakan klebihan khusus yang dimiliki oleh tokoh dalam kehidupannya sedangkan ketaladanan merupakan sikap-sikap terpuji yang tergambar dalam biografi dan patut diteladani oleh pembaca.

CONTOH 1:

B.J. Habibie
Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Alwi Abdul Jalil Habibie lahir pada tanggal 17 Agustus 1908 di Gorontalo dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo lahir di Yogyakarta 10 November 1911. Ibunda R.A. Tuti Marini Puspowardojo adalah anak seorang spesialis mata di Yogya, dan ayahnya yang bernama Puspowardjojo bertugas sebagai pemilik sekolah. B.J. Habibie adalah salah satu anak dari tujuh orang bersaudara.
B.J. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962, dan dikaruniai dua orang putra, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.
Sebelumnya ia pernah berilmu di SMAK Dago. Ia belajar teknik mesin di Institut Teknologi Bandung tahun 1954. Pada 1955-1965 ia melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat, menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude. Habibie merupakan orang yang memiliki daya juang dan semangat untuk belajar yang sangat tinggi sehingga dia mampu menyelesaikan pendidikannya yang terbilang sangat sulit untuk dijalani.
Keistimewaan tokoh:
Mampu mendapatkan gelar doktor ingenieur dengan predikat summa cum laude.
Teladan tokoh : Memiliki daya juang dan semangat untuk belajar yang sangat tinggi.

Komentar

  1. NAMA : ANDARA SHYRA SHOLUNA
    KELAS : X MIPA 2
    NO : 03
    TOKOH BIOGRAFI : IBU ERLI LIBERTI
    KETELADANAN TOKOH : MEMILIKI SIFAT DAN SIKAP YANG TEGUH PENDIRIAN PADA KEBENARAN APAPUN YANG TERJADI.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : BELIAU MENDAPAT BEASISWA DI MASA SMA NYA,WALAUPUN AKHIRNYA MEMUTUSKAN UNTUK BERHENTI SEKOLAH.

    BalasHapus
    Balasan

    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  2. NAMA : SAFIRA DAFIRA PUTRI
    KELAS : X MIPA 2
    NO : 29
    TOKOH BIOGRAFI : IBU TARIWEN
    KETELADANAN TOKOH : MEMILIKI SIFAT JUANG TINGGI UNTUK MEMPERTAHANKAN USAHANYA.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : MAMPU MENJALANKAN USAHANYA SELAMA 30 TAHUN HINGGA MERAIH KESUKSESAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  3. NAMA: TRI PUJI ASTUTI
    KELAS: X MIPA 2
    NO: 32
    TOKOH BIOGRAFI: AWAL PUJIONO
    KETELADANAN TOKOH: 1. Tokoh tersebut merupakan seseorang yang bekerja keras dan pantang menyerah. Contohnya, tokoh tersebut tidak jarang berangkat sekolah tanpa uang saku karena ia relakan uang sakunya untuk adik-adiknya yang masih duduk di bangku sekolah yang lebih rendah darinya. Walaupun dalam keterbatasan ekonomi, tokoh tersebut tetap berusaha untuk terus belajar tanpa memikirkan uang saku atau lainnya. Tokoh tersebut merupakan seorang tokoh yang mencita-citakan dapat bersekolah sampai kuliah. Walaupun dalam faktor ekonomi ia kurang, tapi ia tetap berusaha dengan jalan lainnya yaitu mengikuti bidik misi dan dia lolos dengan mendapatkan beasiswa untuk kuliah. Pada saat itu ia tidak mempunyai kendaraan untuk berangkat kuliah, terkadang ia meminjam motor teman kuliahnya dan bahkan ia berangkat kuliah dengan mengendarai sepeda dari rumah ke kampusnya yang berjarak cukup jauh yaitu dari Kutasari ke Purwokerto. Tokoh tersebut mengajarkan saya apa arti sebuah perjuangan hidup di bidang pendidikan dan lingkungan. Satu yang ia katakan ketika saya terpuruk dengan nilai raport saya yang turun "Walaupun tidak bisa mengejar di dalam akademik, tapi kamu bisa mengejar prestasi di bidang non akademik dan tidak semua orang mempunyai bakat seperti apa yang kamu miliki."
    2. Tokoh tersebut merupakan seseorang yang menyayangi keluarganya. Contohnya, untuk saat ini disaat orang tuanya tidak mempunyai uang atau dalam kekurangan pasti ia membantunya ketika ia mempunyai uang, ia pinjamkan ke orang tuanya tetapi tidak mengharapkan uang itu kembali. Tokoh tersebut merupakan seseorang yang suka memberi kepada keluarganya dan orang lain. Ketika adiknya sedang menjalankan usaha dan tidak mempunyai modal, ia pinjamkan uangnya dengan enteng, ketika jangka waktu pinjaman sudah terlalu lama, ia tidak menagih, ia hanya mau adik-adiknya berusaha dengan sungguh-sungguh.
    KEISTIMEWAAN TOKOH: Tokoh tersebut merupakan tokoh yang berprestasi di sekolahnya. Ia pernah menjadi ketua OSIS di Sekolah Menengahnya. Ia juga pernah mengikuti lomba KIR di tingkat Provinsi dan ia mendapatkan juara 3, itupun karna pada saat lomba kondisi tubuhnya sedang tidak enak badan, sedang tidak sehat. Tokoh tersebut tidak terlalu pintar di bidang pelajaran tetapi berprestasi di dalam perlombaan. Masih banyak lagi lomba atau acara yang pernah ia ikuti selama sekolahnya, banyak piagam dan sertifikat yang ia dapatkan dan masih tersimpan rapi di dalam map lemari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  4. NAMA : NUR KHASANAH
    KELAS : X MIPA 2
    NO : 27

    TOKOH BIOGRAFI : SAHRUR GHOFUR

    KETELADANAN TOKOH : GIGIH DAN RAJIN BELAJAR TIDAK SURUT SEMANGAT WALAUPUN KETERBATASAN LATAR BELAKANG

    KEISTIMEWAAN TOKOH : MAMPU MERAIH RANKING 1 DARI KELAS 1 SD SAMPAI 9 SMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  5. NAMA : YERICA AGUSTINA
    KELAS : X MIPA 2
    NO. ABSEN : 34
    TOKOH BIOGRAFI : ORANGTUA
    KETELADANAN TOKOH : MEMILIKI SIFAT DAN SIKAP YANG SAMA PEKERJA KERAS,PANTANG MENYERAH DAN SELALU BERUSAHA UNTUK MEMBAHAGIAKAN KELUARGANYA.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : BAPAK SELALU BERUSAHA UNTUK BISA MENYELESAIKAN PENDIDIKANNYA SAMPAI AKHIRNYA BISA TERCAPAI MENJADI SEORANG GURU, IBU JUGA SELALU BERUSAHA UNTUK TIDAK MENUNJUKAN RASA LELAHNYA KEPADA ANAKNYA DAN INGIN MEMBUAT ANAKNYA BAHAGIA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  6. NAMA : DITA PURWANTI
    KELAS : 10 MIPA 2
    NO : 08
    TOKOH BIOGRAFI : WATINO
    KETELADANAN TOKOH : PEKERJA KERAS DAN TIDAK SEGAN MENGAMBIL SEBUAH KEPUTUSAN YANG DIANGGAPNYA BENAR.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : WALAUPUN HANYA LULUSAN SLTA, BELIAU DAPAT MENJADI SEORANG TEKNISI MESIN TETAP DI SEBUAH PERUSAHAAN BESAR DI KOTA TANGERANG BERKAT KERJA KERASNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  7. Nama : Nina Iftina Nurfaizah
    Kelas : X MIPA 2
    No Absen : 25
    Tokoh Biografi : Ibu Siti Rochmah
    Keteladanan Tokoh : Beliau bersikap lemah lembut kepada siapapun.
    Keistimewaan Tokoh : Senantiasa tersenyum di setiap keadaan, entah itu bahagia, sedih, atau bahkan terluka.
    Teks Biografi :

    Bicara tentang sosok ibu tidak akan pernah ada habisnya. Siti Rochmah adalah nama ibuku. Beliau lahir di Purbalingga tanggal 15 Oktober 1975 dari pasangan Syamsudin dan Siti Khotimah. Sejak kecil hingga MTS, ibu tinggal di Bojongsari dan mengenyam pendidikan di Karang bolong.

    Setelah selesai menamatkan pendidikan di MTS Karang bolong, ibu memutuskan untuk bekerja ke Malaysia. Sebenarnya, ibu menginginkan belajar di SLTA, tetapi karena tak punya biaya dan kehidupan sehari-hari keluarga masih jauh dari kata cukup, beliau memutuskan untuk bekerja.

    Di Kota Purbalingga inilah, ibu bertemu dengan ayah. Nama ayahku adalah Wahyu Fajar Basuki. Mereka sempat bertemu di Malaysia sebagai dua orang asing di suatu tempat wisata. Mereka memutuskan untuk menikah. Beberapa tahun kemudian aku lahir. Aku dibesarkan dengan penuh kasih sayang.

    Dari kecil hingga sekarang, aku selalu takjub melihat beliau. Ibuku adalah seorang wanita yang hebat. Selalu bisa tersenyum dalam segala situasi. Entah itu senang, sedih, ataupun terluka.

    Beliau sosok yang sangat lembut kepada siapapun. Tak pernah sekalipun mengeluh tentang kehidupan. Awalnya, semua baik-baik saja hingga aku berusia 15 tahun.

    Beliau mulai sakit-sakitan. Daya tahan tubuhnya semakin hari semakin melemah. Berbagai penyakit menyerang dirinya dalam waktu bersamaan. Lagi-lagi, ibuku terus tersenyum menyembunyikan rasa sakitnya. Hingga akhirnya, beliau wafat pada usiaku tepat 15 tahun. Pada saat wafat pun, beliau masih dalam keadaan tersenyum.

    Ibu adalah segalanya bagiku. Aku tidak akan pernah bisa membalas apapun yang telah ibu lakukan untukku.

    BalasHapus
  8. NAMA : NADYA MIKO AZHARA
    KELAS : X MIPA 2
    NO : 21
    TOKOH BIOGRAFI : IBU JAMILAH.
    KETELADANAN TOKOH : BELIAU DISIPLIN DAN BERTANGGUNG JAWAB.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : SELALU MEMBUAT ANAKNYA BAHAGIA DAN TIDAK PERNAH MENGELUH, MENDIDIK ANAKNYA AGAR DISIPLIN DAN RAJIN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  9. Nama : Arinda Dyas Rahmawati
    Kelas : X MIPA 2
    No. Absen : 04
    Tokoh Biografi : Angga Bagus Setiyadi
    Keteladanan Tokoh : pandai di pelajaran fisika dan menekuninya dengan mengikuti lomba, menyayangi keluarganya.
    Keistimewaan Tokoh : mendapat tawaran beasiswa meski akhirnya ditolak.

    BalasHapus
  10. Nama : Arinda Dyas Rahmawati
    Kelas : X MIPA 2
    No. Absen : 04
    Tokoh Biografi : Angga Bagus Setiyadi
    Keteladanan Tokoh : pandai di pelajaran fisika dan menekuninya dengan mengikuti lomba, menyayangi keluarganya.
    Keistimewaan Tokoh : mendapat tawaran beasiswa meski akhirnya ditolak.

    BalasHapus
  11. NAMA : HESTI RAHAYU.
    KELAS : X MIPA 2.
    NO : 14.

    TOKOH : YULIA LINDA SARI.
    KETELADANAN: MEMILIKI SIKAP PANTANG MENYERAH DAN KESABARAN TINGGI.
    KEISTIMEWAAN : MENDAPAT GELAR S.Si DAN BISA MENGAJARKAN MAKHORIJUL HURUF DENGAN BAIK DAN BENAR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. NAMA: NAELI MA'RIFAH
    KELAS: XMIPA2
    NO: 22
    TOKOH BIOGRAFI : MUFSRIANA
    KETELADANAN TOKOH: SELALU BEKEJA KERAS DEMI HASIL YANG MEMUASKAN. TIDAK PERNAH PUTUS ASA. TIDAK PERNAH MENYERAH

    KEISTIMEWAAN TOKOH: SELALU BERSEKOLAH DI SEKOLAH FAVORITE DAN SELALU MENGIKUTI KEGIATAN YANG ADA DI SEKOLAH. BERKULIAH HINGGA S2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  14. NAMA: HENDRIKA LAUREN OKTAVIA
    KELAS: X MIPA 2
    NO: 13
    TOKOH BIOGRAFI: IBU SUGIARTI
    KETELADANAN TOKOH:
    BELIAU MEMPUNYAI RASA SEMANGAT DAN TIDAK PUTUS ASA DALAM BEKERJA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGANYA. CONTOH, PADA SAAT LULUS SD, BELIAU MEMUTUSKAN UNTUK TIDAK MELANJUTKAN SEKOLAH KARENA BELIAU MENGERTI KEADAAN KEUANGAN ORANG TUANYA PADA WAKTU ITU. SETELAH BELIAU LULUS SEKOLAH DADAR LALU BELIAU PERGI BEKERJA KE JAKARTA UNTUK MEMBANTU KELUARGANYA.
    KEISTIMEWAAN TOKOH: BELIAU DIANGKAT MENJADI ATASAN DI TEMPAT BELIAU BEKERJA. DENGAN KEADAAN BELIAU HANYA LULUSAN SEKOLAH DASAR.

    BalasHapus
  15. NAMA : KHASNA QORINA
    KELAS : 10 MIPA 2
    NO : 18
    TOKOH BIOGRAFI : MUHAMMAD FAIZIN
    KETELADANAN TOKOH : MEMILIKI SIFAT YANG BAIK HATI, SELALU SEMANGAT DAN PANTANG MENYERAH DALAM MENGEJAR IMPIANNYA HINGGA TERCAPAI.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : DIA SELALU TERSENYUM KEPADA ORANG LAIN DAN SELALU MEMBUAT SEMUA ORANG KAGUM DAN BANGGA.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. NAMA : FINA JULIANTI
    KELAS : X MIPA 2
    NO. ABSEN : 11
    TOKOH BIOGRAFI : Ibu Miswati.
    KETELADANAN TOKOH:
    - Selalu berusaha dan semangat dalam memperjuangkan hidupnya walau dengan pendidikan yang rendah.
    - Menomorsatukan kepentingan dan pendidikan anak.
    - Mengasihi orang sekitar dan berusaha membantu dengan yang ia miliki.
    KEISTIMEWAAN TOKOH :
    - Tidak pernah mengeluh sekalipun telah bekerja keras mengurus keluarga.
    -Bersikeras mengembangkan minat dan usaha yang ia inginkan.

    BalasHapus
  18. NAMA:INDAH NUR JANAH
    KELAS:10 MIPA 2
    NO.ABSEN:16
    TOKOH BIOGRAFI:IBu LAELIN
    KETELADANAN TOKOH:IBU LAELIN ADALAH SOSOK YANG PANTANG MENYERAH DALAM MENGINGINKAN APA KEINGINANNYA DAN BELIAU JUGA RELA BERKORBAN DEMI MEMBAHAGIAKAN KELUARGANYA SETIAP HARI BEKERJA TANPA KENAL LELAH UNTUH MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGANNYA.BELIAU JUGA SANGAT MENURUTI PERKATAAN KEDUA ORANGTUANNYA .BELIAU RELA MENGURUNGKAN CITA-CITANYA MENJADI SEORANG APOTEKER DAN BISA MEMBUKA APOTEK KARENA ADANYA KETERBATASAN BIAYA DAN HANYA BISA MELANJUTKAN PENDIDIKANNYA DI SMA
    KEISTIMEWAAN TOKOH:MEMILIKI RASA PEDULI YANG SANGAT TINGGI,SELALU BERUSAHA KERAS DALAM MEMBAHAGIAKAN ANAK-ANAKNYA AGAR MEREKA TIDAK MERASAKAN APA YANG BELIAU RASAKAN,TIDAK PERNAH MENGELEUH

    BalasHapus
  19. NAMA: Ayika Nur Zamania Pasha
    KELAS: X MIPA2
    NO. : 5
    TOKOH BIOGRAFI: Rosinta Sabela
    KETELADANAN TOKOH:
    1. Seorang pelajar yang mengisi waktu sekolahnya dengan hal-hal positif, yakni dengan mengikuti berbagai organisasi di sekolah seperti OSIS, Pramuka, ataupun Ekstrakulikuler yang ia ikuti.
    2. Tekun dalam belajar sehingga dapat mencapai cita-citanya.
    KEISTIMEWAAN TOKOH:
    1. Banyak ditunjuk oleh sekolah mengikuti perlombaan dibidang akademik, contohnya: perlombaan matematika.
    2. Mampu menjadi peserta mewakili sekolah dan menjadi Juara Harapan III dari kurang lebih 40 sekolah dalam Lomba Jambore Madrasah Aliyah Tingkat Jawa Tengah.

    BalasHapus
  20. NAMA: Sefi Nur Halifah
    KELAS: X MIPA 2
    NO: 30
    TOKOH BIOGRAFI:Linawati
    KETELADANAN TOKOH:
    Memiliki sikap pantang menyera dan tolong menolong yang tinggi. dia selalu memegang prinsipnya bahwa orang yang selalu berusaha dan berdoa pasti akan mendapatkan buah dari semuanya dan itupun terjadi pada dirinya.
    KEISTIMEWAAN TOKOH:
    Berkat ketekunannya dia pun lulus kuliah dengan nilai tinggi dan menjadi seorang bidan.

    BalasHapus
  21. Nama : Wiwi nur Tina Wati
    Kelas :Xmipa2
    Absen :33
    Tokoh biografi : bapak Harjono
    Keteladanan tokoh : memiliki sifat pekerja keras demi keluarganya dan pantang menyerah dalam setiap menghadapi permasalahan.
    Keistimewaan tokoh: selalu mengutamakan keluarga dan kebahagiaan anaknya.

    BalasHapus
  22. Nama: Fauzan Bahy Azzahra
    Kelas:XMIPA 2
    Absen:10
    Tokoh:Bapak Yitno
    Keteladanan: memiliki sifat kekeluargaan,pekerja keras,dan pantang menyerah
    Keistimewaan: memiliki sifat kekeluargaan dan tidak pernah mengeluh

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

      Hapus
  23. Nama: Yovita Vidiana A.
    Kelas: X MIPA 2
    Absen: 35
    Tokoh: Hesti Riyono
    Keistimewaan= menjadi guru, pintar menggambar dan bermain alat musik serta menjadi saudagar kaya di umur yang masih muda.

    Keteladanan= gigih dan rajin dalam belajar dan sabar dalam mengajar anakanak meskipun dipedesaan terpencil serta trampil dalam perdagangan sehingga bisa menjadi saudagar kaya. Juga kratif dan inovatif serta tekun dalam melakukan sesuatu yang dia ingkinkan.

    BalasHapus
  24. OK terima kasih. janagan lupa membaca ya ?

    BalasHapus
  25. Nama: Aisyah Sifa Dwi Hasanah.
    Kelas: X IPS
    No: 02
    Tokoh: Achmad Sohirin.
    Keistimewaan: Beliau memiliki sikap pekerja keras dan pantang menyerah serta selalu mengutamakan keluarganya.
    Keteladanan: Memiliki sikap pekerja keras dan pantang menyerah demi keluarganya.

    BalasHapus
  26. Nama : Suhufi mukaromah
    Kelas : xips 1
    No : 31
    Tokoh biografi: Bapak sudarto
    Keistimewaan: Beliau merupakan seorang yang pandai dalam membuat suatu wadah organisasi yang bisa membawa masa keemasan kepada masyarakatnya dimasa kepemimpinannya.
    Keteladanan tokoh: walaupun beliau pernah mengalami masa terpuruk pada masa kepemimpinanya beliau tetap pantang menyerah,beliau juga banyak mendirikan suatu wadah organisasi,dan masyarakatnya selalu dibanjiri prestasi ketika ada suatu event.

    BalasHapus
  27. Nama : Sefa Tri Marlina
    Kelas : X IPS 1
    No.Abs : 29
    Tokoh : Akhmad Musoleh
    Keistimewaan : Menjadi imam masjid,dan menjadi pengurus jenazah yang sangat di percayai warga di sekitarnya.
    Keteladanan : Beliau merupakan salah seorang yang bekerja keras dan pantang menyerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA: BERGAS EKO NUGROHO
      KELAS: X MIPA 1
      NO. ABSEN: 04
      TOKOH: MOHAMMAD ARIS RITIANTO
      KEISTIMEWAAN TOKOH: DAPAT MENGEJAR DAN MENCAPAI MIMPINYA DENGAN BEKERJA KERAS.
      KETELADAN TOKOH: BERANI,BEKERJA KERAS UNTUK MERAIH MIMPI.

      Hapus
  28. Nama:Nur wahyu astuti
    Kelas:X ips 3
    No:23
    Tokoh:karisem
    Keistimewaan:beliau merupakan salah satu seorang yang menjadi tangan kanan dari seorang bidan
    Keteladanan:beliau seseorang yang gigih,pekerja kerass beliau sangat telaten meskipun umur yang sudah tua itu tidak menjadi penghalang.beliau tetap membantu orang yang sedang membutuhkan,siang malam jika ada yang membutuhkan beliau tetap berangkat dan membantunya.beliau tidak takut rasa lelah.

    BalasHapus
  29. NAMA : RINAS TIAWATI
    KELAS : X MIPA 1
    NO. ABSEN : 26
    TOKOH : ELDA ANDREANI
    - KEISTIMEWAAN : MEMPUNYAI BAKAT MENGGAMBAR, PANDAI DALAM BIDANG OLAHRAGA SEPERTI PANAHAN, VOLY, DAN LAIN-LAIN, PANDAI MENGHAFAL KARENA MEMPUNYAI DAYA INGAT YANG CUKUP TINGGI.
    - KETELADANAN : MENJADI TEMAN YANG BAIK DAN SETIA, SUKA MENOLONG KETIKA ADA YANG SEDANG KESUSAHAN, TIDAK PERNAH SOMBONG KETIKA ADA SESEORANG MESKIPUN TIDAK KENAL TETAP DISAPA, NURUT SAMA ORANG TUA KETIKA DISURUH SAMA ORANG TUA SELALU MENURUTI PERINTAHNYA, SELALU MELAKSANAKAN SHOLAT TEPAT WAKTU.

    BalasHapus
  30. Nama : Cica Nofita
    Kelas : x mipa 1
    No : 06
    Tokoh Biografi : Tuswan
    Keteladanan Tokoh : Beliau selalu bekerja keras, tidak pantang menyerah dan selalu sabar dan tabah dalam menghadapi apapun.
    Keistimewaan Tokoh : Meskipun beliau bekerja sebagai pegawai negeri sipil beliau juga berjualan madu dan setelah bekerja beliau selalu berkeliling untuk berjualan madu, beliau juga sering menyempatkan mengaji di rumah, beliau adalah orang terhebat bagi keluarganya.

    BalasHapus
  31. Nama : Oktiani
    Kelas : X MIPA 1
    No.absen : 21
    Tokoh Biografi : Ibu Choirul Rahmawati
    Keteladanan Tokoh : Beliau memiliki semangat yang tinggi, pantang menyerah,selalu sabar dan berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai cita-citanya.
    Keistimewaan Tokoh : Beliau lulus kuliah biologi dengan nilai yang sangat baik dan menjadi seorang guru biologi. Beliau sangat kreatif dan cerdas hingga akhirnya beliau dilantik menjadi wakil kepala sekolah di tempat beliau mengajar.

    BalasHapus
  32. NAMA : WANDA YUANITA
    KELAS : X MIPA 1
    NO.ABSEN : 32
    TOKOH BIOGRAFI : HARTI
    KETELADANAN TOKOH: BELIAU ADALAH SOSOK YANG PANTANG MENYERAH DALAM MENGHADAPI SEGALA RINTANGAN YANG ADA DALAM KISAH PERJALANAN HIDUPNYA, BELIAU BISA MENGATASI SEMUA RINTANGAN DENGAN SENYUMAN NYA, DAN AKHIRNYA BELIAU BISA TERUS MENJALANI KEHIDUPAN NYA SAMPAI SEKARANG.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : BELIAU MENDAPATKAN NILAI UJIAN YANG CUKUP TINGGI KETIKA SEKOLAH SD, SEHINGGA BELIAU PERNAH MENDAPATKAN TAWARAN BEASISWA DARI GURU NYA UNTUK MELANJUTKAN SEKOLAH KE JENJANG YANG LEBIH TINGGI.

    BalasHapus
  33. NAMA : AYU DWI SEPTIANA
    KELAS : X MIPA 1
    NO : 02
    TOKOH BIOGRAFI : SUDIRMAN
    KETELADANAN TOKOH : Beliau adalah orang yang pemberani, penyayang, disiplin,pantang menyerah dan mampu mengatasi dan menyelesaikan masalah dengan sempurna.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : Beliau merupakan seorang petani yang handal dalam mengurus sawahnya sendiri. Beliau juga memiliki keahlian yaitu sebagai tukang urut.

    BalasHapus
  34. Nama : Carissa Arisanti Putri E
    Kelas : X MIPA 1
    No. Absen : 05
    Tokoh Biografi : Bapak Djoko
    Keteladanan Tokoh : Seorang guru mendedikasikan ilmunya untuk siswa dan siswi dan masyarakat
    Keistimewaan Tokoh :
    1. Seorang guru untuk para siswa siswinya
    2. Punya daya ingat yang kuat
    3. Dikagumi banyak orang

    BalasHapus
  35. Nama : Sariah
    Kelas : X Mipa 1
    No Absen : 27
    Tokoh Biografi : Andin Dwi Cahyani
    Keteladanan Tokoh : Dia sangat tekun dalam belajar agar kelak bisa menjadi orang sukses dan bisa membanggakan kedua orangtuanya.
    Keistimewaan Tokoh : Dia merupakan anak pintar yang mendapat peringkat 1 pararel Ujian Sekolah di SMP.

    BalasHapus
  36. NAMA : DWI AGUS MELANI
    KELAS :XMIPA1
    NO : 08
    TOKOH BIOGRAFI: EFI FAISOL
    KETELADANAN: MEMPUNYAI SEMANGAT YANG TINGGI DALAM BELAJAR DAN KEGIGIHANN DALAM MENCAPAI CITA CITA
    KEISTIMEWAAN : BELIAU MAHIR DALAM BERBAHSA INGGRIS DAN KARENA ITU BELIAU MENDAPATKAN PIAGAM BAHASA INGGRIS

    BalasHapus
  37. NAMA : Rafif Aji Pangestu
    KELAS : X MIPA 1
    NO : 22
    TOKOH BIOGRAFI : Tatang Saputra
    KETELADANAN TOKOH : Memiliki ambisi yang bagus. Beliau dapat melaksanakan kewajibannya sebagai kepala desa dengan sangat baik.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : Ia menang dalam pemilihan kepala desa.

    BalasHapus
  38. NAMA : NURDIANA DEFI ASRIANI
    KELAS : X MIPA 1
    NO. : 20
    TOKOH BIOGRAFI : DIDIK PRASETYO, S.Pd.
    KETELADANAN TOKOH : MEMILIKI SIFAT YANG HUMBLE DAN RAMAH, PANTANG MENYERAH SERTA TIDAK MUDAH PUAS DENGAN APA YANG TELAH DIA CAPAI.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : PERNAH MENGIKUTI PERTUKARAN PEMUDA INDONESIA-AUSTRALIA, DAN BEKERJA DI AUSTRALIA SEBAGAI STAF PERUSAHAAN GATE GOUR MET. SEKARANG BEKERJA MENJADI FOUNDER VECTORA STUDIO.

    BalasHapus
  39. Nama : Iska Nurul Kholifah
    Kelas : X IPS 1
    No Absen : 18
    Tokoh Biografi : Turiah
    Keteladanan Tokoh :
    Seorang ketua RT
    Mengatur warganya untuk lebih di siplin dalam bermasyarakat.
    Keistimewaan Tokoh :
    Mempunyai rasa tanggung jawab dalam warganya.

    BalasHapus
  40. Nama: Cika Rayi Kiwangi
    Kelas : X IPS 2
    Absen:03
    Tokoh biografi: Lingga Gayuh Kinara
    Keteladanan tokoh: Pekerja keras,tidak gampang menyerah,rajin belajar,terbuka dengan orang tua,rajin beribadah,nurut orang tua.
    Keistimewaan tokoh: Mampu masuk di Universitas Gadjah Mada dengan ribuan pesaing dan merupakan salah satu dari 34 yang terpilih.

    BalasHapus
  41. Nama : Difa Rahmasari
    Kelas : X MIPA 1
    No.Absen : 07
    Tokoh Biografi : Ibu Kuswanti
    Keteladanan Tokoh : Beliau selalu bersikap rendah hati, memiliki semangat juang yang tinggi, selalu hidup mandiri dan sederhana sejak usia kecil, selalu sabar menjalani hidup, pantang menyerah ,pekerja keras ,senantiasa mengajarkan kebaikan kepada anak-anaknya dan selalu berusaha membantu orang lain yang sedang kesusahan.
    Keistimewaan Tokoh : Beliau sangat mahir dalam memasak berbagai jenis makanan ,sehingga ketika menjelang Lebaran banyak yang memesan kue untuk Lebaran.
    Beliau adalah orang yang pandai, selalu mengajarkan dan membimbing anak-anaknya ketika sedang belajar.
    Beliau adalah orang yang kreatif dan berinisiatif tinggi.
    Beliau tidak pernah mengeluh dan selalu bekerja keras untuk anak-anaknya.

    BalasHapus
  42. Nama : Difa Rahmasari
    Kelas : X MIPA 1
    No.Absen : 07
    Tokoh Biografi : Ibu Kuswanti
    Keteladanan Tokoh : Beliau selalu bersikap rendah hati, memiliki semangat juang yang tinggi, selalu hidup mandiri dan sederhana sejak usia kecil, selalu sabar menjalani hidup, pantang menyerah ,pekerja keras ,senantiasa mengajarkan kebaikan kepada anak-anaknya dan selalu berusaha membantu orang lain yang sedang kesusahan.
    Keistimewaan Tokoh : Beliau sangat mahir dalam memasak berbagai jenis makanan ,sehingga ketika menjelang Lebaran banyak yang memesan kue untuk Lebaran.
    Beliau adalah orang yang pandai, selalu mengajarkan dan membimbing anak-anaknya ketika sedang belajar.
    Beliau adalah orang yang kreatif dan berinisiatif tinggi.
    Beliau tidak pernah mengeluh dan selalu bekerja keras untuk anak-anaknya.

    BalasHapus
  43. Nama : Difa Rahmasari
    Kelas : X MIPA 1
    No.Absen : 07
    Tokoh Biografi : Ibu Kuswanti
    Keteladanan Tokoh : Beliau selalu bersikap rendah hati, memiliki semangat juang yang tinggi, selalu hidup mandiri dan sederhana sejak usia kecil, selalu sabar menjalani hidup, pantang menyerah ,pekerja keras ,senantiasa mengajarkan kebaikan kepada anak-anaknya dan selalu berusaha membantu orang lain yang sedang kesusahan.
    Keistimewaan Tokoh : Beliau sangat mahir dalam memasak berbagai jenis makanan ,sehingga ketika menjelang Lebaran banyak yang memesan kue untuk Lebaran.
    Beliau adalah orang yang pandai, selalu mengajarkan dan membimbing anak-anaknya ketika sedang belajar.
    Beliau adalah orang yang kreatif dan berinisiatif tinggi.
    Beliau tidak pernah mengeluh dan selalu bekerja keras untuk anak-anaknya.

    BalasHapus
  44. NAMA : REYZA PUTRI WIBOWO
    KELAS : X IPS 2
    NO : 27
    TOKOH BIOGRAFI : IBU SUHERNI
    KETELADANAN TOKOH : MEMPUNYAI SIKAP YANG PANTANG MENYERAH DAN DISIPLIN YANG TINGGI
    KEISTIMEWAAN TOKOH : MAMPU MENDIDIK ANAKNYA DENGAN BAIK, SELALU MENDUKUNG ANAKNYA SELAGI ANAKNYA MELAKUKAN HAL YANG BAIK

    BalasHapus
  45. NAMA: Uni Febriani
    KELAS: X MIPA 1
    NO ABSEN: 31
    TOKOH BIOGRAFI: TUTI
    KETELADANAN TOKOH: Memiliki sifat yang penyabar, bertanggung jawab, penyayang, dan juga pantang menyerah, selalu menghadapi masalahnya dengan baik, serta mendidik anak anaknya dengan sangat sabar.
    KEISTIMEWAAN TOKOH: mempunyai otak yang cerdas sehingga mendapat rangking di sekolahnya, mengikuti lomba puisi di desa mendapat juara 2.

    BalasHapus
  46. NAMA: IKHTIAR ADI LAKSONO RIAN WIDIANTO
    KELAS: XIPS3
    NO:16
    NAMA TOKOH:SUKOCO
    KETELADANAN TOKO: BAIK, ULET, PINTAR,RAJIN IBADAH,PANTANG MENYERAH.
    KEISTIMEWAAN TOKOH: SEBAGAI GURU ,PERNAH MENJADI KEPALA SEKOLAH,BELIAU SEBAGAI PENDIRI PAUD MUTIARA UNTUK AWAL ANAK-ANAK BELAJAR, MENDIRIKAN RUMAH BACA,MENDIRIKAN TPQ AL-BAYYINAH,MENDIRIKAN MADIN AL-BAYYINAH DAN BELIAU JUGA MEMBANTU ISTRINYA MENGURUS PAUD MUTIARA, BELIAU JUGA MENGAJAR NGAJI .

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA : SESILIA PUSPITASARI
      KELAS : X MIPA 1
      NO. : 28
      NAMA TOKOH : BAPAK SUDARMO
      KETELADANAN TOKOH:TAK BANYAK HASIL YANG DIHASILKAN DARI PROFESINYA SEBAGAI GURU NGAJI SELAIN DARI KEPUASAN BATIN KARENA HIDUP DAN ILMUNYA BERMANFAAT BAGI ORANG BANYAK.DI USIANYA YANG SEMAKIN SEPUH BELIAU JUGA MASIH RAJIN MEMELIHARA TERNAK UNTUK MENCUKUPI KEBUTUHANNYA.SEMANGATNYA UNTUK MEMAJUKAN AGAMA DI DESA LIMBANGAN SUNGGUH LUAR BIASA.
      KEISTIMEWAAN TOKOH:RAJIN,TEKUN,ULET,PANTANG MENYERAH,DAN BERDEDIKASI TINGGI UNTUK MEMAJUKAN AGAMA DI DESA LIMBANGAN.BELIAU MENDEDIKASIKAN SISA HIDUPNYA SEBAGAI ULAMA DAN GURU NGAJI GUNA MEMAJUKAN AGAMA DI DESA LIMBANGAN.

      Hapus
  47. NAMA: Dwi Fely Aniati
    KELAS: X MIPA 1
    NO ABSEN: 09
    NAMA TOKOH: Eka Fikiran
    KETELADANAN TOKOH: mempunyai sifat penasehat, dia suka memberi nasehat, suka memotivasi untuk tetap semangat melakukan apapun. Dia juga memiliki sifat pantang menyerah, bertanggung jawab, dan penyabar.
    KEISTIMEWAAN TOKOH: mempunyai kreativitas yang tinggi, dan selalu dikembangkan di sekolahnya, sehingga dia sering mendapat penghargaan.

    BalasHapus
  48. NAMA : LABIBAH KUSUMANINGTYAS
    KELAS : X MIPA 1
    NO ABSEN : 15
    TOKOH BIOGRAFI : SAMIATI
    KETELADANAN TOKOH : MEMPUNYAI SIFAT RENDAH HATI, PANTANG MENYERAH, DAN MEMILIKI RASA SYUKUR YANG TINGGI
    KEISTIMEWAAN TOKOH : BERHASIL MENDAPAT 3 BUAH MOBIL DALAM SETAHUN, DAPAT MEMBUKA CABANG KONTER.

    BalasHapus
  49. NAMA : DIAN PRAJANINGRUM
    KELAS : X IPS 3
    NO ABSEN : 11
    TOKOH BIOGRAFI : AYAH
    KETELADANAN TOKOH : DAPAT BERTANGGUNG JAWAB ATAS APA YANG DIPERINTAHKAN, BERSIKAP ADIL DALAM BERBAGAI HAL MANAPUN, BEKERJA KERAS UNTUK MENDAPATKAN APA YANG AYAH SAYA INGINKAN DAN TIDAK MUDAH PUTUS ASA DALAM MELAKUKAN KEGIATAN.
    KEISTIMEWAAN TOKOH :
    1. MESKIPUN AYAH SAYA TIDAK BERKULIAH DI JURUSAN HUKUM AYAH SAYA MAMPU MENGHAFAL UNDANG - UNDANG DENGAN TEPAT DAN BENAR.
    2. PADA SAAT BEKERJA DI PANWAS ( BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM ) DISINGKAT BAWASLU AYAH SAYA MENDAPATKAN JULUKAN UNDANG - UNDANG BERJALAN.

    BalasHapus
  50. Nama : Muhammad Eko Nur Awaludin
    Kelas : X IPS 2
    NO ABSEN : 18
    TOKOH BIOGRAFI : Bapak Sumarno
    Keteladanan tokoh : Disiplin bertanggung jawab dan pantang menyerah.
    Keistimewaan tokoh : Berkat kerja kerasnya berdagang beliau kini udah membuat toko sendiri dan bisa membeli 2 buah mobil dan 2 sepeda motor.

    BalasHapus
  51. NAMA : krisna bayu tri pamungkas
    KELAS : X MIPA 1
    NO ABSEN : 14
    TOKOH Biografi:sigit pramono
    KETELADANAN TOKOH : Ia seseorang yang memiliki semangat dalam berusaha dan belajar.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : oa seorang yang terpil dalam berbagia bidang.

    BalasHapus
  52. NAMA: Aisyah Sifa Dwi Hasanah
    KELAS: X IPS 1
    NO.ABSEN:02
    TOKOH: Achmad Sohirin
    KEISTIMEWAAN: Beliau memiliki sikap pekerja keras, pantang menyerah dan bertanggung jawab. Hal ini dibuktikan ketika beliau masih bekerja sebagai seorang petani.
    KETELADANAN: Keteladanan yang bisa diperoleh ya sikap bekerja keras pantang menyerah serta bertanggung jawab sebagai seorang pelajar kita harus menerapkan itu saat sedang melaksanakan tugas yang di berikan oleh bapak dan Ibu guru.

    BalasHapus
  53. Nama : Alfita Sendyana Salsabila
    Kelas: X IPS 1
    No :03
    Tokoh biografi : Turyanto
    Keteladanan tokoh: Seorang ketua RT
    Selalu mengayomi warganya untuk lebih rukun dan disiplin dalam bergotong royong dan bekerja sama,pekerja keras,
    Keistimewaan Tokoh :
    Mempunyai rasa tanggung jawab dalam warganya.

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. NAMA : Nur baeti
    KELAS : X IPS 1
    NO ABSEN : 26
    TOKOH BIOGRAFI : Bapak 'Abdul Muftirin
    KETELADANAN TOKOH : Beliau sangat sopan,ramah,rendah hati,dan lemah lembut.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : Beliau pernah menjadi guru sampai pensiun,Beliau pernah masuk keanggotaan BPD ( Badan Permusyawaratan Desa )

    BalasHapus
  56. Nama: Fedora Syabela E.R
    Kelas: X Mipa 1
    No Absen: 12
    Tokoh Biografi: Tri Lastuti
    Keteladanan Tokoh:Beliau selalu bersikap rendah hati, memiliki semangat juang yang tinggi. Beliau seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI).
    Beliau sangat bekerja keras dalam mengajar,dan bertanggung jawab kepada siapapun.
    Keistimewaan Tokoh: Beliau adalah seorang yang bertanggung jawab dalam segala hal, dan bekerja keras.

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Nama : Purindah Septia Rini
    Kelas : X IPS 1
    No. Absen : 27
    Tokoh Biografi : Bapak Miarso
    Keteladanan Tokoh : Ketua RT yang selalu mengayomi warganya, ramah, bertanggung jawab, rendah hati dan seorang pekerja keras.
    Keistimewaan Tokoh : Menjadi Ketua RT semata-mata hanya untuk ibadah, selain menjadi Ketua RT beliau juga bekerja di sawah miliknya.

    BalasHapus
  59. NAMA :Jamal udin
    KELAS:X MIPA 1
    NO. ABSEN:13
    TOKOH BIOGRAFI:Haris suroto
    Keteladanan tokoh :Dia adalah mahasiswa yang tekun dan baik meskipun dia dari keluarga yang tidak terlalu kaya tetapi ia selalu berjuang dan ia mempunyai impian yang sangat baik.Dan dia anak yang kerja keras,dari hasil kerja kerasnya ia banyak mendapat medali dan suka bertoleransi dan bertanggung jawab.
    KEISTIMEWAAN TOKOH:
    Daya juang yang tinggi dan suka berolahraga tanpa henti meskipun dia masih sakit dan

    BalasHapus
  60. NAMA : ANI PURWATI
    KELAS : X IPS 1
    NO : 04
    TOKOH BIOGRAFI : PAK GIRIN
    KETELADANAN TOKOH :
    MEMILIKI SEMANGAT YANG MEMBARA DAN TIDAK PUTUS ASA DALAM MENJALANKAN TUGASNYA.
    KEISTIMEWAAN TOKOH :
    MAMPU MEMBUAT MASYARAKAT MENJALANKAN HIDUP BERSIH DAN KETENTRAMAN ANTAR WARGA.

    BalasHapus
  61. NAMA: AMELIA MANDA ARDIANTI.
    KELAS: X IPS 3.
    NO ABSEN: 5.
    TOKOH BIOGRAFI: LIIS KURNIAWATI.
    KETELADAN TOKOH: PEKERJA KERAS,DISIPLIN WAKTU,PENYABAR,RAMAH, DAN MEMILIKI RASA TANGGUNG JAWAB YANG TINGGI.
    KEISTIMEWAAN TOKOH: WALAUPUN SEMPAT MENGURUNGKAN NIATNYA UNTUK BERKULIAH KARENA KETERBATASAN EKONOMI,BELIAU TIDAK PERNAH MENYERAH.BELIAU MEMILIKI INISIATIF UNTUK BEKERJA SAMBIL MENABUNG AGAR BISA MELANJUTKAN KULIAH. PADA TAHUN BERIKUTNYA BELIAU MENDAFTAR KULIAH DI JURUSAN KEBIDANAN. TIDAK HANYA ITU SETIAP PULANG KULIAH BELIAU BEKERJA DI TEMPAT SAUDARANYA YANG TELAH MENJADI BIDAN. KEBIASAAN TERSEBUT BERLANGSUNG SELAMA 3 TAHUN. BERKAT KESABARAN DAN KEGIGIHANYA SEKARANG CITA CITA BELIAU MENJADI BIDAN BISA TERCAPAI.

    BalasHapus
  62. NAMA: WINDA RAHAYU
    KELAS: X IPS 1
    NO. ABSEN: 34
    TOKOH BIOGRAFI: SUYOTO
    KETELADANAN TOKOH: BEKERJA KERAS DAN MEMILIKI RASA BERTANGGUNG JAWAB.
    KEISTIMEWAAN TOKOH: MAMPU MEMBANTU DALAM PRMBERDAYAAN PROGRAM PEMERINTAH DESA.

    BalasHapus
  63. NAMA : ANISA BELA
    KELAS : X MIPA 1
    NO.ABSEN : 01
    TOKOH BIOGRAFI : IBU SAYA TERCINTA
    KETELADANAN TOKOH : PEKERJA KERAS,TANGGUH,RAMAH,PENYABAR,SANGAT MENYAYANGI ANAK ANAKNYA,TIDAK PERNAH MENGELUH WALAUPUN BELIAU LELAH.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : SELALU MENDAPAT PERINGKAT SELAMA MASA SEKOLAHNYA WALAUPUN BUKAN PERINGKAT 1,SELALU DIPILIH UNTUK MENGIKUTI LOMBA CERDAS CERMAT UNTUK PERWAKILAN,MAMPU MEMBIAYAI ANAK_ANAKNYA UNTUK BERSEKOLAH LEBIH TINGGI DARINYA ATAU SETINGGI_TINGGINYA.

    BalasHapus
  64. Nama:SARIAH
    Kelas:X ips 1
    No.absen:28
    Tokoh:pak Tukijan
    Keistimewahan:Pintar,menjadi kepala sekolah,ketua RT,menjadi guru,rajin.
    Keteladanan:Beliau bisa mengayomi warganya,ramah,sabar dalam menghadapi sesuatu masalah,juga beliau seorang yang bekerja keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: PANDU TRISONGKO
      Kelas: X IPS 2
      No.absen: 23

      NAMA TOKOH : CITRO SAWIBIN ( BAPAK)

      KETELADANAN TOKOH: Pekerja Keras, pantang menyerah, selalu berusaha, ramah, tegas, baik pada keluarga,tidak mengenal kata lelah.

      KEISTIMEWAAN TOKOH:
      Mampu meningkatakan perekonomian keluaraga , mampu membiayai anak anak nya ke jenjang pendidikan yang setinggi tingginya, dan yang terpenting bertanggung jawab terhadap keluarga agar selalu hidup bahagia dan sejahtera.

      Hapus

  65. Nama : Mei Amaliah
    Kelas : 10 ips 1
    No absen : 21

    Tokoh: Bapak Amin
    Keteladanan: Pak amin bisa mengajak warga untuk menjaga keamanan dg cara siskampling

    Keistimewaan: pak amin bisa membagi waktu antara menjadi tukang jahit dan ketua Rt

    BalasHapus
  66. Nama : Najwa Salsabila Putri
    Kelas : 10 MIPA 2
    No absen : 23

    TOKOH BIOGRAFI : Yudhi Fiansyah.

    KETELADANAN TOKOH : Beliau pekerja keras, pantang menyerah, disipilin, ramah, pintar, sabar, dan baik hati.

    KEISTIMEWAAN TOKOH : Beliau sangat pintar untuk membagi waktu untuk bekerja dan untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Beliau semasa masih bersekolah selalu mendapatkan nilai yang baik dan sering mengukuti olimpiade-olimpiade, dengan cara belajar dengan tekun dan pantang menyerah. Beliau juga merupakan pekerja keras dan sangat berjasa untuk murid-murid nya.

    BalasHapus
  67. NAMA: ARIF SETIAWAN
    KELAS: X IPS 1
    NO. ABSEN:06
    TOKOH BIOGRAFI: PAK KAMSUDIN
    KETELADANAN TOKOH: MEMILIKI SEMANGAT DAN PANTANG MENYERAH DALAM MENYIKAPI WARGANYA
    KEISTIMEWAAN TOKOH: MAMPU MEYAKINKAN MASYARAKAT AGAR TIDAK KELUAR RUMAH DALAM MENGATASI BENCANA COVID-19.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA : MIHYANI
      KELAS: 10 IPS 3
      NO ABSEN: 20
      TOKOH BIOGRAFI: ACHMAD SAFRUDIN FIKRI
      KETELADANAN TOKOH : BELIAU MEMILIKI SIFAT DAN SIKAP YANG PENGERTIAN,SABAR,BAIK DAN SUKA MENASEHATI SESEORANG DENGAN LEMBUT.KEISTIMEWAAN TOKO H:BELIAU PERNAH MENJADI USTADZ PADA MASA MUDANYA,PERNAH MENGIKUTI LEMBAGA DIDESA AGAR LEBIH BAIK , SEKALIGUS MEMBANTU MEMBANGUN DESA AGAR LEBIH BAIK DND MAJU.

      Hapus
    2. NAMA : MIHYANI
      KELAS: 10 IPS 3
      NO : 20
      TOKOH BIOGRAFI: ACHMAD SAFRUDIN FIKRI
      KETELADANAN TOKOH:BELIAU MEMILIKI SIFAT DAN SIKAP SABAR,TIDAK MEMBANDING -BANDINGKAN ANTARA YANG KAYA DAN YANG MISKIN,MEMILIKI SIFAT PANTANG MENYERAH.KEISTIMEWAAN TOKOH: BELIAU PERNAH MENJADI USTADZ PADA MASA MUDANYA,PERNAH MENGIKUTI LEMBAGA (LKMD) DIDESA AGAR LEBIH BAIK DAN MAJU.

      Hapus

  68. NAMA:FIFI MAGHFIROH FITRONFINA.
    KELAS: 10 IPS 2.
    NO: 06.
    TOKOH BIOGRAFI : MARSANDA MAHARANI.
    KETELADANAN TOKOH: DIA TIDAK DENDAM KEPADA TEMANNYA YANG MELUPAKANNYA DAN MERASA BODO AMAT KEPADA ORANG LAIN YANG MENILAINYA
    KEISTIMEWAAN TOKOH: SABAR DALAM MENGHADAPI EJEKAN ORANG LAIN DAN DIA BISA MEMBAGI BAGAIMANA CARANYA MEMBAGI WAKTU ANTARA BELAJAR DAN STREAMING.

    BalasHapus
  69. Nama : Apriani
    Kelas : X IPS 2
    No.absen :01

    Nama tokoh:SUPINI
    KETELADANAN
    Keteladanan yang perlu dicontoh adalah beliau selalu berusaha dan terus berusaha sebelum usahanya berhasil,beliau adalah orang yang kuat dalam menghadapi masalahnya,walaupun beliau mempunyai masalah tetapi beliau selalu menampakan wajah bahagianya dan beliau adalah bukan tipe orang pembalas dendam.
    KEISTIMEWAAN
    Menurut saya,beliau adalah orang yang sangat istimewa.Beliau mempunyai bakat bernyanyi sejak kecil.Bakatnya beliau gunakan untuk membantu kedua orang tuanya dan sampai sekarang bakat itu masih digunakan.

    BalasHapus
  70. NAMA : TANIA DWI YUNIAR
    KELAS : X IPS 3
    NO : 31
    TOKOH BIOGRAFI : Bapak Sutrio
    KETELADANAN TOKOH : Beliau adalah seorang yang memiliki sifat ambisi yang bagus. Beliau juga dapat melaksanakan kewajiban di desanya sebagai ketua Forum Pemuda di Desanya dengan sangat baik. Dan juga beliau bisa mengatur para pemuda - pemudanya untuk lebih rukun dan saling bekerja sama.
    KEISTIMEWAAN TOKOH : Mempunyai rasa tanggung jawab yang besar kepada para pemudanya.

    BalasHapus
  71. Nama. :NURUL HIDAYAH
    Kelas :X IPS 2
    No :22

    *TOKOH BIOGRAFI : SRI WURYANINGSIH
    *KETELADANAN :
    Tokoh tersebut merupakan seseorang yang bekerja keras dan pantang menyerah.
    Contohnya : tokoh tersebut berusaha membimbing siswa yang belum bisa memegang pensil, membaca, menulis, dan bernyanyi.karena dengan semangatnya untuk mengajari siswa.beliau berusaha supaya siswa bisa menjadi pintar, aktif,dan mandiri.walaupun ada siswa yang sulit dikasih tau dalam pembelajaran. Beliau tetap berusaha untuk terus mendidik tanpa lelah.
    Tokoh tersebut merupakan seorang tokoh yang dulunya ingin bercita-cita menjadi psikologi dan aktifis sosial. Tetapi dengan bekerja keras, semangat dan berusaha akhirnya tokoh tersebut menjadi guru Tk.
    *KEISTIMEWAAN :
    Tokoh tersebut telah berpendidikan dari (BI, PAUD, SD,SMP, SMU).Beliau memiliki bakat memasak, bernyanyi. Dan bisa membantu kedua orang tuanya dan sampai sekarang.

    BalasHapus
  72. Nama : Tarso
    Kelas : X IPS 2
    No. Absen : 30

    Nama tokoh : Malikhatun Khasanah

    Keteladanan: Beliau selalu bersungguh - sungguh dalam mengerjakan apapun dan menjaga amanah orang lain dengan baik.
    Keistimewaan: Beliau mendapat penghargaan batik terbaik dan mendapatkan beasiswa kuliah.

    BalasHapus
  73. Nama: Fani Agustina
    Kelas: X IPS 1
    No.Absen:13

    Tokoh Biografi:Pak Yaswiarjo(ketua RW)
    Keteladanan tokoh: Beliau adalah orang yang sabar,pantang menyerah,rajin,menjalakan tugasnya sebagai ketua RW dengan baik,dan tekun dalam berbagai bidang.
    Keistimewaan Tokoh: Selain menjadi ketua RW,beliau juga seorang petani,tukang pijat dan juga Ustadz.

    BalasHapus
  74. Nama:Herlina Ramadani
    Kelas:X IPS 1
    No:16
    Tokoh biografi:Bapak suprianto
    Keteladanan tokoh:
    selalu berusaha menghibur Seseorang agar tidak bersedih, mempunyai semangat yang tinggi untuk membangunkan desa bandingan agar tetap jaya, tentram, dan bahagia selalu.
    Keistimewaan tokoh:
    Menjadi rw selama bertahun² dan selalu dipilih menjadi dewan kehormatan di desanya apabila ada sebuah acara.

    BalasHapus
  75. Nama :Murniati
    Kelas :X IPS 2
    No. :17
    Tokoh:Suwari
    Keteladanan Tokoh
    Beliau memailiki semangat juang yang sangat tinggi,selalu berteguh dan berpegang prinsip pada pendirian.Disiplin akan waktu,Pantang menyerah.Giat dan tekun akan sesuatu yang ia inginkan.Beliau sabar dan juga pantang menyerah
    Keistimewaan Tokoh
    Beliau menjadi pengajar pada majelis Desa.

    BalasHapus
  76. Nama:Resti Purwanti
    Kelas:X IPS 2
    No. Absen:25

    Tokoh biografi:Pak Kartun dan Ibu Kusyati
    Keteladanan tokoh:Beliau adalah merupakan orang tua yang bekerja keras tanpa mengeluh dan mereka pun pandai menghibur orang yang sedang sedih.
    Keistimewaan tokoh:Mereka merupakan orang tua yang sayang pada anak anaknya.

    BalasHapus
  77. Nama: Kiki Putri Alfitriani
    Kelas : XIPS1
    No.Absen : 20
    Tokoh Biografi : Sugino
    Keistimewaan Tokoh: Beliau dipercaya menjadi juru bicara ( jubir ) dalam sambutan di acara - acara misalnya khitan,pernikahan, ulangan tahun, dll.memberikan pengaruh baik kepada masyarakat dengan mengadakan kefkegia kerja bakti dan Tahlilan rutin serta Beliau sukarela mengorbankan kepentingan masyarakat daripada pekerjaan sebagai Penderes nira untuk mencukupi kebutuhan keluarganya
    Keteladanan Tokoh: Beliau merupakan sosok pekerja keras,Amanah,Bertangg jawab,Rendah hati,Tanpapamrih ,Adil

    BalasHapus
  78. Nama : Maretha Ayu Fadila
    Kelas : X IPS 2
    No. : 14
    Tokoh biografi : Kusnanto
    Keteladanan tokoh : Mempunyai semangat yang luar biasa dalam membantu orang tuanya dan pekerja keras serta selalu berusaha dengan gigih.
    Keistimewaan tokoh : bisa mempunyai usaha kecilan sendiri dengan jeri payahnya.

    BalasHapus
  79. Nama: Yoga Alim Prastyo
    Kelas: X IPS 3
    No: 33
    Keteladanan tokoh: Selalu berusaha menjadi seseorang yang mempunyai semangat yang tinggi dalam memimpin desa karang banjar agar masyarakatnya tentram dan bahagia.
    Keistimewaan tokoh: Menjadi kepala desa selama 3 tahun ini dan selalu ingin menjadi kepala desa yang menginkan masyarakatnya yang di pimpin beliau selalu tentram.

    BalasHapus
  80. Nama:Sesaria Rahmadani
    Kelas:X IPS 2
    No absen:30
    Tokoh biografi:Juniawati Indah sari
    Keteladanan tokoh:1.Pekeja keras,contohnya:setelah lulus dari MAN dia bekerja untuk membiayai kuliahnya.
    2.Seorang yang tidak mau merepoti orang tuanya,contohnya:masuk universitas terbuka dengan bekerja sendiri.
    Keistimewaan tokoh:1.Menjuarai lomba bola volly sampai tingkat kabupaten
    2.Menjadi sarjana fakultas ekonomi dengan usahanya sendiri.

    BalasHapus
  81. Nama:Umi Atikoh
    Kelas:X IPS 2
    No.absen:32
    Tokoh biografi:Imam Suyatno(ketua RT)
    Keteladanan tokoh:Beliau adalah seorang yang tegas,bertanggung jawab dan adil kepada warganya.
    Keistimewaan tokoh:Selain menjadi ketua Rt,beliau juga sebagai petani penghasil nira.

    BalasHapus
  82. Nama tokoh:marwo suwito
    Keteladanan tokoh:beliau seorang yang bertanggung jawab dan adil kepada masyarakat Rt06
    Keistimewaan tokoh:beliau selalu mementingkan sifat kekeluargaan

    BalasHapus
  83. Nama: Hani Tri Mulyani
    Kelas: X IPS 2
    No absen: 7
    Tokoh biografi: ibu haroh
    Keteladanan tokoh:mampu bekerja keras meski baru lulus sekolah dasar Dan dengan umur yang masih sangat muda.
    Keistimewaan tokoh: memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja .

    BalasHapus
  84. NAMA: MEGY SUSIANAWATI
    KELAS:X MIPA 1
    NO: 19
    TOKO BIOGRAFI: SUWARTO
    KETELADANAN TOKOH: TIDAK MUDAH BERPUTUS ASA DAN SELALU MEMEGANG TEGUH PENDIRIAN
    KEISTIMEWAAN TOKOH: TERPILIH MENJADI PERANGKAT DESA YANG MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI

    BalasHapus
  85. Nama: Felicia Zahran Assyfa
    Kelas: 10 IPS 3
    No:12
    Tokoh biografi:Bapak Saroyo
    Keteladanan Tokoh: pantang menyerah selalu bekerja keras mandiri dan selalu bertanggung jawab amanah.
    Keistimewaan Tokoh: Beliau selalu membersihkan masjid setiap hari Jumat dan itu wajib dilakukan dg ikhlas.

    BalasHapus
  86. Nama: Yosi Agustin
    Kelas:1 0ips2
    No: 33
    Tokoh biografi: Neliati
    Keteladanan: Bekerja keras walaupun pendidikan rendah dia tidak ingin menjadi buruh lebih baik usaha sendiri.
    Keistimewaan: Pantang menyerah walaupun hidup seadanya dan pendidikan rendah.

    BalasHapus
  87. Nama : Hendri setiawan
    Kelas : X IPS 2
    No.absen : 08

    Nama tokoh:Ghianto
    Keteladanan:Mempunyai satu prinsip yaitu jika salah harus mengakui salah dan jika benar jangan mau dianggap salah.
    Keistimewaan:Bekerja keras tanpa mengenal waktu dan peduli dengan keluarga serta keras di luar lembut di dalam.

    BalasHapus
  88. Nama : Azalia Nafsakhul Khusna
    Kelas : X Ips 2
    No.absen : 02

    Nama tokoh : Ismi Raatun
    Keteladanan : Ibuku adalah orang yang tangguh,rela berkorban,sederhana,pekerja keras.
    Keistimewaan : menjadi guru TK,sabar dalam mengurus keluarga.

    BalasHapus
  89. NAMA: ISNABILA
    KELAS: X IPS 4
    ABSEN: 14

    TOKOH BIOGRAFI: Ibu yuli.
    KETELADANAN TOKOH:
    Seorang ibu yang selalu semangat dan pantang menyerah untuk memperjuangkan hidupnya walau dengan tingkat pendidikan rendah, memprioritaskan pendidikan untuk anaknya agar bisa sukses kelak, selalu menasehati anaknya agar tidak lupa untuk belajar, mengajari anaknya dengan hal hal positif sebagai contoh memberi apa yang kita punya sebagian untuk orang lain yang membutuhkan.
    KEISTIMEWAAN TOKOH:
    - Bekerja keras dan semangat untuk mengurus keluarga dengan ikhlas
    - Melakukan hal hal positif yang dapat berguna untuk orang lain dan sekitar
    - Ikut berorganisasi dikalangan masyarakat setempat.

    BalasHapus
  90. Nama ; Eli Kurniasih
    Kelas ; x ips 4
    No absen ; 09

    Tokoh biografi; bpk dayat subegja
    Keteladanan tokoh; baik hati,ramah,sabar, pantang menyerah,kerja keras.
    Keistimewaan tokoh; Terpilih menjadi perangkat desa yang melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

    BalasHapus
  91. Nama : Failatul Mafuroh
    Absen : 11
    Kelas : 10 IPS 4

    Tokoh biografi : Ibu Amini
    Keteladanan tokoh : Memiliki sikap pantang menyerah dan semangat dalam hidupnya walau dengan pendidikan yang rendah dan pekerja keras.
    Keistimewaan tokoh : Selalu berusaha membuat anak-anaknya tersenyum, tidak pernah mengeluh sekalipun telah bekerja keras untuk mengurus keluarga.

    BalasHapus
  92. Nama : Refalina Karisma Putri
    Kelas : 10 IPS 4
    No. Absen :30

    Tokoh Biografi : Priwanto
    Keteladan tokoh: pantang menyerah dalam mencari uang untuk melanjutkan pendidikanya yang tertunda selama 2 tahun, pekerja keras dalam bekerja sehingga ia di naik jabatan menjadi Manager Marketing di Perusahaan Percetakan Alphapet di Purwokerto, dan beliau sekarang sedang menempuh pendidikan di Universita Terbuka Puwoketo. Selain itu beliau juga mendirikan usaha supermarket kecil yang hampir berumur 2 tahun.
    Keistimewaan: Terus berusaha, bekerja keras, pantang menyerah dan beliau memiliki prinsip seperto ini 'Belajar tiada kata putus, Bekerja tiada kata malas, dan berdoa tiada kata henti'.

    BalasHapus
  93. Nama: Eka marti n
    Kelas: 10 ips 4
    No absen :8

    Tokoh biografi: ibu rosini
    Teladan tokoh: memiliki sifaf yang pantang menyerah dan semangat dalam menghadapi segala rintangan yang ada dalam kehidupannya dan bekerja keras.
    Keistimewaan tokoh: orang nya baik selalu,membuat anak anknya senang, meskipun banyak masalah ia tidak pernah mengeluh.

    BalasHapus
  94. Nama:Danu Riansah
    Kelas:X IPS 4
    No.absen:04

    Tokoh Biografi : Bapak Tri Sutjahjo Ap,s.pd
    Keteladanan Tokoh : Seorang guru mendedikasikan ilmunya untuk siswa dan siswi dan masyarakat
    Keistimewaan Tokoh :
    1. Seorang guru yang disukai oleh para siswa dan siswinya
    2. Punya daya ingat yang kuat dan mudah untuk di pahami
    3. Dikagumi dan di sukai banyak orang

    BalasHapus
  95. Nama : Yudi Subarkah
    Kelas : 10 IPS 4
    Absen : 34

    Tokoh biografi: Bapak Rohmat
    Keteladanan: baik hati, rendah diri , dermawan , tidak sombong, Jujur.
    Keistimewaan tokoh: Terpilih menjadi bendahara masjid Al Hidayah yang jujur dan dipercaya masyarakat.

    BalasHapus
  96. Nama : Yudistira Kusuma P
    Kelas : 10 IPS 4
    Absen : 36

    Tokoh biografi: Bapak Ruham
    Keteladanan: baik hati, rendah diri tidak sombong, Jujur.
    Keistimewaan tokoh: Terpilih menjadi ketua RT 13, dan sikapnya yang jujur dan dapat dipercaya

    BalasHapus

Posting Komentar